XCN Kurn Putuskan untuk Rehat dari Esports Valorant, Apa Alasannya?

XCN Yudi Putuskan untuk Rehat dari Esports Valorant

Berkarier selama 10 tahun di esports, akhirnya Yudi Kurniawan a.k.a. XCN Kurn memutuskan untuk rehat dari dunia kompetitif. Bukan keputusan mendadak kok, Sobat Gamers. Bukan karena ada masalah di tim, hal ini memang sudah matang dipikirkan oleh Yudi.

Menjejaki kiprah sebagai pro player mulai dari game Counter-Strike 1.6, CrossFire, hingga Valorant, tentu XCN Kurn punya alasan mendalam mengapa akhirnya dia memilih hengkang. Apakah sebabnya? 

Pada satu sesi ngobrol singkat bareng INDOESPORTS, XCN Kurn mengonfirmasi banyak hal terkait keputusannya untuk rehat dari dunia kompetitif. Simak, ya!

Udah Tua, Punya Target Baru?

XCN Yudi kurn
Yudi Kurniawan a.k.a. Kurn

Sudah banyak pro player senior Indonesia yang akhirnya memutuskan untuk pensiun dan fokus untuk menjalankan usaha. XCN Kurn adalah salah satunya. Pemain yang akrab disapa Yudi ini merasa memang sudah waktunya dirinya untuk fokus ke dunia nyata.

Selain berprofesi sebagai pro player, selama ini Yudi sudah menjalankan usaha di bidang akuntansi dan keuangan. Former player Valorant ini menyampaikan bahwa dirinya akan fokus ke kantor yang sudah dikelolanya ini.

“Nantinya bakal lebih fokus ke luar. Ada kantor yang emang saya mau urus. ‘Kan udah waktunya juga kita regenerasi pemain baru. Saya ‘mah udah tua, ha-ha-ha!” Yudi menyampaikan alasan pensiunnya.

Memutuskan rehat sebagai pro player, tentunya enggak membuat Yudi keluar dari esports. Apalagi, dia merasa hidupnya memang sudah terpaut dengan industri ini. Apalagi, Yudi bersama tim XCN sudah beberapa kali maju ke kompetisi internasional membawa nama Indonesia di esports CrossFire.

xcn tim esports
Kurn Bersama Tim Esports XCN

“Di CrossFire, saya bisa memberikan sesuatu ke Indonesia. Udah pernah wakilin Indonesia ke ajang level internasional dan enggak cuma sekali, beberapa kali. Itu suatu kebanggaan.”

Riwayat esports CrossFire emang enggak lama di Indonesia. Meskipun enggak lama, XCN sempat menorehkan nama Indonesia di kompetisi tingkat dunia. Sebelum memutuskan untuk pensiun, Yudi memang sudah pindah haluan ke divisi Valorant.

“Posisinya, Valorant ini juga muncul di saat saya udah banyak kerjaan sih. Udah bukan masa mudanya saya. Kalau Valorant muncul duluan, beda cerita kayaknya, ha-ha-ha!”

Tetap di Esports, tapi Banting Setir

XCN Yudi
XCN Kurn Enggak Bisa Lepas dari Esports

Usia karier Yudi di pro scene Valorant memang cuma sebentar. Tapi, Sobat Gamers enggak perlu khawatir kehilangan sosok seorang XCN Kurn dari dunia esports Indonesia. Toh, kita bakal tetap ngelihat kontribusinya yang lebih lagi meski dari balik layar. Apalagi, manajemen XCN enggak bakal lepas dari peran figur satu ini.

“Saya juga jadi Co-Founder XCN, jadi enggak akan ngelepas tim karena masih punya tanggung jawab. Terutama untuk tim Valorant, saya bakal banyak ngebantu buat kasih masukan untuk coaching Valorant,” ujarnya penuh keyakinan.

Meski bukan sebagai pro player, Yudi enggak akan menyerah begitu saja soal impian dan cita-cita divisi Valorant XCN. Terlebih, menurutnya divisi Valorant adalah salah satu tim yang sedang berkembang. Makanya, kali ini dia memilih tetap bekerja behind the scene untuk XCN.

xcn kurn tim esports
Tim Esports XCN

Kekosongan posisi IGL di tim XCN nantinya akan diisi oleh Samuel Santosa a.k.a. FireZs. Sobat Gamers yang udah lama ngikuti perjalanan XCN Kurn dan tim XCN pasti udah enggak asing sama pemain satu ini. Soalnya, Samuel udah bermain bersama Yudi selama bertahun-tahun.

“Samuel itu udah ikut saya dari dia SMP, dari tahun 2012. Jadi menurut saya, ya, dia udah banyak ngertilah soal XCN dan apa yang harus dilakuin,” Yudi menuturkan alasan kenapa Samuel ditunjuk sebagai IGL tim Valorant XCN.

10 Tahun di Esports, Enggak Akan Pernah Lupa

kurn bersama tim esports xcn
Kurn Sudah Malang Melintang di Esports Bersama XCN

Di akhir kariernya sebagai pemain profesional, Yudi tentu enggak pernah lupa dari mana dia berasal. Ketika tim INDOESPORTS memberikan kesempatan bagi figur satu ini untuk mengungkapkan kesan dan rasa terima kasih yang mendalam.

“Pastinya, thank you. Saya bermain di esports selama hampir 10 tahun. Banyak suka dan dukanya. Hasil apa yang saya raih saat ini, baik di kehidupan asli dan di game, semua  berkat esports. Koneksi misalnya. Saya berterima kasih sudah pernah jadi salah satu pemain di ajang kompetitif ini, pernah mewakili Indonesia. Banyaklah pengalaman yang enggak bisa saya lupain. Sekali lagi saya terima kasih bisa bermain di esports buat Indonesia.”

Hu-hu-hu. So sweet banget ya, Sobat Gamers! Meski sedih, kita pasti sepakat bahwa keputusan Kurn harus kita dukung. Semoga Kurn bisa menjalankan dan melancarkan semua rencananya.

Tentunya, penggemar pasti masih mengharapkan kemunculannya di esports Valorant meski bukan sebagai pemain lagi. Siapa tahu, Kurn bisa bikin gebrakan baru dengan statusnya sebagai pelatih.

Nah, lantas timbul pertanyaan baru. Siapakah pemain XCN yang akan menggantikan Kurn di XCN divisi Valorant? Bagaimana nasib XCN ke depannya? Temukan jawabannya cuma di website INDOESPORTS!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar