Ban Pemain dalam Kejuaraan StarCraft II

fb-share

Star Craft 2 adalah salah satu permainan yang memiliki jenis Real Time Strategi. Game dengan jenis ini merupakan game yang memiliki banyak kandidat yang kuat karena sama saja dengan permainan yang mengadu kecerdasan. Hal inilah yang menyebabkan game ini mendapatkan banyak perhatian dari banyak penggemar gaming. Sayangnya beberapa waktu lalu ada kabar yang kurang mengenakkan dari kompetisi StarCraft II ini yaitu adanya kecurangan berupa pengaturan skor yang dilakukan oleh 4 pemain dalam StarCraft II WCS atau StarCraft II World Championship Series 2019 yang menyebabkan munculnya banyak kontroversi dari penggemarnya.

Mengenai kecurangan yang dilakukan dalam StarCraft II WCS

starcraft2.com

Kecurangan yang dilakukan dan dideteksi dalam permainan StarCraft II ini adalah kecurangan dalam pengaturan skor. Skor merupakan salah satu aspek penting dalam StarCraft II WCS ini, hal ini menyebabkan banyak orang yang ingin menang dengan menghalalkan segala cara melakukan pengaturan skor supaya bisa menang dalam pertandingan.

Salah satu kecurangan ini dideteksi beberapa waktu yang lalu pada permainan yang dilakukan oleh 4 pemain StarCraft II WCS yaitu pemain dengan ID Route, Cyan, JieShi dan juga Nice. Empat pemain ini disinyalir melakukan kecurangan dalam pertandingan sehingga menyebabkan mereka pada akhirnya di ban dari kompetisi. Sesungguhnya jika permainan dilakukan dengan baik, maka tidak akan mudah dilakukan pengaturan skor dalam permainan, tapi keempat pemain ini melakukan permainan kotor dengan sangat jelas. Pasalnya pemain dengan ID Route ini secara jelas bermain dengan sengaja mengalah dalam permainan.

Dalam permainan pertama ID Route bermain dan kalah hanya dengan memainkan permainan selama 5 menit saja. Hal ini sudah merupakan hal yang cukup mencurigakan pasalnya biasanya pemain akan bermain dengan durasi 10 hingga 40 menit. Yang lebih mengherankan lagi dalam permainan selanjutnya ID Route ini menyerah hanya dalam waktu main 1 detik saja. Hal ini sudah jelas bukan hal yang alami untuk dilakukan bukan? Hal ini menyebabkan pemain 4 pemain StarCraft II ini mendapatkan sanksi untuk tidak bermain selama 5 bulan kedepan.

Reaksi publik

polygon.com

Ada banyak reaksi publik mengenai masalah Star Craft 2 ini. Ada yang mendukung pemberian sanksi ini ada juga yang menolaknya. Bagi mereka yang menolaknya, mereka menolak dengan alasan bahwa keputusan dari Blizzard, yang merupakan perusahaan yang menaungi game StarCraft II, ini tidak adil. Pasalnya tidak sedikit pemain StarCraft II WCS yang bermain melakukan kecurangan berupa manipulasi skor ini. Banyak yang mengatakan bahwa pihak Blizzard tidak memberikan sanksi secara tepat karena hanya menghukum 1 pihak saja padahal ada banyak pemain lain yang juga melakukan hal ini.

Untuk mereka yang mendukung hukuman ban ini malah menyatakan bahwa hukuman ban yang dilakukan oleh pemilik dari StarCraft II ini malah kurang berat. Mereka menginginkan dilakukannya hukuman yang lebih besar dari pihak Blizzard untuk mereka yang melakukan kecurangan tersebut. Sesungguhnya reaksi kontra yang diberikan oleh sebagian orang terhadap pemain StarCraft II WCS yang mendapatkan ban ini bukan sesuatu yang mengherankan, tapi juga merupakan hal yang tidak mungkin untuk diikuti. Tidak mungkin pihak Blizzard melakukan ban pada setiap orang yang melakukan kecurangan. Bagi Blizzard mungkin keputusan ban ini merupakan salah satu cara untuk memberikan peringatan pada pemain lainnya supaya dapat bermain dengan lebih bersih.

Dengan di ban nya pemain-pemain yang disebutkan sebelumnya, maka pemain yang akhirnya di kualifikasi untuk StarCraft II WCS Winter antara lain adalah Erik “Erik” Braga Bermelho, Maru “masa” Kim dan yang terakhir adalah Max “Astrea” Angel. Permainan StarCraft II ini memang bukan merupakan game yang sangat populer di Indonesia tapi StarCraft II merupakan game yang sangat terkenal di Amerika dan juga di Korea Selatan. Game ini memiliki fans tapi tidak sebesar game esports yang lainnya di Indonesia. Akan tetapi jika anda juga penggemar game ini bagaimana menurut anda mengenai keputusan tersebut? Apakah adil? Atau memang ada kejanggalan dalam keputusan pemilih dari Star Craft 2 tersebut?


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar