star

5 Manfaat Main Gim Real-time Strategy Lewat Starcraft 2


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Hadirnya Starcraft 2 sebagai salah satu gim real-time strategy atau rts merupakan pilihan alternatif yang sesuai bagi gamers yang kurang menyukai gim MOBA atau battle royale. Genre gim tersebut memang bukan sesuatu yang baru, tetapi eksistensinya hingga sekarang membuktikan rts patut dipertimbangkan.

Gim rts biasanya memiliki ciri khas seperti pengontrolan terhadap negara atau bangsa dengan sumber daya melimpah. Anda sebagai pemain harus merancang strategi untuk menjadikan negara/bangsa pada gameplay tersebut berada di posisi teratas. Bukan Cuma itu, gim rts juga mempunyai berbagai manfaat dalam berbagai aspek seperti:

1 Mengasah kecepatan dalam berpikir

starcraft iix

Seperti yang telah disinggung, gamers yang bermain gim rts diwajibkan mendirikan negara atau bangsa. Tentu saja Anda harus membangunnya dari kecil dan berupaya membesarkannya. Jalan menuju posisi kesatu pun tak mudah mengingat Anda bakal dihadapkan berbagai masalah.

Tingginya persaingan dan ancaman dalam gim rts seperti Starcraft pun memaksa para pemain untuk berpikir lebih cepat. Anda yang belum terbiasa mungkin bakal merasa permainan ini sulit dikuasai. Akan tetapi, saat sudah menemukan alur dan pikiran yang ‘rapi’, hambatan pun bakal berkurang.

Dengan demikian, Anda bakal lebih mudah saat mengumpulkan sumber daya, mendirikan negara atau bangsa, mempertahankan kelompok Anda hingga menyerang tim musuh.

2 Efisiensi pemanfaatan sumber daya

starcraft-june09-5-625x352

Dalam gim bertema luar angkasa ini, gamers dapat memilih tiga jenis sumber daya. Sumber daya tersebut diwakili tiga konter yang terletak di pojok kanan atas layar. Ketiganya adalah simbol dari mineral, gas, dan persediaan atau jumlah unit yang bisa ditunjang.

Anda yang baru memasuki permainan hanya diberikan modal sedikit untuk sumber daya. Sementara itu, Anda membutuhkannya untuk menghidupi diri atau kelompk yang sedang dibangun. Maka, pemain harus berusaha mencari sumber daya sebanyak mungkin di sekitar area permainan.

Dalam hal ini, gamers harus cerdas mengelola sumber daya terbatas. Belajar berhemat dari permainan rts bakal membantu Anda bertahan hidup di tengah desakan.

3 Memantau dan mengontrol pembangunan

img-f2p-multiplayer

Tugas lainnya yang wajib dilakukan pemain Starcraft 2 adalah mendirikan bangunan atau tower. Kegiatan tersebut memang bukan hal baru, terutama kalau Anda sudah sering bermain gim real-time strategy. Meski demikian, Anda perlu berhati-hati agar bangunan tak mudah dihancurkan lawan.

Kreativitas Anda sebagai pemain dituntut selama menciptakan bangunan atau tower pada gim ini. Prioritaskan bangunan mana saja yang benar-benar dibutuhkan dan pastikan posisinya sesuai dengan lokasi dan aspek lainnya.

Kemampuan memantau dan mengontrol pembangunan akan membantu Anda terhindar dari melakukan kesalahan seperti mendirikan barrack yang terlalu dekat dengan tower milik musuh.

4 Sanggup mengambil keputusan penting

starcraft1805x1018

Sebagaimana yang telah disinggung, gim rts membutuhkan reaksi cepat dari gamers, termasuk saat Anda dihadapkan pada pengambilan keputusan penting. Salah memutuskan, bukan cuma nasib Anda yang merugi, melainkan juga rekan-rekan setim yang berjuang bersama Anda.

Anda yang kali pertama memainkan gim besutan Blizzard ini mungkin butuh waktu lama untuk menguasai kemampuan pengambilan keputusan penting yang tepat. Skill tersebut rupanya tak akan bermanfaat untuk keberlangsungan hidup Anda dalam permainan, lho.

Ahli saraf kognitif dari Universitas Rochester, New York menyebutkan bila main gim, termasuk dari genre rts, membantu seseorang menyimpulkan banyak informasi dalam waktu cepat.

5 Meningkatkan keterampilan berbahasa

PartandParcel_Boss2.0

Benefit yang satu ini sebenarnya bisa Anda jumpai di sebagian besar gim. Memang sekarang beberapa games sudah menyediakan opsi bahasa yang lebih banyak, termasuk untuk bahasa Indonesia. Namun, apa yang harus Anda lakukan bila bahasa tersebut tidak ada?

Bahasa Inggris sebagai bahasa de facto internasional menjadi pilihan yang paling umum serta sering digunakan gamers. Mereka yang kurang fasih pun mau tak mau harus mempelajarinya demi menguasai gameplay dan bertahan hidup.

Secara tidak langsung main gim bakal meningkatkan keterampilan berbahasa walau kosakata Anda masih berputar di dunia gaming.

Selain mengisi waktu luang, ternyata main Starcraft 2 mampu memberikan manfaat-manfaat ini. Apa Anda sudah siap untuk segera memainkannya?


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar