starcraftII-56ab9fe25f9b58b7d009cc10

5 Jenis Perintah (Command) yang Wajib Dikuasai Pemain Starcraft

Indoesports.com 15 Mar 2019 - Bagi Anda yang belum pernah bermain gim real time, maka Starcraft adalah permainan yang paling direkomendasikan. Gameplay hingga karakter-karakter yang bakal dijumpai dalam gim ini memang dirancang sedemikian rupa agar mudah dipahami gamers pemula.

Selain itu, berbeda dari gim-gim kebanyakan, permainan RTS ini menggunakan top down perspective untuk memperlihatkan arena permainan. Anda yang sudah terbiasa dengan mode fps atau tps mungkin butuh wSelain itu, berbeda dari gim-gim kebanyakan, permainan RTS ini menggunakan top down perspective untuk memperlihatkan arena permainan. Anda yang sudah terbiasa dengan mode fps atau tps mungkin butuh waktu adaptasi sampai terbiasa. Hal ini mencakup serangkaian perintah yang digunakan untuk menggerakkan karakter atau melancarkan serangan seperti yang tertera di bawah ini.aktu adaptasi sampai terbiasa. Hal ini mencakup serangkaian perintah yang digunakan untuk menggerakkan karakter atau melancarkan serangan seperti yang tertera di bawah ini.

Right click

sc2_lotvprologue_evil_awakens01_png_jpgcopy-1024

Perintah ini memang sering kali dijumpai dalam permainan versi PC, tetapi fungsinya dapat berbeda-beda. Dalam gim real time ini, perintah right click diandalkan untuk memberikan perintah kepada unit Anda dan biasanya disesuaikan berdasarkan kondisi kontekstual pada wilayah yang bersangkutan.

Contoh kasusnya, kalau Anda mengarahkan karakter atau unit ke lokasi kosong, maka mereka pun akan mematuhi perintah tersebut. Sama pula saat Anda membawa mereka ke musuh bila right click memang diarahkan ke sana.

Mudah, bukan? Right click memang termasuk perintah basic atau dasar dalam gim besutan Blizzard ini. Namun, Anda tetap perlu hati-hati saat menggunakannya agar tak salah memberikan perintah.

Autocast

Tak berbeda jauh dari karakter di permainan lain, unit yang bakal Anda gunakan pada gim ini pun punya ability untuk melakukan tugas-tugasnya. Anda perlu menguasai perintah autocast untuk mengaktifkan ability pada unit tersebut.

Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengeklik kanan ikon yang terdapat pada command panel. Dengan autocast, unit yang bersangkutan secara otomatis akan mengeluarkan kemampuannya terus-menerus selagi bisa.

Misalnya, ability Repair kepunyaan SCV yang akan membantu perbaikan pada unit lain. Begitu autocast diaktifkan, unit yang mendekati SCV pun bakal memperbaiki diri tanpa harus diberikan perintah Repair.

Command panel

B000ZKA0J6-4-lg

Bisa dikatakan command panel adalah bagian terpenting dalam pengiriman maupun penerimaan perintah di Starcraft. Pasalnya, semua perintah yang akan Anda berikan kepada unit atau karakter akan muncul di pojok kanan bawah pada layar monitor yang tak lain tak bukan berada di dalam kotak command panel.

Perintah yang hendak Anda kirimkan dapat dilakukan dengan menekan ikon atau gambar yang tertera di panel tersebut. Beberapa perintah pun membutuhkan target yang spesifik, sehingga Anda perlu memberi arahan dengan mengeklik kiri setelah menekan ikon.

Oleh karena itu, pelajari setiap perintah yang muncul di command panel sebelum Anda memberikannya kepada unit atau karakter dalam permainan.

Hotkeys

Anda yang sudah lama berada di dunia gaming mungkin familier dengan hotkeys. Hotkeys dianggap sebagai langkah paling efektif untuk mengirimkan perintah kepada banyak unit atau karakter pada gim secara bergantian dan minim kesalahan.

Jika Anda mengarahkan mouse ke atas ikon, maka akan muncul shortcut tombol ke keyboard. Kerika Anda tekan, proses pemberian perintah kepada unit pun bisa langsung berubah. Artinya, Anda tak perlu repot-repot menggapai keyboard terlebih dahulu.

Hotkeys, selain memendekkan durasi yang dibutuhkan, sangat bermanfaat kalau Anda bermain Starcrfat 2 dalam mode multiplayer.

Antrean perintah

starcraft_2_legacy_of_the_void_blizzard

Jenis perintah terakhir yang sepatutnya Anda pelajari adalah queuing. Mengikuti namanya, perintah ini memungkinkan Anda mengirimkan perintah secara beruntun, sehingga Anda tak perlu menunggu sampai satu perintah sampai dulu untuk memberikan yang baru.

Cara mengaktifkannya pun mudah. Anda hanya perlu menekan tombol shift sembari mengirimkan perintah secara mengantre pada unit yang nantinya dijalankan satu per satu. Queuing bermanfaat dalam merinci rute untuk rute agar mereka bisa mengambil jalur yang tepat.

Kemudian, queuing secara tak langsung memudahkan unit mendirikan bangunan dalam jumlah banyak mengingat mereka tidak membutuhkan reselect unit satu per satu.

Demikian lima jenis perintah yang akan bermanfaat untuk melancarkan pemahaman Anda terhadap Starcraft. Mudah-mudahan informasi ini juga akan membuat adaptasi Anda pada gim real time tersebut lebih cepat, sehingga Anda tak akan mudah ditumbangkan gamers yang sudah lama main.

Tags:

Share post:

Add Comments
Silahkan Anda Login Terlebih Dahulu
Comments