The-Beginner’s-Complete-Guide

Bagaimana Menambah EXP dengan Cepat pada Ragnarok M: Eternal Love?

Kehadiran Ragnarok M: Eternal Love dianggap mampu meneruskan kesuksesan waralaba Ragnarok Online. Gameplay seru yang dibarengi sistem adil hanyalah secuil alasan yang membuatnya berhasil mengundang pemain lama maupun baru untuk bergabung.

Untuk Anda yang belum pernah menyentuh Eternal Love atau gim Ragnarok lainnya mungkin agak kesulitan saat ingin menambah EXP (experience point). Apalagi Anda tak bisa grinding terus menerus. Supaya Anda tidak kelelahan, berikut tip leveling di Eternal Love yang bisa dipraktikan!

Selalu memakai Stamina saat grinding

Langkah ini menjadi yang paling esensial dalam leveling di Eternal Love. Pemain dianjurkan untuk mengalokasikan semua Stamina untuk grinding EXP. Setidaknya Anda akan diberikan Stamina sebanyak 300 menit untuk mengumpulkan EXP di tempat ramai. Anda bisa melakukannya dengan Party bersama kelima rekan sekaligus mengalahkan monster lebih cepat.

Ketika Stamina yang Anda miliki habis, baru Anda ganti metode dengan mission board atau quest untuk melumpuhkan monster. Dibandingkan dua cara ini, Stamina memang masih memberikan EXP lebih banyak. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyia-nyiakan Stamina dan maksimalkan sebaik mungkin untuk leveling sejak awal permainan.

Ketahui monster-monster dengan EXP besar

Seperti halnya hero atau champion, monster juga mempunyai profil yang bisa merugikan maupun menguntungkan gamers. Hal tersebut juga berlaku saat Anda bermain di Eternal Love. Pasalnya, ada sejumlah monster yang saat dibunuh akan memberikan EXP besar bagi gamers. Artinya, Anda bisa melanjutkan leveling meski Stamina sudah habis.

Ada sejumlah monster yang bisa Anda andalkan untuk mencari tambahan EXP. Sebut saja Wormtail di Prontera North untuk dibunuh pada level 15-25. Kemudian Goblin yang bisa dijumpai di Goblin Forest untuk grinding pada level 25-40. Kemudian Anda bisa memanfaatkan Mantis, Metaller, dan Dustiness di Pontrera North sebagai ‘makanan besar’ pada level 40-70.

Hindari penggunaan Lightning Chain

 

Beberapa pemain baru Ragnarok M: Eternal Love masih kebingungan dengan fungsi Lightning Chain. Deskripsi fitur tersebut menyebutkan kemampuannya menaikkan drop item sekaligus menambah EXP. Namun, tidak banyak yang tahu efek samping Lightning Chain, yakni mengurasi Stamina yang dimiliki. Anda pun akan semakin kesulitan untuk leveling di Eternal Love.

Walau kurang direkomendasikan untuk menambah EXP, Lightning Chain bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh item dalam jumlah banyak dari grinding. Selain itu, menghindari pemakaian fitur ini untuk leveling akan memberikan Anda kurang lebih 200 EXP untuk dua jam grinding. Memang tidak terlalu banyak, tetapi cukup untuk cadangan, bukan?

Segera pekerjakan Pet Labor di Item Shop

Anda sudah sampai ke level 45 dengan pet yang memiliki 5 level Intimacy? Jika ya, sebaiknya segera pekerjakan pet tersebut di Item Shop. Langkah tersebut akan memberikan hadiah EXP yang banyak lewat item Job Potion dan Base. Setiap jamnya, pet yang Anda pekerjakan akan mendapatkan sebuah bingkisan acak yang akan menghadiahi Anda dua item tersebut.

Anda juga harus mempunyai Lunatic dengan Intimacy level 10 untuk mendapatkan posisi labor di Item Shop. Lunatic dengan profil tersebut akan meningkatkan peluang Anda mendapatkan Base maupun Job Potion. Para pemain dibuat tercengang karena Base berukuran L mampu memberikan EXP sebesar 500.000 dan 200.000 dari Job Potion ukuran L.

Jangan memakai auto dan meninggalkan gim

Tidak sedikit gamers yang beranggapan Eternal Love adalah tipe gim yang tetap bisa memberikan EXP meski ditinggal tidur dalam keadaan auto. Kenyataan yang terjadi adalah Anda malah membuang-buang Stamina di awal permainan saat di­-reset di pagi hari. Apalagi kalau Anda bangun lebih siang sebab kemungkinan besar Stamina akan langsung habis.

Meninggalkan Eternal Love dalam status auto juga akan merusak performa ponsel yang Anda pakai. Pasalnya, gawai tetap bekerja dalam waktu lama, sementara Anda beristirahat. Sebaiknya berikan jeda kepada ponsel yang Anda gunakan untuk menginstirahatkan baterai maupun komponen lainnya. Anda tidak akan merugi hanya karena berhenti main selama beberapa jam.

Semoga tip ini membantu Anda leveling di Ragnarok M: Eternal Love!


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar