Perjalanan Game PUBG: Dari PC ke Mobile hingga Diblokir India

apa-itu-game-pubg-dari-pc-ke-mobile-hingga-diblokir-india-fakta

Apa Itu Game PUBG? Kenapa Diblokir India?

Di tengah kepopulerannya yang meledak, ternyata masih ada sebagian orang yang tidak tahu apa itu game PUBG. Padahal selama tiga tahun terakhir game ini telah memiliki ratusan juta pemain di seluruh dunia.

Hal yang memang tidak banyak diketahui penggemar PUBG adalah tentang bagaimana game ini dibuat dan berkembang. Berikut adalah cerita singkat sejarah game PUBG dari awal saat pertama kali digagas.

 

Awal Mula Tercetusnya Ide Game PUBG

apa-itu-game-pubg-dari-pc-ke-mobile-hingga-diblokir-india
Brendan Greene (Apa Itu PUBG)

PlayerUnknown's Battleground atau lebih akrab dengan singkatannya, PUBG, pertama kali dicetus oleh Brendan Greene. Saat itu dia memang memiliki ambisi untuk menciptakan game bertema battle royale.

Greene sebenarnya bukanlah seorang gamer ataupun pengembang profesional. Dia justru merintis kariernya di bidang musik sebagai DJ, fotografer, dan desainer web. Akan tetapi, di waktu luangnya dia adalah seorang pecandu game konsol.

Berawal dari game Arma 2 yang membuat penasaran, Greene lalu belajar sedikit bahasa pemrograman. Kemudian dibuatlah versi modifikasi dari Arma 2 bernama PlayerUnknown: Battle Royale oleh Greene. Mod ini cukup populer di kalangan penggemar Arma, tetapi Greene masih belum puas.

Dia ingin membuat game yang lebih menantang dengan area yang luas sehingga pemain bebas melakukan apapun. Pada awal tahun 2016, Greene bertemu dengan Chang Han Kim, desainer game asal Korea Selatan untuk membahas game idamannya.

Bersama Bluehole, kedua orang tersebut akhirnya mampu mewujudkan game yang diinginkan. Adapun saat itu posisi Greene di Bluehole adalah sebagai Creative Director.

Kesuksesan PUBG Versi PC

apa-itu-game-pubg-dari-pc-ke-mobile-hingga-diblokir-india
PUBG PC

Orang-orang mulai penasaran dengan apa itu game PUBG setelah muncul early access di Steam. Bluehole saat itu harus menghadapi ujian berat saat game mereka banyak mendapat komentar negatif selama sekitar setahun.

Baru setelah early access tersebut berstatus resmi dirilis, akhirnya game PUBG meledak di berbagai platform. Sejak Maret 2017, Steam mencatat bahwa PUBG adalah salah satu game terbanyak yang pernah dimainkan secara bersamaan.

Ini tak lepas dari konsep unik PUBG yang berawal dari rasa penasaran Greene. Sesuai judul permainannya, di sini pemain satu sama lain tidak saling mengenal dan mengetahui medan pertempurannya.

Terdapat mode solo dan tim, yang mana saat turun ke darat nanti semua orang atau tim akan menjadi musuh. Pemain harus mengambil perbekalan berupa senjata, amunisi, armor, dan medis yang tersebar di peta.

Kemudian semakin lama zona permainan akan semakin menyempit dan mengumpulkan pemain di satu area saja. Siapa yang mampu bertahan hidup sampai akhir, dialah yang menang.

Merambah Perangkat Mobile dan Semakin Populer

apa-itu-game-pubg-dari-pc-ke-mobile-hingga-diblokir-india
PUBG Mobile

Harus diakui PUBG semakin populer setelah Tencent menjadi menerbitkan versi mobile dari game ini. Dalam waktu singkat, PUBG Mobile meraih ratusan juta unduhan di Android dan iOS. Review game PUBG Mobile sangat positif dan diterima dengan baik oleh komunitas mobile.

Per tanggal 19 Maret 2018, PUBG resmi tersedia di perangkat mobile. Awalnya versi mobile ini hanya untuk beberapa negara, namun lama kelamaan Tencent memperluas cakupannya.

Pemain tidak membutuhkan perangkat PC berspesifikasi tinggi lagi untuk bisa bermain PUBG. Cukup dengan HP Android atau iPhone mereka bisa bermain secara real-time bersama puluhan pemain lain atau dengan teman.

Setidaknya, Sobat Gamers harus menggunakan Android 5.1 atau iOS 9.0 dengan RAM 2 GB.

Versi mobile mendadak sangat populer, terutama di India dan Brasil. Banyaknya permintaan membuat Tencent akhirnya merilis versi lite atau yang lebih ringan di wilayah tersebut.

 

Dimodif di Tiongkok, Diblokir di India

apa-itu-game-pubg-dari-pc-ke-mobile-hingga-diblokir-india

Pemerintah Tiongkok tampaknya tidak senang dengan konsep kekerasan yang ditawarkan game PUBG Mobile. Pada pertengahan 2019, akhirnya Tencent mengalah dan menciptakan nama khusus untuk PUBG Mobile di Tiongkok. Adapun nama yang diusung adalah Game for Piece.

Seiring dengan perkembangannya, justru India yang akhirnya memiliki jumlah pemain PUBG Mobile terbanyak. Bahkan di mata esports dunia, India adalah negara paling identik dengan PUBG Mobile. Walaupun demikian, secara pemasukan game ternyata India bukan penyumbang cuan terbanyak bagi Tencent.

Sampai akhirnya petaka terjadi bagi penggemar PUBG Mobile ketika India dan Tiongkok dilanda kisruh politik. Berhubung, negara pembuat game PUBG Mobile adalah Tiongkok, game ini masuk dalam daftar blokir pemerintah India. Setidaknya, ada 118 aplikasi asal Tiongkok yang kini tidak bisa lagi diakses di India.

Semoga dengan cerita barusan Sobat Gamers bisa lebih memahami apa itu game PUBG dan bagaimana itu tercipta. Jangan heran lagi kalau saat ini orang-orang seolah tak berhenti membicarakannya dan memainkannya setiap hari.

Mau tahu informasi lainnya soal PUBG dan game-game seru lainnya? Pastikan kalian mengikuti terus INDOESPORTS, ya!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar