Untung Banyak, PUBG Mobile Bukti Kejayaan Tencent

pubg-lite-open-beta-kicks-off-today_bvgx

PUBG Mobile merupakan permainan battle royale yang dibesut oleh perusahaan asal China—Tencent. Tencent berhasil menghadirkan permainan yang digemari secara global. Kepopuleran PUBG Mobile membuat Tencent berhasil meraih pendapatan dua kali lipat lebih banyak dari pada tahun 2018 lalu. Berdasarkan laporan dari HIS Markit dan Data Priori, PUBG Mobile memang mampu menopang pendapatan Tencent dan juga negara China.

Bahkan pada tahun ini, game besutan Tencent ini berhasil mengungguli game battle royale lainnya, seperti Fortnite dan Knives Out. Dari data yang HIS Markit, diketahui bahwa keuntungan bersih PUBG Mobile melonjak sebanyak 241 persen dari bulan sebelumnya. Pelonjakan keuntungan PUBG Mobile, dinilai sangat signifikan dengan banyaknya orang yang melakukan install permainan ini. Meski sebenarnya, tren unduhan PUBG Mobile ini sedikit menurun. Keuntungan yang diperoleh Tencent tersebut, menunjukkan bahwa mereka mampu melakukan monetisasi pemain dengan baik.

PUBG_lITETencent

Sementara itu, pendapatan Tencent di luar China meningkat pesat hingga 209 persen pada kuartil empat 2018 hingga kuartil 1 2019. Meski sukses dan meraup banyak pendapatan dari game PUBG Mobile, Tencent mengalami kendala pendapatan di negerinya sendiri, China. Hal ini disebabkan adanya pembekuan selama 9 bulan terhadap Tencent dari pemerintah China.

Pembekuan dilakukan pemerintah China karena ada regulasi baru terhadap kebijakan mengenai game besutan Tencent tersebut. Pemerintah China meminta Tencent untuk melakukan blokir terhadap game besutannya tersebut, karena dianggap dapat menimbulkan efek yang negatif. Namun, Tencent berhasil melakukan negosiasi dengan pemerintah China, dan mengganti game PUBG Mobile dengan game battle royale baru yang tidak melanggar regulasi pemerintah. Game baru tersebut bernama Game for Peace.

PUBG_LITE_1_2Tencent

Sebenarnya, tidak banyak yang berbeda dari game baru dengan PUBG Mobile. Perbedaannya, hanya terlihat pada efek darah yang dihilangkan, serta jalan ceritanya yang fokus pada militer China. Setelah dilakukan pergantian game, banyak masyarakat China yang mengunduh game ini. Akhirnya, Tencent kembali bisa meraup banyak untung. Tak hanya Tencent, tapi pemerintah China pun juga meraih banyak untung dari game baru tersebut.

Di lain sisi, kehadiran PUBG Mobile juga kadang menjadi kontra di masyarakat. Bahkan di beberapa negara, game besutan Tencent ini diblokir. Alasan pemblokiran pun macam-macam, namun rata-rata menganggap bahwa game ini akan menyebabkan permasalahan sosial. Di Indonesia sendiri, PUBG Mobile menjadi tren di kalangan remaja hingga dewasa. Bahkan, Indonesia juga termasuk ke dalam negara yang melakukan unduhan PUBG Mobile terbanyak. Di Indonesia sendiri, memang pernah ada beberapa isu kontra tentang game besutan Tencent ini.

PUBG-Mobile-Update-0-7-When-is-next-Warmode-Update-coming-to-iOS-and-Android-718364Tencent

Namun, kini game besutan Tencent malah sering dipertandingkan dan selalu menerima respons yang positif. Tentunya, antusias dari masyarakat Indonesia ke PUBG Mobile ini menjadi syukur bagi pihak Tencent. Pasalnya, salah satu pendapatan Tencent yang cukup banyak tersebut juga berasal dari Indonesia. Wah, keren banget ya sobat gamers. Pendapatan dari PUBG Mobile ternyata juga banyak sekali. Semoga ke depannya, Tencent dapat meningkatkan game besutannya menjadi lebih baik lagi.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar
5