PUBG Jeddah

Ulama Aceh Berpendapat Terkait Turnamen PUBG Mobile di Arab

PUBG Mobile di Aceh memang sedang menjadi perbincangan. Sebab, di Aceh, PUBG Mobile telah diharamkan oleh ulama Aceh. Bahkan, masyarakat Aceh yang ketahuan bermain PUBG Mobile, akan dikenakan hukuman. Tak tanggung-tanggung, pemerintah daerah Aceh akan memberikan hukuman cambuk. Alasan diharamkannya permainan PUBG Mobile yakni karena dapat menimbulkan tindakan kekerasan. Tidak hanya itu, kehadiran game besutan Tencent ini juga dianggap telah mengganggu kehidupan sosial masyarakat Aceh.

Tentunya penetapan haram pada game esports Battle Royale PUBG Mobile ini hanya berlaku di daerah Aceh, artinya di daerah lain pengharaman PUBG Mobile tidak berlaku. Beberapa waktu lalu, Satpol PP daerah Aceh juga melakukan razia di berbagai café yang menyediakan tempat untuk turnamen PUBG Mobile. Bahkan, ada café yang terpaksa membatalkan penyelenggaraan turnamen PUBG Mobile.

PUBG Jeddah 2Jeddah

Berbeda dengan Aceh, di Arab Saudi turnamen PUBG Mobile malah lancar diadakan. Bahkan, turnamen yang berlangsung tersebut tergolong cukup besar. Turnamen PUBG Mobile di Arab Saudi, akan diadakan di Jeddah, dengan nama festival Jeddah Season. Tersebar pula video yang memperlihatkan bahwa masyarakat Arab Saudi nampak antusias menyaksikan turnamen PUBG Mobile tersebut.

Menanggapi turnamen PUBG Mobile di Arab Saudi, para ulama di Aceh memberikan tanggapannya. Menurut Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Teungku Faisal Ali, ukuran yang dilihat untuk pengharaman PUBG Mobile di Aceh tak diukur dari hukum Arab. Sebab, menurut mereka, ukurannya lebih kepada hukum agama. Sehingga bila dilihat dari hukum agama dan dipadukan dengan kajian para ahli, maka sah saja bila MPU Aceh mengharamkan game PUBG Mobile tersebut.

PUBG Jeddah 3Jeddah

Menurut pihak MPU Aceh, sebuah hukum di setiap negara itu selalu berbeda. Terkadang, di suatu negara A akan haram. Namun, di negara B mungkin saja tidak halal. Jadi, terkait pengharaman yang dikeluarkan oleh ulama Aceh, kini memang sedang gencar untuk diinformasikan kepada masyarakat Aceh. Tentunya, sosialisasinya tersebut dilakukan dengan pendekatan yang persuasif.

Sebenarnya kasus pengharaman PUBG Mobile ini tidak hanya terjadi di Aceh saja. Namun, di beberapa negara juga ada yang mengharamkan game dari Tencent ini. Tentu alasan setiap negara dalam mengharamkan game PUBG Mobile berbeda-beda. Tapi sebagian besar memang berkaitan dengan masalah sosial yang sering terjadi di masyarakat. Tencent sendiri hingga kini belum menanggapi terkait pengharaman PUBG Mobile di beberapa tempat tersebut.

PUBG Jeddah 1Jeddah

Jika sobat gamers amati, permainan PUBG Mobile yang dibesut Tencent tentu tidak semuanya memiliki dampak yang negatif. Pasalnya, masih banyak hal positif yang bisa diambil dari game PUBG Mobile ini. Salah satunya adalah mengajarkan orang untuk selalu memiliki strategi agar bisa bertahan hidup.

Tags:

Share post:

Add Comments
Silahkan Anda Login Terlebih Dahulu