PUBG Mobile Jadi Industri Esports yang Potensial di Indonesia

PUBG Mobile  Payload x War Youtube 3

Industri Esports di Indonesia memang sangat potensial. Menurut data paling baru dari Newzoo, Indonesia saat ini menjadi salah satu pasar Game terbesar se-Asia Pasifik. Industri ini telah mencapai angka hingga 941 juta dollar Amerika atau jika dirupiahkan bisa mencapai Rp13 triliun. Angka fantastis tersebut berhasil diraih melalui populasi online di Indonesia yang mencapai 52.6 juta pengguna. Lalu, jumlah Gamers di Indonesia sendiri mencapai lebih dari setengahnya, yakni 34 juta pengguna.

DIlansir dari akurat.co, angka yang fantastis tersebut tentu saja bisa memberikan keuntungan bagi negara. Yustinus Prastowo, Pengamat ekonomi yang juga berprofesi sebagai Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation mengungkapkan bahwa kompetisi Esports yang banyak digelar di Indonesia akan memberikan dampak yang positif terhadap perekonomian di Indonesia. Kompetisi tersebut bisa menambah devisa negara serta penyerapan tenaga kerja.

PMCO
PMCO

 

Lebih lanjut, Yustinus juga mengungkapkan bahwa industri Esports ini bisa menjadi pilar ekonomi baru bagi negeri ini. Oleh karena itu, pemerintah sebaiknya mengembangkan industri ini dengan lebih serius lagi.

Salah satu contoh Game Esports yang potensial untuk dikembangkan adalah PUBG Mobile. Menurut Yustinus Kartowo, permainan Game versi mobile yang satu ini sangat digandrungi oleh remaja. Pihak PUBG Mobile juga terlihat sangat serius dalam menjembatani potensi anak muda untuk bisa menjadi atlet-atlet berbakat, yakni dengan membuat kompetisi PUBG Mobile secara lebih meriah.

Sebagai salah satu negara yang menjadi pasar utama PUBG Mobile, Tencent Games dan PUBG Mobile Indonesia juga sering mengadakan turnamen berjenjang di Indonesia. Turnamen tersebut digelar mulai dari tingkat amatir hingga profesional. Beberapa turnamen yang rutin digelar di Indonesia di antaranya adalah PUBG Mobile College Championship dan juga PUBG Mobile Indonesia National Competition.

PMCO Spring Split 2020
ggwp.id

Lalu, pada tingkat internasional, PUBG Mobile juga sudah sukses mendatangkan devisa bagi negeri Indonesia, yakni dengan cara mendatangkan tim-tim Esports yang berasal dari berbagai negara di dunia untuk ikut berkompetisi dalam PMCO Fall Split Finals. Pada kompetisi tersebut, tim Esports asal Indonesia berhasil menjadi juara. Bigetron Red Alien berhasil mengantongi hadiah uang tunai sebesar Rp2.5 miliar usai menjadi juara dunia mengalahkan 15 tim lainnya.

Dari segi ekonomi, kehadiran turnamen, baik yang bersifat nasional maupun internasional, tentu saja akan memberikan keuntungan dari sisi ekonomi. Tak hanya menambah devisa negara, banyaknya turnamen PUBG Mobile juga membuka lebih banyak lapangan pekerjaan di dunia industri kreatif. Usaha-usaha event organizer pun ikut mengalami keuntungan yang signifikan dengan adanya turnamen berjenjang. Pasalnya, tak hanya pihak PUBG Mobile yang aktif menyelenggarakan turnamen. Pihak-pihak swasta juga sering mengadakan turnamen PUBG Mobile.

PMCO Spring Split 2020
esports id

Tak hanya itu, dengan animo anak muda yang cukup besar tentang Esports, saat ini banyak masyarakat yang menjadikan hobi bermain Game menjadi sumber penghasilan mereka. Tak bisa turun langsung menjadi atlet, beberapa pemuda justru sukses menjadi content creator atau streamer. Hal ini tentu bisa memberikan penghasilan untuk mereka.

Saat ini, berbagai lapisan masyarakat mulai melihat peluang dalam industri Esports. Banyak anak muda tertarik untuk bekerja di bidang Esports. Tak hanya itu, perusahaan-perusahaan swasta juga mulai tertarik untuk berinvestasi di bidang ini.

Dengan peluang yang menggiurkan tersebut, Sobat Gamers juga bisa ikut berperan untuk mengambil keuntungan. Bagaimana caranya? Pertama-tama, Sobat Gamers jangan hanya fokus dalam bermain PUBG Mobile. Jika ingin serius di dunia Game online, carilah banyak informasi dan koneksi yang bisa memudahkan karier Anda di bidang ini.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar