PMGC Adalah Turnamen PUBG Mobile Terbesar, Kata Siapa?

PMGC Bukan Turnamen PUBG Mobile Terbesar

Esports PUBG Mobile dalam 2 tahun terakhir memang berkembang sangat pesat. Bukan hanya dari jumlah pemain, tapi juga ekosistem esportsnya. Mulai dari tingkat lokal hingga skala global, ada berbagai turnamen esports PUBG Mobile yang masing-masing punya tingkat prestisius dan tawaran prize pool berbeda-beda.

Jelang akhir tahun ini, kita akan menyaksikan turnamen esports PUBG Mobile bertajuk PUBG Mobile Global Championship (PMGC). Nah, PMGC ini digadang-gadang merupakan turnamen PUBG Mobile terbesar di seluruh dunia.

Hmm, apakah anggapan itu benar? Nah, bagi kalian Sobat Gamers pencinta esports PUBG Mobile, yuk kita kulik bareng-bareng!

PMGC, Turnamen Major PUBG Mobile Paling Prestisius?

Kalau ngomongin besar-kecilnya turnamen, tentu kita enggak bisa lepas dari pertanyaan: se-prestisius apa sih PMGC ini? Nah, kalau mengikuti alur turnamen major PUBG Mobile, PMGC ini merupakan penutup rentetan turnamen yang ada.

Yap, segala turnamen besar PUBG Mobile bermuara di PMGC. Mulai dari PMPL, PMPL Regional, PMWL, PMCO, EMEA League, bahkan PEL, semua akan berujung di PMGC.

PEC 2020 Dominasi tim tiongkok
Ada Kemungkinan PMGC Akan Dilangsungkan di Tempat yang Sama dengan PEC

Lalu, apa bedanya dengan PMGC dan PMCO Global? Jelas beda dong, Bosque!

Pertama, prize pool PMGC punya total hadiah 4 kali lipat lebih besar dari PMCO Global, yaitu sebesar 2 juta USD atau sekitar Rp 28 miliar rupiah. Hal kedua dan yang paling utama kita lihat tentu saja status tim yang berpartisipasi.

PMCO merupakan jenjang bagi tim semi-profesional untuk memasuki jenjang profesional. Jadi, pesertanya pun cenderung tim-tim yang belum diakui di dunia esports Internasional.

Makanya Sob, juara-juara PMCO enggak pernah ikutan ajang yang sama. Yah, untuk apa mereka yang udah masuk scene profesional bertarung lagi di kejuaraan yang statusnya semi-profesional?

Sedangkan, PMGC ini diisi tim-tim terbaik dari masing-masing regional. Mereka udah jadi kekuatan besar di regionnya masing-masing.

Dari sistem, ini mirip seperti sistem World Championship yang mana slot peserta ditentukan lewat sebuah gelar di kejuaraan regional. Penentuannya bukan ditentukan dengan tahap kualifikasi, melainkan benar-benar pure hanya tim terbaik dari tiap kompetisi major yang bisa mengikuti gelaran ini.

Jadi, bisa dibilang ini adalah pertarungan para monster yang tentu saja punya prestisius yang tinggi. Apalagi setelah 2019 PUBG Mobile di-banned di China. Ditambah lagi, gara-gara COVID-19 menyebar di seluruh belahan dunia, scene PUBG Mobile jadi terpusat ke tiga zona berbeda.

Salah satunya adalah China yang memiliki game Peacekeeper Elite dan turnamen sendiri bernama PEL. Wilayah barat diisi oleh tim-tim Asia dan juga wilayah timur diisi tim asal Amerika dan Eropa. Bisa dibilang, tiga kekuatan ini sudah sama-sama matang.

Mereka pastinya ingin membuktikan kepada satu sama lain bahwa merekalah tim yang berhak mendapatkan gelar tim terbaik. Terutama untuk wilayah barat dan China. Para pendukung kedua zona ini sangat sering bergesekan, khususnya jika tim terkuat di wilayah tersebut baru saja menjuarai sebuah gelar.

Kalau di PMGC ini mereka mampu mendapatkan gelar juara, tentunya tidak akan ada penyangkalan bahwa mereka adalah tim terkuat di dunia. Soalnya, semua tim terkuat sudah ikut bersaing di ajang ini. Tidak akan ada kata "tapi" yang mampu menyangkal gelar PMGC ini.

Turnamen PUBG Mobile dengan Nilai Prize Pool Paling Tinggi Adalah...

Selain tingginya nilai prestise dari turnamen PMGC ini, prize pool sebesar 2 juta USD (sekitar Rp 28 miliar) dari turnamen ini pun sangat menggiurkan. Apalagi jika dibandingkan dengan turnamen regional lainnya, seperti PMPL SEA yang hanya punya prize pool sebesar 150 ribu USD atau 2,1 miliar jika dirupiahkan. Jauh, 'kan?

PMGC prize pool
Prize Pool PMGC

Tapi ternyata nih, angka 2 juta USD (Rp 28 miliar) itu bukan angka prize pool terbesar di scene esports PUBG Mobile, loh Sobat Gamers! Ada beberapa turnamen yang ternyata punya hadiah lebih besar. Bayangin aja, angka segitu masih ada yg ngelewatin, sebanyak apa ya duitnya kalau juara?

Penasaran, turnamen PUBG Mobile apa aja yang punya prize pool di atas PMGC?

Ternyata, ada dua turnamen PUBG Mobile yang punya prize pool di atas PMGC! Pertama, ada Peacekeeper Elite League (PEL) yang tahun ini aja prize pool-nya sampai 3,1 juta USD (Rp 43 miliar). Lalu, ada juga PUBG Mobile Japan League Season 1 yang nawarin prize pool sebesar 2,9 juta USD (Rp 40 miliar).

PEL 2020 Season 3 merupakan turnamen game Peacekeeper Elite, game versi baru PUBG Mobile yang dikembangkan oleh China. Pada gelaran season ketiga prize pool PEL memang bisa dibilang meroket. Dari yang sebelumnya berada di angka 320 ribu USD (Rp 6 miliar), menjadi 3,1 juta USD (Rp 43 miliar).

PEL season 3
PEL Season 3

Sedangkan, PUMG Mobile Japan League Season 1 merupakan turnamen PUBG Mobile perdana di Negeri Sakura. Di gelaran perdana ini, enggak tanggung-tanggung, mereka langsung menyodorkan prize pool sebesar 2,9 juta USD atau setara dengan Rp 40 miliar. Ntaaph!

. . .

Jadi, kalau dibilang PUBG Mobile Global Championship (PMGC) itu event terbesar PUBG Mobile, ya bergantung pada sisi mana kita melihatnya. Dari tingkat prestisiusnya atau ukuran prize pool-nya?

Nah, kalau bagi Sobar Gamers, mana sih yang lebih penting dari sebuah gelaran turnamen esports? Tingkat gengsinya atau besaran hadiahnya? Coba dong utarakan pendapat kalian di kolom komentar!

Kalau udah berkomentar, yuk baca-baca lagi informasi menarik seputar PUBG Mobile dan scene esports lainnya hanya di INDOESPORTS! 


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar