Ngebandingin MPL dan PMPL, Turnamen Esports Mana yang Lebih Seru?

Ngebandingin MPL dan PMPL, Mana yang Lebih Seru

MPL dan PMPL adalah turnamen terbesar dari masing-masing game terpopuler di Indonesia. Mobile Legends dengan MPL dan PMPL milik game PUBG Mobile. Memang, keduanya disebut sebagai turnamen nomor satu di negara dari masing-masing judul gamenya. Tapi kadang netizen suka lupa kalau jelas MPL dan PMPL sangat jauh berbeda.

Sebenarnya, sulit untuk membandingkan kedua turnamen ini, Sobat Gamers. Apalagi kalau ditanya, “Mana yang lebih seru?”

Masing-masing turnamen maupun game pasti punya penggemarnya sendiri. Bahkan mungkin, kalian pun mengikuti keduanya dan sedikit banyak punya penilaian.. Meski agak hmm… sulit membandingkan kedua turnamen ini, kami akan coba bahas dari berbagai sisi. Simak ya!

MOBA dan Battle Royale

turnamen mlbb push turret mobile legends

Ketika menonton pertandingan MOBA milik Mobile Legends, kalian cuma menyaksikan pertempuran dua kubu. Nah, beda jauh dong sama battle royale. Soalnya, di game PUBG Mobile kalian bahkan enggak bisa menebak tim mana bakal melawan siapa.

Misalnya begini, di babak pertama battle royale tim A ketemu sama tim B. Di match berikutnya, tim B bisa saja menghindari tim A dan ketemu sama tim F. Jauh banget, 'kan? Nah, yang menentukan semua itu titik drop. Masing-masing tim pastinya punya strategi sendiri untuk hal ini.

Dari segi gameplay, kedua game dalam turnamen ini sama-sama mengandalkan rotasi, positioning, dan kerja sama. Kedua faktor ini tetap seru buat diikuti, baik di turnamen MPL maupun PMPL.

Bedanya, pertarungan game MOBA mengandalkan item dan pengumpulan pundi-pundi. Sedangkan battle royale, pertempurannya mengandalkan titik drop dan juga looting. Umumnya, MOBA rumit dengan perhitungan combo dan item-nya, kalau battle royale ngandalin refleks dan naluri.

Kalau kalian sendiri lebih suka ngelihat pertandingan yang seperti apa? Keroyokan 16 tim atau 5v5?

Realita Vs Fantasi

Tak Bisa Tanding di PMPL Season 2, Ini Tanggapan Jerrsy dan Tim ION Jerrsy di PINC 2020 - Sumber: Youtube PUBG Mobile Indonesia

Khusus untuk game PUBG Mobile, permainannya cenderung lebih realistis sih, Sobat Gamers. Maksudnya, senjata dan kemampuan yang dimiliki oleh pemain masih relevan dan bisa saja ditemukan di dunia nyata.

Beda dong sama game Mobile Legends. Genrenya fantasi dengan bermacam-macam ras, senjata dan kekuatan para karakter pun melampaui batas normal. Memang sih, kedua turnamen ini sama-sama menyediakan arena berperang.

Peperangan di PUBG Mobile jauh lebih realistis dan masuk akal daripada Mobile Legends. Namun, keduanya sama-sama tetap butuh strategi matang. Nah, selera kalian yang mana nih? Lebih suka pertarungan yang realistis atau fantasi yang penuh imajinasi?

Prizepool MPL Vs PMPL

Sistem Turnamen dan Jadwal PMPL SEA Finals Season 2 1

Setelah kita ngebahas soal gameplay yang bisa ditonton oleh penggemar, kali ini kita bakal lebih menyoroti bagaimana penyelenggaraannya. Terlepas dari gameplay dan kompetitif antar tim, prizepool atau total hadiah dari kedua game pasti menarik minat kalian.

Kalau dibandingkan, sebenarnya prizepool MPL jauh lebih besar daripada PMPL. Prizepool MPL mencapai 300 USD atau setara Rp4,5 miliar! Sedangkan nih, turnamen PMPL Indonesia menyediakan prizepool 150 USD alias setengahnya dari hadiah MPL.

Hey, jangan julid dulu ya!

Pastinya, Sobat Gamers enggak lupa dong, PUBG Mobile punya ekosistem yang mendunia. Artinya, setelah PMPL pun, bakal ada turnamen jenjang berikutnya. Mulai dari antarnegara sampai region hingga didapatkanlah satu tim yang dijuluki sebagai juara dunia. Pastinya, semakin tingkatan kompetisinya prizepool pun bakal bertambah.

Mobile Legends juga punya ekosistem, kok. Hanya saja, cakupannya enggak sebesar PUBG Mobile. MPL masih punya lanjutan walau masih hanya sampai di regional.

Dengan prestise sebagai turnamen nomor satu di negeri dan ekosistem yang ditawarkan, menurut kalian, apakah prizepool kedua turnamen ini pantas? Wajar enggak, kalau selisihnya sampai setengah begitu?

Durasi dan Jumlah Pertandingan

Kalah dari RRQ Hoshi di Final MPL Season 6, Alter Ego Tutupi Momen Kesedihan 2

Faktor ini jadi penyebab utama kenapa kami harus membandingkan kedua turnamen yang sebenarnya jauh berbeda ini. Sobat Gamers yang membaca sampai ke poin ini pun mungkin langsung paham, 'kan? Apalagi kalau kalian betul-betul ngikutin esports PUBG Mobile dan Mobile Legends.

MPL mempertandingkan dua hingga tiga tim per harinya. Masing-masing pertandingan terdiri atas dua hingga tiga match. Kalau dihitung-hitung, maksimal banget ada sembilan pertandingan per harinya. Itu maksimal ya, Sobat Gamers.

Kalau tim A bertanding lawan tim B, lalu menang telak 2:0, berarti jumlah pertandingan bisa lebih sedikit. Dengan catatan, masing-masing tim tidak akan bertanding selama tiga hari berturut-turut. Maksimal, per minggu biasanya satu tim dapat jadwal satu atau dua hari saja.

Bagaimana dengan PMPL? Nah, kalau turnamen PUBG Mobile satu ini digelar dalam sistem liga. Biasanya tiap tim bakal bertanding setiap hari selama tiga hari berturut-turut, dalam delapan match per harinya (bisa saja lebih sedikit).

Wow, enggak tuh? Mungkin biasa aja sih, Sob, soalnya masing-masing tim atau pemain PUBG Mobile pasti juga udah biasa bertanding kayak gini.

Tapi nih, yang jadi sorotan jelas banget adalah jeda di antara match-nya.

Entahlah hal ini bisa dibandingkan atau tidak, tapi durasi antar-match MPL dan PMPL jauh berbeda banget. Kalau di PMPL jedanya cuma 10-15 menit, MPL jauh lebih lama. Lebih dari 15 menit, bahkan hingga 30 menit untuk jeda saja.

Gara-gara video yang diunggah oleh Team RRQ di Instagram, penggemar esports Indonesia pun akhirnya ngebicarain ini. Di video interview RRQ Lemon, salah satu pemain Mobile Legends menyinggung turnamen MPL itu ngaret.

Ini salah satu masukan Lemon untuk penyelenggara, sih. Soalnya durasi yang terlalu lama justru bikin mood dan suasana para pemain berantakan.

Yah, penonton aja kadang jadi enggak mood, apalagi pemainnya ya?

Sebagai turnamen nomor satu di tahan air, MPL dan PMPL pasti jadi sorotan. Penggemar juga pastinya berekspektasi tinggi untuk menyaksikan kompetisi tim terhebat di negeri ini. Jadi wajar aja kalau satu kekurangan bakal disinggung untuk waktu yang lama. Apalagi kalau salah satu pro player-nya mulai bersuara. Wah, pasti bakal dibahas.

. . .

Nah, dari segala aspek yang udah kita bahas di atas, apa kalian udah bisa menyimpulkan mana turnamen yang lebih seru? Jawaban tiap orang pasti beda-beda, dong. Tinggalkan pendapat kalian di kolom komentar bawah, ya!

Simak terus berita dan isu menarik soal esports dan game di website INDOESPORTS biar kalian enggak ketinggalan informasi.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar