cara-mengatasi-lag-pubg-mobile-di-hp-dengan-ram-2-gb

Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di HP dengan RAM 2 GB

Cara Mengatasi Lag Saat Bermain PUBG Mobile

Cara mengatasi lag PUBG Mobile di setiap perangkat tentu berbeda-beda, tergantung masalahnya. Namun khususnya pada HP dengan RAM 2 GB, biasanya yang jadi permasalahan utama sama. Bisa jadi karena pengaturannya belum disesuaikan dengan benar, ping tinggi, atau ponsel terlampau panas.

Lag saat bermain PUBG Mobile memang bikin kesal dan seringkali menghambat pemain untuk mendapatkan Chicken Dinner. Apalagi kejadian semacam ini bisa muncul di waktu-waktu yang tak terduga. Lantas, apakah masalah ini dapat diatasi atau mungkin ini sudah saatnya ganti HP?

Trik Mengurangi Lag di PUBG Mobile

Meski termasuk permainan mobile, tetapi PUBGM membutuhkan ponsel dengan prosesor dan RAM yang memadai. Besarnya ukuran peta dan banyaknya objek di permainan memang sangat memungkinkan HP lag. Tetapi sebenarnya spesifikasi minimum untuk bermain PUBG Mobile tergolong standar, yaitu:

  • Sistem Operasi: Android 6.1
  • RAM: 2 GB
  • CPU: Snapdragon 435, 400
  • Penyimpanan: 8 GB (minimal)

Contoh ponsel pintar yang sudah bisa menjalankan game ini antara lain Xiaomi 4A, Samsung J4 atau Oppo A37.

Sebenarnya tidak ada cara mengatasi lag PUBG Mobile yang dijamin 100 persen berhasil. Tetapi paling tidak Sobat Gamers bisa mengurangi intensitas lag atau patah-patahnya dengan beberapa cara. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Gunakan Jaringan yang Stabil

gunakan-jaringan-yang-stabil
Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile Tahap Ke-1

Salah satu penyebab paling umum yang membuat permainan online multiplayer patah-patah adalah ping tinggi. Nah, supaya lancar jaya saat memainkan PUBG Mobile sangat disarankan menggunakan jaringan paling stabil.

Bahkan ponsel pintar dengan spesifikasi dewa pun akan mengalami lag jika koneksi internetnya parah. Jadi, cara main PUBG tidak lag di RAM 2GB yang pertama adalah minimal menggunakan internet 4G. Bila memungkinkan gunakan jaringan WiFi agar lebih mudah meraih Chicken Dinner.

2. Kosongkan Memori Seluang Mungkin

kosongkan-memori-seluang-mungkin
Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile Tahap Ke-2

Meski HP Sobat Gamers punya RAM 2GB, tetapi memori yang kosong pastinya tidak akan bisa penuh. Itu karena ada aplikasi lain yang berjalan di latar belakang dan terpasang di penyimpanan. Solusinya adalah dengan menghapus aplikasi tidak penting dan menutup aplikasi di latar belakang.

Kedua cara di atas dapat mengosongkan beberapa MB pada RAM dan meringankan beban prosesor. Ini sangat penting terutama bagi pengguna HP dengan spesifikasi rendah.

3. Gunakan Aplikasi GFX Tool dan BAGT Tool

gunakan-aplikasi-gfx-tool-dan-bagt-tool
Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile Tahap Ke-3

Kedua aplikasi pihak ketiga ini berfungsi untuk menyesuaikan grafis PUBG Mobile agar dapat ditekan seminimal mungkin. Hasilnya memang tak memuaskan karena membuat grafis permainan terlihat semakin menurun. Tetapi tidak ada cara lain bagi pengguna HP RAM 2 GB jika tetap memaksa ingin bermain PUBG Mobile.

Dilansir dari Sportskeeda, sempat beredar kabar bahwa penggunaan aplikasi anti lag PUBG Mobile dapat menyebabkan banned permanen. Itu karena tool ini dianggap ilegal dan tidak sesuai dengan ToS Tencent Games. Sementara sumber lain mengatakan tool aman jika Sobat Gamers menggunakan versi terbaru

Sebaiknya pasang aplikasi GFX Tool atau BAGT Tool secara resmi langsung dari Play Store. Ini adalah salah satu cara mengatasi frame drop PUBG Mobile yang cukup berpengaruh.

4. Pengaturan Grafik In-Game Rendah

pengaturan-grafik-in-game-rendah
Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile Tahap Ke-4

Setiap HP punya pengaturan grafik in-game yang tidak bisa disamaratakan. Namun contoh pengaturan di bawah ini mungkin dapat ‘menyelamatkan’ HP Anda dari lag parah saat bermain PUBGM.

Settingan PUBG agar tidak lag di Android tadi sering disebut ‘settingan rata kiri’, khususnya untuk HP berspesifikasi rendah. Bagian yang bisa sedikit dinaikkan sesuai dengan kemampuan HP Sobat Gamers yaitu pada FPS dan Style.

Anda bisa menggunakan FPS lebih tinggi dan StyleColofrul’ agar gameplay agar lebih berwarna.

Jalan Keluar Lain Jika Masih Lag: PUBG Mobile Lite

Sulit untuk memaksa perangkat yang tidak memadai untuk menjalankan game berat seperti PUBG Mobile. Jalan keluar paling memungkinkan hanya dua, pertama mengganti perangkat atau mengganti aplikasi. Ya, Anda beruntung karena Tencent juga menawarkan PUBG Mobile Lite sebagai pilihan yang sempurna.

PUBG Mobile umumnya jadi semakin berat terutama setelah adanya update dan masuknya konten-konten baru. Namun jika yang Anda pedulikan hanya soal gameplay, maka tidak ada salahnya memainkan PUBG Mobile Lite.

Mekanisme dasarnya benar-benar sama dengan PUBG Mobile. Perbedaannya adalah dari ukuran peta dan jumlah pemain yang dikurangi. Pengaturan grafik minimal pada game juga telah dikurangi supaya cocok untuk HP kelas bawah.

Semoga penjelasan cara mengatasi lag PUBG Mobile barusan bisa menjadi solusi terbaik bagi Sobat Gamers, ya. Selamat mencoba!


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar