Apakah Turnamen PUBG Mobile Pro League (PMPL) Penuhi Ekspektasi?

Apakah PMPL Memenuhi Ekspektasi_

Sobat Gamers penggemar esports Indonesia pasti tahu PUBG Mobile Pro League atau yang sering disingkat PMPL. Memasuki musim keduanya di 2020, turnamen PUBG Mobile terbesar di negeri ini semakin sengit mempertemukan tim-tim terbaik dari nusantara. Usai di tahap nasional, PMPL akan memasuki tahap kualifikasi Asia Tenggara atau Southeast Asia (SEA).

Menurut Sobat Gamers sendiri, apakah turnamen ini sudah sukses terselenggara di tingkat nasional? Nah, sembari memutuskan jawaban kalian, mari lihat dulu dari sudut pandang pihak penyelenggara PMPL 2020 ini.

Tujuan PMPL ID

Alur Mayor Turnamen PUBG Mobile 2020 yang Harus Kalian Pahami PMPL

Liga PMPL ID diselenggarakan untuk mencari tiga kandidat terhebat yang akan mewakili Indonesia untuk bertarung di PMPL SEA Finals 2020 nanti. Sobat Gamers penggemar esports PUBG Mobile pastinya sudah tahu, kan, tim mana yang menjuarai liga yang berlangsung selama berminggu-minggu ini?

Mulai dari 14 Agustus sampai 27 September 2020, turnamen PUBG Mobile nomor satu di negeri ini berhasil dijuarai oleh Aerowolf Limax. TIm yang berdiri di top klasemen PMPL Season 2 ini membawa pulang hadiah sebesar USD 20 ribu serta akses menuju kualifikasi SEA. Kemudian di peringkat kedua, AURA Esports juga akan maju ke PMPL SEA Finals 2020 menemani Bigetron RA.

Sebenarnya, kata ‘menemani’ di kalimat sebelumnya tak juga tepat. Sebab ketiga tim ini justru akan kembali bersaing bersama 13 tim dari negara tetangga yang ada di Asia Tenggara.

Tingkatan Turnamen PUBG Mobile di Indonesia

Tahapan kompetisi PUBG Mobile dibuka dari kelas paling amatir hingga profesional. Nah, agar kalian enggak bingung, simak hierarkinya berikut ini.

-   PUBG Mobile Campus Championship (PMCC): turnamen kelas universitas, diikuti oleh tim dari masing-masing kampus.

-   PUBG Mobile Indonesia National Championship (PINC): turnamen tingkat nasional, siapapun bisa berpartisipasi.

-   PUBG Mobile Pro League (PMPL): turnamen kelas profesional, delapan tim terbaik dari PINC berhak ikut tanding.

-   PUBG Mobile Club Open (PMCO): turnamen kelas dunia.

Perubahan PMPL Season 1 dan 2

7 Top Statistik Regular Season PMPL Season 2 3

PMPL terbukti mampu menghidupkan ekosistem esports dan game PUBG Mobile di Indonesia. Melalui kompetisi ini, nama Indonesia bahkan dikenal secara global sebagai asal dari tim terbaik PUBG Mobile di dunia. Sejak Bogetron RA menjadi juara dunia, popularitas PUBG Mobile beserta kompetisi PMPL pun meroket.

Meskipun terbilang sukses, pihak Tencent masih memiliki goals yang lebih besar untuk menjaga ekosistem ini. Tak lantas berbesar hati dan merasa puas, melalui Manager Esports Tencent Games Indonesia, Agung Chaniago mengaku hal ini justru jadi pendongkrak.

“Kami menjadikan PMPL Indonesia Season 2 jadi pecutan agar di event-event mendatang bisa lebih baik lagi dari yang sebelumnya.” katanya.

Lebih lanjut, Agung menjelaskan bahwa dari waktu ke waktu event yang diselenggarakan oleh Tencent selalu ditingkatkan, terutama dari segi kualitas pertandingan dan juga siaran. Treatment terbaik ini selalu dijaga untuk kepuasan penonton maupun pesertanya.

Alhasil, ekosistem berkembang dan tim profesional yang berpartisipasi pun semakin meningkat. Di samping itu, penggemar esports PUBG Mobile pun kian hari semakin bertambah. Ini adalah salah satu tanda bahwa ekosistem PUBG Mobile Indonesia berkembang.

Data Statistik Tiap Pertandingan dan Pemain

7 Top Statistik Regular Season PMPL Season 2 1

Salah satu peningkatan yang paling terlihat adalah implementasi Augmented Reality yang digunakan untuk menjelaskan statistik tiap pertandingan. Salah satu keseruan dalam esports PUBG Mobile adalah data statistik dari pertandingan dan masing-masing pemain.

“Teknologi AR ini adalah pembaruan dari kami untuk memberi pengalaman tak terlupakan untuk penggemar PUBG Mobile dari setiap kompetisi yang kami selenggarakan,” ujar Agung.

Pihak pengembang ingin mendekatkan penggemar dengan berbagai informasi sehingga pertandingan semakin seru. Bukankah adrenaline kalian ikut terpicu setiap kali membaca statistik pemain terbaik atau top statistik dari pertandingan?

Turnamen Online Tetap Adil? Bisa!

Lika-liku Jadi Pro Player, Inspirasi RedFaceN ION Esports 4

Tencent bekerja sama dengan pihak Mineski Global Indonesia untuk mengorganisir PMPL Season 2 ini. Turnamen yang akhirnya harus terselenggara secara online ini pun ternyata tak mudah direalisasikan. Terutama untuk menjaga pertandingan tetap berjalan secara jujur dan adil agar tak ada pihak yang merugi.

“Tantangan yang paling kelihatan, sewaktu kami memantau tim agar tidak ada kecurangan,” ujar Agustian Hwang selaku CEO Mineski Global Indonesia.

Agustian kemudian menjelaskan bagaimana pihak penyelenggara menjaga tata tertib PMPL Season 2 ini untuk peserta yang bertanding.

-   Di setiap pertandingan, ada tim dari penyelenggara yang hadir di GH masing-masing untuk memantau peserta secara langsung.

-   Selain itu, penyelenggara juga mewajibkan seluruh peserta untuk dipantau melalui video call.

-   Di setiap ponsel peserta diterapkan game anti-cheat yang bisa dipantau oleh penyelenggara selama pertandingan berlangsung

Sejauh ini, cara-cara tersebut mampu meminimalisir bahkan menghilangkan celah kecurangan yang mungkin akan terjadi. Jadi, bisa disimpulkan bahwa PMPL Season 2 berlangsung secara sportif, jujur, dan adil. Agustian percaya diri dengan kinerja dna metode yang diterapkan ini dan hingga saat ini pun hasilnya memuaskan.

CEO Mineski Global Indonesia ini juga turut mengapresiasi kerja sama semua pihak yang mampu membangun ekosistem esports PUBG Mobile ini dari nol. Hingga saat ini, komunitas terus bertumbuh dan jumlah aktivitas di sosial media selalu ramai.

. . .

Nah, kalau menurut kalian sendiri, bagaimana Sobat Gamers? Apakah PMPL Season 2 ini tergolong sukses? Bagian mana dari event turnamen ini yang jadi favorit kalian? Tinggalkan komentar di kolom bawah ya!

Temukan berita menarik dan informasi terbaru lainnya mengenai game dan esports PUBG Mobile hanya di INDOESPORTS!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar