xbox vs ps5 2

Xbox Project Scarlett dan PlayStation 5, Bagusan Mana ya?

Baru-baru ini telah muncul rumor akan hadirnya console terbaru, yaitu Xbox Project Scarlett dan PlayStation 5. Tampaknya kedua console tersebut telah ditakdirkan untuk menjadi pesaing sengit pada akhir tahun depan. Dengan kehadiran dua console tersebut, tampaknya juga akan membuat kita semakin sulit untuk mengetahui mana console generasi berikutnya yang paling mungkin memiliki keunggulan, bukan? Oleh karena itu, INDOESPORTS telah menyusun perbandingan secara rinci dan sudah terkonfirmasi mengenai masing-masing console. Tidak hanya itu saja, INDOESPORTS juga akan memberikan spekulasi baru mengenai harga console saat peluncuran nanti. Penasaran akan seperti apa spesifikasi dan harganya? Yuk, simak penjelasan berikut. 

Xbox vs PS5Notebookcheck

Dari gambar tersebut dapat sobat gamers lihat, spesifikasi mereka tidak terlalu jauh perbedaannya meskipun kedua produsen tampaknya mengklaim produk mereka akan menggunakan "senjata rahasia". Misalnya saja seperti Playstation 5, dimana console ini mampu memperlihatkan kecepatan loading time dan rendering time belasan kali lipat lebih cepat dibandingkan PlayStation 4 Pro yang telah berada di penghujung usia. Selain itu, terdapat segudang kemampuan yang tersemat dalam PlayStation 5, yaitu support 8K, ray tracing, backward compability, SSD, hingga 3D audio.

Sedangkan Microsoft, pada Xbox Project Scarlett miliknya juga memberikan janji yang serupa dengan yang dijanjikan Sony untuk console teranyarnya. Sebab, Microsoft sedang mencoba untuk mengurangi loading time dengan SSD generasi baru yang mereka desain sendiri. Hal ini bertujuan agar sobat gamers dapat merasakan loading secepat menjentikkan jari. Selain itu, console ini akan diperkuat dengan AMD Zen 2 Navi yang empat kali lebih kuat dan cepat dari Xbox One X. Xbox Project Scarlett juga mampu menjalankan 120FPS, resolusi 8K, dan ray tracing.

Youtube Xbox

Bagaimana sobat gamers, hampir mirip dan sama saja, bukan? Namun, di event E3 kemarin, kepala studio Platinum Games yakni Atsushi Inaba mengatakan bahwa ia sama sekali tidak melihat adanya bentuk inovasi yang signifikan dari Xbox Project Scarlett dan Playstation 5 melalui wawancara dengan pihak VGC. Menurutnya, dua konsol baru tersebut memang bisa menyajikan grafis serta kualitas performa yang lebih baik dari sebelumnya. Akan tetapi, bila dibandingkan dengan konsol sebelumnya, bentuk optimasi tersebut sejujurnya kurang lebih tak jauh berbeda. Sebab, pengembangan hardware game baru seharusnya lebih difokuskan untuk menonjolkan suatu struktur chip baru yang tidak pernah sekalipun bisa dimanfaatkan oleh platform PC. Kemudian, Atsushi merasa bahwa kedua console tersebut seperti telah mengambil bentuk teknologi yang sudah lama ada, hanya saja diubah dan ditingkatkan kemampuannya, sehingga ia sama sekali tidak melihat adanya bentuk inovasi yang signifikan pada kedua console tersebut. 

Oh ya, untuk harganya banyak yang memperkirakan berada di angka US$ 500. Namun, harga Xbox Project Scarlett diperkirakan seharga US$ 399. Bagaimana menurutmu sobat gamers? Apakah Kamu rela merogoh kocek untuk membeli salah satu console tersebut? Atau Kamu adalah tim yang setuju dengan apa yang dikatakan oleh Atsushi? Yuk, komen di bawah! Jangan lupa juga untuk ikuti terus berita seputar game dan esports lainnya di INDOESPORTS!

Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

4 Komentar