Tiongkok Banned Steam, Hadiah di Hari Natal 2021

Banned Steam

Hari Natal seharusnya menjadi hari bahagia, akan tetapi nampak itu tidak berlaku bagi para gamers di Tiongkok.

Kabar terbaru datang dari akun twitter Santa Ricky (@_FireMonkey). Lewat cuitannya, dia mengabarkan bahwa Platform Steam telah diblok.

Tweet tersebut ia bagikan ke Twitter pada 25 Desember 2021 pukul 11.28 waktu setempat, lengkap dengan foto layar komputernya yang ia tangkap melalui kamera handphone. Dalam Tweetnya itu dia berkata: “Basically, Steam is blocked in China”.

Sebagai salah satu platform game PC paling besar sekarang ini, Steam selalu menjadi pilihan utama para gamers, karena di dalamnya terdapat banyak pilihan game baik yang populer seperti Dota 2 atau CS:GO, maupun tidak.

Dengan jumlah penduduk terbanyak di seluruh dunia, Tiongkok tentunya menjadi tempat bagi jutaan gamers.

Dengan adanya fenomena Banned Steam ini, nampaknya para gamers di negeri tirai bambu tersebut harus mau menerima hadiah Natal paling menyebalkan tahun 2021 ini.

Akan tetapi, mereka masih bisa mengakses Steam versi Tiongkok sendiri. Platform yang hadir tanpa fitur komunitas seperti Steam Workshop, Community Market, Discussion, Live Streaming dari pengguna Steam yang lain, Capture Screen terbaru dari game, panduan game yang dibuat komunitas, dan banyak lagi hal-hal yang tidak terdapat pada Steam versi Tiongkok.

Bukan hanya itu versi tersebut hanya tersedia 103 game saja. Tentu itu merupakan jumlah yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah permainan Steam Global yang hampir menyentuh angka 50.000. 

Gamers Tiongkok pasti lebih memilih Steam Global. Terlebih game yang sangat sering dimainkan dari Steam yaitu CS:GO dan Dota 2 berada pada Steam Global. Jelas saja itu merupakan penawaran yang tidak sepadan.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar