Review Razer Cynosa V2, Keyboard Cantik yang Bikin Betah Main Game

review keyboard gaming razer cynosa v2 2020 terbaik

Buat kalian Sobat Gamers, Razer mengeluarkan keyboard gaming teranyar mereka, Razer Cynosa V2. Cynosa V2 merupakan pembaruan dari Razer Cynosa Chroma. Meskipun sudah tidak membawa nama Chroma, ciri khas Chroma RGB tetap hadir di keyboard ini.

Mencoba menggebrak pasar dengan menawarkan harga yang lebih rendah, Razer Cynosa V2 hadir dengan sederet fitur yang bikin betah berlama-lama main game. Keyboard ini tidak dilengkapi dengan sistem switch mechanical, tetapi tetap mempertahankan switch membrane yang menjadi ciri khas Razer Cynosa Chroma.

Bagaimana pengalaman memakai keyboard entry level dari Razer ini? Mari kita bahas bersama!

Kaya Fitur yang Bikin Nyaman

review 2020 keyboard gaming razer cynosa
Review Razer Cynosa V2 - "Asyik dipakai main game terus-terusan!" 

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, keyboard ini masih menggunakan switch membrane, kelebihan dari switch membrane adalah lebih nyaman dan minim suara ketika ditekan. Meskipun tidak menggunakan mechanical switch yang diklaim lebih tahan lama dan responsif, Razer Cynosa tetap membawa spesifikasi yang menarik untuk Sobat Gamers. 

Ada 2 fitur yang dibuat khusus untuk memanjakan para gamers. Pertama adalah 1.000 Hz Polling Rate untuk memberikan respons yang lebih instan kepada penggunanya. Ada pula fitur N-key Rollover yang fungsinya nyaris sama dengan Anti-Ghosting untuk mencegah keyboard tertekan secara tidak sengaja.

Kelebihan lainnya dari switch membrane di keyboard ini adalah menurunkan cahaya yang keluar dari bawah tombol keyboard agar tidak terlalu menyilaukan mata, seperti yang terjadi pada kebanyakan keyboard mechanical switch.

Bukan hanya itu. Pada seri sebelumnya, bagian pojok kanan atas diisi dengan lampu indikator. Pada Cynosa, V2 bagian itu diisi oleh tombol media player. Kalian sebagai pengguna tentunya akan semakin dimanjakan dengan kehadiran tombol media player ini.

Tahan Air dan Gampang Dirapikan

review razer cynosa v2 keyboard gaming terbaru murah 2020
Review Razer Cynosa V2 - "Mau ngeberesin juga, astaga, mudah banget!"

Selain punya desain yang asyik dan tidak terlalu mencolok, keyboard ini juga punya keunggulan yang sangat berguna, khususnya buat Sobat Gamers yang ceroboh. Pertama adalah tahan cipratan air. Kalian pasti pernah, kan, lagi asyik game terus tiba-tiba air minum kalian tersenggol lalu tumpah ke keyboard?

Sekarang, Sobat Gamers enggak perlu lagi khawatir berkat penggunaan switch membrane yang mengurangi celah yang dapat dilalui oleh air. Dengan memaksimalkan kemampuan dari switch membrane inilah, Cynosa bisa menoleransi air. Eits, meski begitu, jangan sampai kalian menyiram keyboard ini dengan sengaja, ya!

Masih dari segi desain untuk memperindah tampilan, Razer Cynosa V2 juga menyediakan 3 jalur kabel di bagian bawah keyboard ini. Sobat Gamers juga akan lebih leluasa dalam mengatur kenyamanan kalian karena keyboard ini dilengkapi penyanggah yang dapat diatur dua ketinggian.

Semuanya Diatur di Razer Synapse 3

keyboard gaming razer cynosa v2 review 2020
Review Razer Cynosa V2 - "Makin cantik dengan warna yang bisa di-custom!" 

LED Backlit pada Razer Cynosa V2 ini dapat disesuaikan warnanya sesuai dengan kemauan pengguna. Tak tanggung-tanggung, Sobat Gamers dapat mengatur warna dari tiap tombol yang ada di keyboard.

Selain warna dari backlit, kalian juga dapat membuat profil, key binding (shortcut), ataupun macro kalian sendiri. Semuanya dapat kalian akses dan modifikasi melalui software Razer Synapse 3.

Sayangnya, keempat fungsi tadi berada di modul yang berbeda. Akan lebih baik jika ke depannya Razer menyatukan semua fungsi tadi ke dalam satu modul agar memudahkan para pengguna. Apalagi kalau kalian baru mau mulai menggunakan keyboard gaming.

Siapa Bilang Switch Membrane = Delay?

razer cynosa v2 2020 review keyboard gaming
Review Razer Cynosa V2 - "Tombolnya yang agak cekung lama-lama terasa enak!"

Enggak sedikit orang yang meremehkan keyboard dengan switch membrane. Katanya, sih, delay, enggak cocok buat gaming. Nah, justru ketika menjajal Razer Cynosa ini, kami enggak merasakan delay yang berarti. Bahkan, ketika kami coba memainkan game dengan frame rate tinggi hingga 144 fps.

Jika menaruh jari kalian di atas tombol, Sobat Gamers akan merasa bahwa tombol di Cynosa ini cukup kokoh. Namun, hal berbeda akan kalian temukan jika menekan tombol-tombol dengan ukuran yang cukup besar. Misalnya saja saat menekan Shift dan tombol +, kalian akan merasakan keyboard ini sedikit goyah.

Hal lain yang kami rasakan saat menggunakan Razer Cynosa V2 adalah sering sekali terpeleset ataupun tertekan dua tombol sekaligus. Ini sepertinya dipengaruhi kebiasaan kami menggunakan keyboard dengan tombol yang lebih datar, dibandingkan dengan Cynosa V2 yang tombolnya berbentuk cekung.

Razer Cynosa V2_2

Pros:

  • Keyboard yang kaya fitur dan semua dapat disesuaikan di Razer Synapse.
  • Ringan, nyaman digunakan, dan tidak berisik.
  • Tahan dari cipratan air.

Cons:

  • Ada beberapa tombol yang masih terasa kurang solid.

Keyboard Razer Cynosa V2 ini merupakan keyboard yang cocok digunakan untuk para pemula yang baru ingin mencoba memiliki keyboard gaming. Dengan harga yang ditawarkan, fitur yang disajikan keyboard ini terbillang cukup lengkap. Apalagi ada fitur tahan cipratan air yang jarang ditemukan di keyboard dengan mechanical switch.

Itulah apa yang dapat kami bagikan mengenai keyboard entry level terbaru dari Razer, Cynosa V2. Nah, buat Sobat Gamers yang mencari rekomendasi perangkat gaming, pantau terus ulasannya hanya di INDOESPORTS biar enggak salah pilih!

Model: Bella


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar
5