Review Logitech G733, Wireless Headset Gaming Tahan Hingga 29 Jam!

headset gaming logitech 6733 2020

Sobat Gamers, kita kedatangan sebuah produk gaming equipment, Logitech G733 dengan label "Lightspeed Wireless RGB Gaming Headset". Di Indonesia, headset ini tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih. Kali ini, kami mendapat kesempatan untuk memberikan pendapat tentang Logitech G733 yang berwarna putih.

Pertama kali melihatnya, kami cukup takjub dengan kesan imut dan modern dari headset gaming G733 ini. Lalu, bagaimana performa, keunggulan, serta kekurangan dari produk buatan Logitech ini? Simak pembahasan sebagai berikut.

Desain Modern Berbobot Ringan

headset gaming logitech 6733 review esports
Review Logitech G733 - "Ternyata di balik tampilan yang imut, performanya gahar, Sob!"

Logitech memperkenalkan G733 sebagai headset gaming terbaik dengan bobot yang ringan. Hanya seberat 278 gram, headset ini tergolong enteng jika dibandingkan dengan headset Bluetooth lainnya. Enggak usah heran soalnya headset G733 ini menggunakan plastik matte dan polycarbonate sebagai bahan materialnya.

Ada penyanggah berbahan dasar kain karet yang bisa diatur di bagian headband G733 ini. Jadi, headset ini bisa diatur senyaman kalian. Untuk menghindari penyalahgunaan, kalian akan menemukan tanda huruf L dan R di masing-masing sisi dalam earcup.

Earcup headset G733 ini tak bisa dikustomisasi karena tidak bisa diputar-putar. Sejauh ini, earcup tetap nyaman digunakan meski tak bisa disesuaikan. Namun, beberapa orang mungkin tidak terlalu suka karena tak bisa bebas diatur.

Bantalan earcup yang digunakan juga sangat lembut dan nyaman karena terdiri atas dual layer memory foam. Suara dari dalam headset juga teredam dengan baik. Jadi, Sobat Gamers tetap merasa nyaman meskipun mengenakan headset G733 ini berjam-jam.

Di masing-masing earcup, ada segaris lampu LED RGB yang cahayanya bisa diatur. Ini adalah teknologi Lightsync dengan 16,8 juta warna yang diperkenalkan oleh Logitech. LED RGB ini membuat tampilan headset G733 menjadi sangat cantik.

Detachable Microphone

Logitech menggunakan detachable microphone untuk G733 ini. Microphone ini bisa ditekukkan dan diatur sesuai dengan kehendak kalian. Sayangnya, desain ini menjadi tidak praktis karena ada banyak risiko yang terjadi jika microphone bisa dilepas. Sebab, umumnya gamers akan lebih membutuhkan sebuah equipment yang praktis, pasang-langsung pakai.

Untuk mengatur volume, power, dan microphone, semuanya ada di earcup sisi kiri. Di bagian ini juga ada port USB Type-C dan Port 3,5 mm jack untuk memasang microphone.

Koneksi Bluetooth Logitech G733

headset gaming logitech 6733 review 2020 indoesports
Review Logitech G733 - "Cocok banget buat pemain game PC!"

Agar bisa terkoneksi dengan gadget, Sobat Gamers harus menghubungkan receiver Bluetooth headset G733 ke perangkat kalian. Bisa disimpulkan bahwa headset G733 ini khusus didesain untuk PC gamers.

Yap, bagi PC gamers, hal ini tak akan jadi masalah sama sekali, berbeda dengan mobile gamers. Pasalnya, receiver Bluetooth bukanlah benda yang bersahabat dengan mobile gamers karena akan sangat mengganggu kenyamanan.

Frekuensi respons headset wireless ini adalah 10 hingga 40.000 Hz, sedangkan frekuensi respons untuk microphone-nya adalah 100 sampai 10.000 Hz. Pengaturan suara bisa Sobat Gamers lakukan dengan software Logitech G733 untuk menyesuaikan frekuensi sesuai keinginan.

Software milik Logitech G Hub ini bisa di-download secara gratis untuk Windows ataupun MacOS. Di sini, Sobat Gamers bisa mengendalikan beberapa pengaturan sederhana hingga yang lebih mendetail, misalnya penyesuaian volume hingga bass dan treble. Hanya dengan sekali klik, kalian juga bisa mengubah pengaturan suara menjadi surround. Ada banyak preset yang bisa kali utak-atik dari software ini.

Setiap gamers memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya saja Sobat Gamers pemain game PUBG yang harus memperhatikan suara langkah kaki ataupun peluru, berbeda kebutuhannya dengan pemain Dota 2.

Kalian hanya perlu menyesuaikan pengaturan suara di software milik Logitech G733. Meski didesain untuk gaming, headset ini juga sangat cocok untuk sekedar menonton film atau mendengar musik.

Selain itu, Bluetooth terkoneksi dengan baik hingga jarak 10 meter. Selama tak dilapisi dengan dinding beton yang tebal, kalian tetap bisa mendengar audio dengan G733 ini dari ruangan yang berbeda.

Baterai Awet, Tahan Seharian Lebih

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Logitech G733 ini adalah baterainya yang awet hingga 29 jam! Kalian bisa menggunakan headset ini seharian lebih tanpa harus men-charge ulang berkali-kali.

Cara mengetahui status baterai, Sobat Gamers bisa menekan tombol suara sekali dan suara notifikasi akan memberitahu jumlah baterai yang tersisa. Baterai bisa kembali diisi dengan charger Type-C yang sudah termasuk di dalam boks.

Apa Saja Isi Boks Logitech G733?

logitech g733 headset gaming terbaik 2020 review
Review Logitech G733 - "Mau jadiin kado buat pacar, boleh banget!"

Dalam satu paket Headset Logitech G733 kalian akan mendapatkan:

-    Satu unit headset gaming Logitech G733
-    Receiver USB Type A 2.4 GHz
-    Detachable microphone
-    Kabel charger USB Type A ke USB Type C
-    Kartu garansi dan petunjuk kegunaan

Karena harus menggunakan receiver, headset gaming ini hanya nyaman digunakan untuk PC gamers. Sobat Gamers penasaran dengan harganya? Kalian bisa membawa pulang satu boks Logitech G733 ini dengan mengeluarkan budget sebesar Rp2 juta.

Pros:

  • Desain yang trendi dan stylish
  • Baterai awet banget!
  • Tetap oke buat dengerin musik
  • Pengaturan suara biasa disesuaikan sebebas mungkin

Cons:

  • Ekstra hati-hati, detachable microphone-nya rawan hilang
  • Kustomisasi earcup terbatas
  • Tidak bisa digunakan oleh mobile gamers

Headset gaming satu ini adalah salah satu produk terbaik yang dikeluarkan Logitech di 2020. Desainnya yang cantik membuat headset gaming Logitech G733 berwarna putih ini membuatnya cocok untuk cewek gamers.

Sobat Gamers tertarik untuk memiliki headset gaming Logitech G733 ini? Tinggalkan pendapat kalian mengenai produk ini di kolom komentar bawah. Temukan berita menarik serta review produk gaming lainnya hanya di INDOESPORTS!

Model: Bella


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar
5