Review Mouse Logitech G Pro X Superlight Wireless: Et Dah, Enteng Banget!

Logitech G Pro X Superlight Wireless Mouse Terbaru

Seperti kita ketahui, Logitech menjadi salah satu nama besar di dunia gaming gear dengan lini produk Logitech G. Akhir tahun lalu, mereka merilis mouse gaming terbaru mereka yang diberi nama Logitech G Pro X Superlight Wireless.

Mouse ini sekaligus menjadi penerus Logitech G Pro Wireless yang sudah hadir lebih dahulu. Digadang-gadang sebagai salah satu mouse gaming wireless paling ringan, apakah Logitech G Pro X Superlight Wireless memberikan pengalaman yang menyenangkan?

Berikut review tim redaksi INDOESPORTS mengenai mouse gaming Logitech G Pro X Superlight Wireless!

Ukuran Ringan Jadi Prioritas

Logitech G Pro X Superlight Wireless Gaming Mouse 2021 Review
Mouse gaming Logitech G Pro X Superlight Wireless, ringan banget!

Secara desain dan kenyamanan, mouse gaming terbaru dari Logitech ini emang spesial banget. Desainnya bisa dibilang hampir sama persis dengan sang pendahulu, namun dengan sedikit perubahan. 

Salah satu perubahan yang paling terlihat adalah scroll button yang diberi aksen warna putih dan posisinya sedikit lebih tinggi. Sesuai nama Superlight yang diusung, mouse ini benar-benar ringan, bahkan jika dibandingkan dengan pendahulunya beratnya lebih ringan sekitar 17 gram.

Jika sang pendahulu Logitech G Pro Wireless (GPW) memiliki berat 80 gram, Logitech G Pro X Superlight Wireless hanya punya berat sekitar 63 gram. Sebuah 'diet' yang luar biasa signifikan dari mouse gaming wireless Logitech ini.

Untuk memangkas berat dari Logitech G Pro X Superlight Wireless, jelas ada beberapa fitur yang dikorbankan. Cerdasnya Logitech, mereka memilih langkah yang tepat dengan menghilangkan fitur yang dirasa tidak terlalu penting.

Logitech G Pro X Superlight Wireless Mouse
Demi ukuran ringan, ada beberapa fitur dipangkas di Logitech G Pro X Superlight Wireless.

Pertama yang kami sadari, Logitech menghilangkan dua tombol fungsional di sebelah kanan. Tombol ini memang sangat minim digunakan di mouse Logitech GPW. Para pengguna GPW lebih sering menggunakan tombol fungsional di sebelah kiri karena posisinya yang mudah dijangkau ibu jari.

Mungkin para gamers bertangan kidal akan merasa kehilangan fitur ini. Jika sebelumnya GPW bisa digunakan di tangan kanan maupun kiri karena kehadiran tombol fungsional di kedua sisi-nya, GPW Superlight akan jadi sedikit kurang nyaman untuk para gamers kidal.

Fitur kedua yang hilang adalah tombol pengaturan DPI yang berada di bagian bawah mouse ini. Sebelumnya, mouse Logitech GPW memberikan kemudahan untuk mengatur DPI dengan hanya menggunakan satu tombol, jadi kalian bisa mengatur DPI kapan saja.

Di Logitech G Pro X Superlight Wireless, kalian harus mengatur DPI melalui software khusus dari Logitech. Hilangnya fitur ini sebenarnya masih bisa ditoleransi mengingat kebanyakan gamers justru hanya sesekali mengatur DPI mereka ke settingan yang mereka sukai. Setelah itu, mereka cenderung menggunakan settingan ini terus-menerus.

Fitur ketiga yang dihilangkan adalah LED RGB yang sebelumnya tertanam di bawah logo G. Jadi, di Logitech G Pro X Superlight Wireless kalian enggak akan menemukan logo G yang bisa berubah-ubah cahayanya. Seperti di Logitech GPW, logo G-nya hanya berwarna putih flat.

Hilangnya LED RGB ini jadi salah satu penyumbang terbesar berkurangnya berat Logitech G Pro X Superlight Wireless ini hingga 17 gram dibanding sang pendahulu.

Apakah pengorbanan ini sebanding dengan kelebihan yang kita dapatkan? Santai, Bosque! Kita bahas satu-satu.

Performa Maksimal dari Sensor Terbaik Logitech

Logitech G Pro X Superlight Wireless Gaming Mouse
Salah satu fitur terpenting Logitech G Pro X Superlight Wireless adalah sensor.

Meskipun banyak fitur yang dipangkas, fitur terpenting dari sebuah mouse gaming di Logitech G Pro X Superlight Wireless ini tetap dipertahankan. Mouse terbaru dari lini Logitech G ini tetap menggunakan sensor HERO 25K yang merupakan sensor terbaik dari Logitech. 

Sensor ini memungkinkan kalian untuk mengatur sensitivitas mouse kalian dari 100 DPI sampai 25.600 DPI. Dengan sensor ini pula, Logitech GPW Superlight mampu berakselerasi hingga 40G dan punya kecepatan hingga 400 IPS atau setara 10 meter per detik.

Dengan kemampuan sensor demikian, artinya mouse ini bisa mengakomodasi gerakan secepat apapun dengan sangat presisi, Sob!

Meski begitu, kalau menengok beberapa brand lain, sebenarnya banyak sensor yang menawarkan kemampuan akselerasi yang lebih tinggi bahkan di atas 50G dengan harga yang mirip-mirip.

Untuk mengimbangi sensor ini, Logitech juga menanamkan modul wireless tercepatnya yang punya respons 1 ms. Pastinya, ini bisa mengakomodasi kegiatan gaming tanpa ada delay sama sekali.

Hadir dengan Kelengkapan Opsional

Review Mouse Logitech G Pro X Superlight Wireless
Logitech G Pro X Superlight Wireless punya perintilan lengkap.

Logitech G Pro X Superlight Wireless juga menjadi salah satu mouse dengan kelengkapan opsional terbaik, Sob! Kelengkapan optional-nya bahkan juga disiapkan untuk menutupi kekurangannya.

Pertama, ada skin optional yang berfungsi sebagai grip tambahan. Logitech sepertinya mendengarkan beberapa masukan dari pengguna di seri GPW yang mengatakan bahwa mouse gaming mereka terlalu licin untuk digenggam. Makanya, di seri terbaru ini mereka pun menyertakan grip tambahan yang menjadi salah satu kelengkapan optional.

Selain grip tambahan, ada pula glide optional yang diberikan untuk menambah asik pergerakan kalian. Glide ini diberikan untuk para gamers yang masih merasa pergerakan Logitech G Pro X Superlight Wireless kurang maksimal.

Satu lagi adalah adapter extender yang disiapkan untuk menambah jangkauan dari receiver-nya. Ada satu yang cukup disayangkan, pengisian daya Logitech G Pro X Superlight Wireless masih menggunakan kabel micro USB dan belum beralih ke USB Type C.

Dipilihnya micro USB kelihatannya mempertimbangkan kemudahan bagi pengguna Logitech G, mereka jadi bisa bebas menggunakan kabel dari seri manapun untuk mouse ini. Soalnya, semua seri sebelumnya menggunakan interface micro USB.

Asyik Dipakai Gaming Berlama-lama

Bagaimana performa gamingnya? Satu kata aja buat mouse ini, “Perfecto!” Logitech G Pro X Superlight Wireless ini memang dirancang buat penggila game FPS kompetitif. Jadi, jangan ditanya lagi kemampuannya untuk melahap game tembak menembak, Sob!

Seperti yang sudah kami sampaikan tadi, kalian enggak bakal ngerasain delay sama sekali semuanya presisi. Ditambah kalian juga bisa dapat grip tambahan dari skin yang disertakan dalam paket penjualan. Jadi, jari kalian akan tetap pada posisi siap menyerang tanpa takut kepeleset ke mana-mana.

Karena bobotnya yang ringan dan ukurannya yang pas di genggaman, Logitech G Pro X Superlight Wireless jadi salah satu mouse gaming ternyaman untuk saat ini. Bayangin aja kalian bisa main game FPS berjam-jam dengan mouse ini tanpa merasa gejala pegal sama sekali. Kalau sudah seringan ini sih, INDOESPORTS dengan pede bisa bilang, "Selamat tinggal CTS!"

Gaming mouse Logitech G Pro X Superlight Wireless dibanderol dengan harga sekitar Rp 2,3 juta. Kalian bisa mendapatkan harga khusus di beberapa e-commerce di bawah ini.

Review Logitech G Pro X Superlight Wireless Gaming Mouse Terbaru
Ringan dan nyaman digenggam, Logitech G Pro X Superlight Wireless cocok buat main game FPS.

Pros (+)

  • Ringan dan nyaman untuk digunakan berjam-jam.
  • Praktis, tidak memerlukan cabel management.
  • Additional cukup lengkap mulai dari glide sampai grip tambahan.

Cons (-)

  • Tidak memiliki RGB sama sekali.
  • Dibanding pendahulunya (GPW), tidak ada improvement selain si segi bobot.
  • Harga relatif mahal untuk kemampuan sensor yang ditawarkan.
. . .

Itu dia review dari INDOESPORTS tentang mouse gaming terbaru dari Logitech, yaitu Logitech G Pro X Superlight Wireless. Nantikan terus ulasan perangkat gaming lainnya hanya di INDOESPORTS!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar