Profil Ranger Emas, Shoutcaster yang Ternyata Pernah Jualan Satai Oji

Profil Ranger Emas, Shoutcaster yang Ternyata Pernah Jualan Satai

Fauzianska Ramadhan yang dikenal dengan nama Ranger Emas adalah salah satu shoutcaster Indonesia. Shoutcaster adalah figur yang menjadi komentator dalam berbagai turnamen esports mayor maupun minor. Cowok yang akrab disapa Oji ini memulai karier sebagai shoutcaster di judul game yang sangat digemarinya, Mobile Legends: Bang Bang. Dia sudah memainkan game ini sejak lama.

Kecintaannya terhadap game ini membuka jalan bagi karier Ranger Emas di dunia esports. Hingga kini Oji telah menjadi shoutcaster kondang di berbagai turnamen mayor Mobile Legends, seperti MPL dan MPLI. 

Asal-usul Name Stage Ranger Emas

Profil Ranger Emas, Shoutcaster yang Ternyata Pernah Jualan Satai (7)
Shoutcaster Indonesia Ranger Emas a.k.a. Fauzianska Ramadhan - Sumber: Instagram Fauzianskar

Ranger Emas bukanlah nama yang awalnya digunakan oleh Oji sebagai seorang shoutcaster. Awalnya dia menggunakan nama panggung Funky Alien. Cowok penyuka motor ini terinspirasi dari nama seorang pembalap MotoGP, Marquez yang dijuluki Baby Alien.

Atas anjuran atasan, Oji mulai memutar otak untuk menemukan name stage lain yang tepat baginya. Akhirnya, cowok kelahiran Jakarta ini menemukan inspirasi dari nama in-game Mobile Legends miliknya.

Konon, Oji dan kawan-kawannya memiliki sebuah tim dengan nama-nama in-game yang unik. Ada yang menggunakan nickname Ranger Merah, Ranger Biru, Ranger Belang, Ranger Polkadot, dan sebagainya. 

Hampir semua warna sudah lengkap oleh teman-temannya, maka akhirnya Oji memilih nama Ranger Emas karena belum ada yang pakai. Nama itulah yang hingga kini dikenal sebagai salah satu shoutcaster Mobile Legends terbaik di Indonesia.

Bocah Pedagang Satai yang Nekat

Sobat Gamers, apa kalian tahu kalau sejak dulu Ranger Emas sudah gigih bekerja?

Sebelum menjadi shoutcaster Oji sudah mulai ikut berdagang satay. Sekitar awal tahun 2017, Oji sedang mengantarkan satai dagangannya ke kantor RevivalTV. Saat itu sedang berlangsung turnamen kualifikasi MPL yang pertama kalinya.

Oji menceritakan bahwa saat itu ada banyak sekali tim yang ikut serta hingga membuat penyelenggara kewalahan. Para caster sudah mulai kelelahan, sangking padatnya bos RevivalTV bahkan turun tangan untuk menjadi shoutcaster.

Mungkin karena sudah langganan dan kepribadian Oji yang terbuka, saat dia mengantarkan satay ia diberi tawaran untuk menjadi parry shoutcaster.

Profil Ranger Emas, Shoutcaster yang Ternyata Pernah Jualan Satai (1)
Sebelum jadi shoutcaster, Ranger Emas berjualan satai - Sumber: Instagram Fauzianskar

“Aku ‘kan anaknya ‘bonek’, ya, alias bocah nekat. Pas ditawarin aku bilang ‘Mau deh! Aku mau. Tapi, aku enggak bisa nge-cast.’ Kebetulan aku main MLBB banget. Apalagi kalau lagi nunggu pelanggan datang, main Mobile Legends, dah.”

Karena Oji memang sangat suka dan paham dengan game Mobile Legends, akhirnya ia diterima dan jadilah caster dadakan. Aksi kenekatan penyuka game moba dan FPS itu membuahkan hasil. Beberapa hari setelah trial dadakan, produser Revival TV saat itu mengatakan satu hal yang mengubah hidup seorang Oji.

“Ni anak bisa jadi caster, nih! Gua yakin dia bisa jadi caster!” begitulah Oji menirukan perkataan Aerastio, sang produser saat itu.

“Orang lain enggak percaya aku bisa nge-cast. Tapi dia percaya sama aku. Thank you, Aerastio, sudah mengubah hidup gua,” kata Ranger Emas.

Sejak saat itu kesempatan datang terus-menerus hingga sampailah Ranger Emas di titik ini. Menjadi seorang shoutcaster bukanlah hal yang direncanakan olehnya. Tapi keberanian dan keinginan yang kuat membuatnya kini berkarier di bidang yang sangat disukainya. 

Banyak Suka, Sedikit Duka

Oji mengakui bahwa dia sangat mencintai pekerjaan ini. Namun tentu saja, pasti ada keuntungan dan kerugian yang dirasakannya. Berbagi pengalaman, Ranger Emas menceritakan beberapa minus jadi shoutcaster.

“Dihujat netizen, sudah pasti. Terus, waktu weekend enggak bisa ngumpul sama keluarga.” Berhubung turnamen dan event esports sering diadakan di akhir pekan, Oji mengaku sulit menemukan waktu untuk keluarga. Quality time dengan keluarga adalah hal yang sangat penting bagi shoutcaster satu ini.

Ketika ditanyakan mengenai plusnya menjadi shoutcaster, Oji menjawab dengan penuh antusias: “Ada banyak banget!”

Banyak hal positif yang didapatkannya sejak memulai karier sebagai shoutcaster. Ada berbagai kesempatan yang tak bisa didapatkan oleh semua orang bisa dia rasakan saat ini.

Profil Ranger Emas, Shoutcaster yang Ternyata Pernah Jualan Satai (5)
Shoutcaster MPL - Sumber: Instagram Fauzianskar

Bekerja di bidang yang sangat disukai, berkenalan dengan orang-orang esports dan tokoh-tokoh penting di baliknya, hingga diwawancara media. Yang terpenting, Oji mendapatkan kesempatan untuk sharing ilmu dengan orang-orang sukses dan mendapat banyak pembelajaran dari mereka.

Secara khusus Ranger Emas menunjukkan apresiasi yang tinggi terhadap penggemar yang mendukungnya hingga saat ini.

“Duka paling itu doang, dikit lah. Semua duka itu tak terasa terutama karena para Brader Emas, karena kalian selalu dukung gua, jadi hujatan netizen itu tidak terasa. Karena ada support dari kalian. Ngapain kita mikirin yang kecil? Mending kita mikirin kalian semua, yang senang sama kita.”

#INDOPride Harga Mati

Profil Ranger Emas, Shoutcaster yang Ternyata Pernah Jualan Satai (8)
#INDOPride by Ranger Emas - Sumber: Instagram Fauzianskar

Ranger Emas adalah salah satu shoutcaster yang menjunjung tinggi semangat #INDOPride. Pengalaman di MPLI, tak tanggung-tanggungnya Oji memberikan dukungan pada tim Indonesia. Bahkan ketika sampai di sesi cross-caster yang diisi oleh caster dari masing-masing negara peserta MPLI, Ranger Emas menyuarakan dukungan sepenuhnya terhadap semua tim Indonesia yang bertanding.

”INDOPride banget, ‘nih bro! Pasti menang INDOPride, apapun yg terjadi! Semuanya aku dukung. Sampai aku nge-post di Instagram, aku pake headband EVOS, bajunya RRQ. Cuma kalo tim-tim lain belum kepakai, maaf. Soalnya merchandise-nya belum ada yang ngirimin. Kalau ada yg ngirimin aku pasti pakai semua.”

Passion Itu Penting, Belajar Jangan Pernah Berhenti

Profil Ranger Emas, Shoutcaster yang Ternyata Pernah Jualan Satai (2)
Ranger Emas bersama shoutcaster senior - Sumber: Instagram Fauzianskar

Memasuki tahun ketiga sebagai shoutcaster, Ranger Emas telah menjadi komentator dari berbagai turnamen. Mulai dari cabang esports Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile hingga game Hearthstone, Starcraft, dan Dota 2 yang dipertandingkan di SEA GAMES.

Jika ditanya, secara pribadi Ranger Emas sangat menyukai game Mobile Legends Bang Bang dan PUBG Mobile. Di masa depan nanti, Ranger Emas ingin melihat dirinya menjadi shoutcaster mewakili Indonesia dalam turnamen global yang disaksikan oleh dunia

Tips dari Shoutcaster untuk Calon Penerus

Shoutcaster adalah figur yang tampil percaya diri dan cepat berbicara mengikuti alur pertandingan. Sobat Gamers pasti ada yang penasaran kan, bagaimana shoutcaster bisa bertutur kata sangat cepat dan spontan dengan pola kalimat yang teratur.

Jika melihat kembali bagaimana Oji bisa menjadi shoutcaster, semuanya berawal karena keberanian dan passion terhadap game. Lalu apakah keberanian dan passion saja cukup? Untuk lebih jelas, berikut ini Ranger Emas membagikan tips bagi kalian yang ingin menjadi shoutcaster

  1.   Harus Suka Game-nya

Jika ingin menjadi shoutcaster, pertama-tama Sobat Gamers harus suka dan paham dengan game yang akan kalian geluti. Jauh lebih baik lagi jika kalian pun memainkan gamenya sebab ini sangat berguna untuk memperkaya perbendaharaan kata mengenai game.

  1.   Belajar lalu Terbiasa

Melatih kepercayaan diri dimulai dari belajar dan terbiasa. Untuk melatih ini, Oji merekomendasikan agar Sobat Gamers berlatih menjadi caster turnamen apapun. Memperbanyak jam terbang sangatlah penting, meski tak dibayar asalkan bisa berlatih secara langsung.

Seiring berjalannya waktu, kecepatan berbicara dan insting untuk berkomentar akan terbawa dengan sendirinya. Semakin sering berlatih maka akan semakin matang skill yang kalian miliki.

  1.   Gabung Komunitas dan Sharing

Berbagi ilmu dengan orang-orang yang sudah senior di bidangnya adalah salah satu cara terbaik untuk belajar. Bergabunglah dengan komunitas, maka kalian akan menemukan banyak masukan dan koneksi di sana.

  1.   Jadi Unik Supaya Diingat

Keunikan yang ada dalam diri akan membuat Sobat Gamers diingat oleh penonton. Ranger Emas dikenal sebagai shoutcaster yang bisa membawa hype dan crowd control dalam sebuah turnamen. Keunikannya yang kerap kali melemparkan kata-kata spontan nan menggelitik juga membuat performanya ditunggu-tunggu oleh penggemar.

Profil Ranger Emas, Shoutcaster yang Ternyata Pernah Jualan Satai (4)
Follow Instagram Ranger Emas ya - Sumber: Instagram Fauzianskar

Citra yang dibangun oleh Oji tak hanya digambarkan saat ia ada di atas panggung MPL atau MPLI. Ranger Emas adalah salah satu figur publik esports yang ramah dan rajin menyapa penggemarnya. Ia pun kerap kali menciptakan interaksi untuk melakukan hal-hal menantang dengan para pengikut sosial medianya. 

Sobat Gamers masih ragu dan takut untuk mulai meraih cita-cita? Ini adalah pesan dari Ranger Emas untuk kalian. “Percaya diri. Walau susah, gaskeun saja!”

Ranger Emas, Manusia Biasa yang Sayang Keluarga

Oji tetap beraktivitas di luar selama masa red zone sampai new normal karena harus bekerja. Selain kesibukan sebagai seorang shoutcaster di kantor, cowok yang sedang menyelesaikan kuliah di jurusan Manajemen ini juga rajin mengurus usaha warung.

Di tengah kesibukannya, Oji selalu merindukan saat-saat bisa berkumpul dengan keluarga. Meski menggeluti kariernya di seputaran game bergenre moba dan FPS, Oji selalu menyempatkan diri untuk ikut berkumpul dengan keluarga.

Profil Ranger Emas, Shoutcaster yang Ternyata Pernah Jualan Satai (3)
Ranger Emas alias Oji versi tampan - Sumber: Instagram Fauzianskar

Bahkan ketika diminta untuk merekomendasikan film, Oji menjawab dengan menyebutkan salah satu film ber-genre keluarga yaitu NKCTHI.

“Pesannya tentang keluarga bagus banget.”

Bagi Ranger Emas, keluarga adalah motivasi terbesar yang membuatnya selalu semangat menjalani tantangan. Meski sesibuk apapun, Oji mengajak Sobat Gamers untuk tidak mengabaikan keluarga. Sebab bagi Oji, apapun yang terjadi pada diri kalian, jatuh-bangun pasti akan kembali ke keluarga.

"Jadi, itu film mengingatkan kita, kalau keluarga lah yang selalu ada di samping kita, apapun yang terjadi," ujar Oji.

Untuk Kalian: Jangan Menyerah!

Pada kesempatan ini, Ranger Emas memberikan dukungan penuh bagi kalian yang ingin berkarier di dunia esports. Secara khusus Oji menyebutkan Sobat Gamers yang tidak memiliki device memadai atau juga yang masih dibawah umur. “Buat sobat gamers yang ingin jadi seorang esports pro player, jangan pernah putus mimpi kalian. Tetap lakukan yang terbaik, tetap latihan. Kalau kalian niat pasti ada jalannya.”

Ranger Emas juga menyampaikan dukungan untuk Sobat Gamers yang ingin menjadi shoutcaster. Saat ini ada banyak talent hunt, berbagai acara esports pun banyak terselenggara, jadi kesempatan untuk kalian bersinar pun besar.

“Kalian harus tetap semangat untuk ngebuktiin diri kalau kalian mampu menjadi shoutcaster. Enggak usah muluk-muluk, enggak usah incar event gede dulu, enggak usah mahal-mahal. Dibayar apa enggak, urusan belakang. Yang penting tunjukin bahwa diri kamu bisa, Insyaallah rejeki pasti dikasih sama Yang di Atas.”

Profil Ranger Emas, Shoutcaster yang Ternyata Pernah Jualan Satai (6)
Dukung semua tim Indonesia - Sumber: Instagram Fauzianskar

Khusus untuk Sobat Gamers yang ingin bekerja di dunia esports, Ranger Emas juga memberikan saran alternatif. “Di esports enggak melulu jadi pro player dan caster, tapi ada banyak pekerjaan. Ada media, broadcast, dan masih banyak banget. Monggo silahkan langsung coba dan terjun sendiri.”

Akhir kata, Ranger Emas menyampaikan ucapan terima kasih untuk para haters yang membuatnya semakin berkembang. “Thank you banget, Brader. Terima kasih atas hujatannya karena hujatanmu bikin saya jadi lebih baik.”

Tak ketinggalan pula, Oji memberikan apresiasi terdalam untuk para penggemar yang mendukungnya.

“Untuk Brader Emas di manapun kalian berada, terima kasih atas support-nya. Kalian yang selalu dukung gua, dari dulu dari gua dikata-katain sampe sekarang juga masih dikata-katain, terima kasih banyak. Pokoknya, kalian itu Brader Emas terkece, tersolid, terkece, tersolid. Semua harus tetap kompak. Oke, Brader, let’s go!

Sobat Gamers yang ingin mendapatkan artikel-artikel menarik mengenai game dan esports, ikuti terus INDOESPORTS!


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar