First Media Ciptakan Wadah Inkubasi Esports Melalui First Raiders GridGame

First Media Ciptakan Wadah Inkubasi Esports Melalui First Raiders


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Mungkin sobat gamers belum lupa dengan turnamen First Media yang diadakan tahun lalu berjudul First Warriors. Melalui turnamen ini First Media bertekad untuk masuk ke ranah esports dengan menjaring dan membina bakat-bakat terbaik dari esports Free Fire. Turnamen ini diikuti oleh lebih dari 13 ribu peserta yang berasal dari berbagai daerah. Seleksi yang berlangsung begitu ketat akhirnya menyisakan delapan orang pemenang yang akhirnya dikontrak oleh First Media di bawah naungan tim esports First Raiders.

Setelah hampir setahun masa perekrutan tersebut, First Media kembali menggelar turnamen namun dengan konsep yang berbeda. Kali ini di tahun 2020 First Media mengadakan turnamen First Warriors Championship tanpa mengadakan sistem kontrak seperti tahun sebelumnya. Memang belum genap setahun sejak First Raiders terbentuk, dan nampaknya pun penggemar esports Free Fire memiliki harapan yang lumayan tinggi untuk tim esports besutan First Media ini. Pasalnya, tim ini terbentuk setelah melewati proses seleksi yang menggugurkan ribuan peserta.

Saat ini First Media memang tengah mendidik dan membina sebuah tim esports pro player First Raiders. Tim First Raiders ini memang beberapa kali terlihat dalam deretan peserta di berbagai turnamen Free Fire. Sobat gamers mungkin ada yang bertanya, apa saja yang terjadi dengan tim First Raiders sejak terbentuk hingga sekarang dan apa yang ingin dicapai oleh First Media melalui program yang melahirkan tim esports First Raiders ini. Untuk menjawab hal ini, beberapa perwakilan dari First Media memberikan sedikit penjelasan mengenai aktivitas para First Raiders.

First Media Ciptakan Wadah Inkubasi Esports Melalui First Raiders Garena Free Fire Indonesia
First Raiders Esports tim besutan First Media - Garena Free Fire Indonesia

Ferliana Suminto selaku Content and Esports Director PT Link Net Tbk memberikan beberapa pandangannya terkait dunia esports Indonesia serta esports pro player. Ferliana menceritakan bahwa delapan anak yang ada di tim esports First Raiders ini memiliki masa depan dengan esports. “Esports memberikan masa depan bagi anak-anak muda yang ingin mengejar passion di industri esports dan game. Dunia esports bukan hanya ada esports pro player atau gamers saja. Esports itu luas, ada yang bisa jadi streamer, caster, dan masih banyak lagi,” ujar Ferliana.

Begitu banyak esports pro player yang memulai karier sejak masih muda dan bagi Ferliana hal tersebut merupakan hal yang sangat positif. Terjun ke esports adalah satu alternative positif yang bisa dipilih oleh anak-anak muda untuk berprestasi. “Esports adalah game kompetitif multiplayer yang mengharuskan tim untuk bekerja sama agar bisa memenangkan pertandingan. Jadi bisa disimpulkan bahwa esports gamers sudah belajar menyusun strategi dan membangun teamwork melalui tim dan turnamen-turnamen yang dihadapinya.” Jelas Ferliana.

Melalui turnamen yang diikuti juga, para esports gamers turut melatih dan mengasah mental untuk menghadapi segala kemungkinan dan mengambil keputusan yang tepat secepat mungkin sesuai dengan situasi dalam game. Hal ini pula dibenarkan oleh Head of Content PT Link Net Tbk yaitu Astrid Wienardi. “Kami melihat bahwa sejak dari usia dini para pemain ini sudah belajar mental seperti dari mengatur strategi, teamwork dan bersosial, dan ini sangatlah bagus. Hal-hal seperti merupakan sisi positif yang hanya bisa didapatkan oleh para esports pro player dan anak-anak muda yang bermain game. Sebab, mental seperti ini akan sangat dibutuhkan untuk karier di masa depan.” Astrid menyampaikan.

 

First Media Ciptakan Wadah Inkubasi Esports Melalui First Raiders Ferliana Suminto
Ferliana Suminto selaku Content and Esports Director PT Link Net Tbk - Liputan 6

First Media mencoba untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak muda melalui First Raiders yang ingin mencoba untuk mengedepankan passion di esports. “Yang penting perlu diingat, bahwa main game dan masuk ke esports itu karena memang passion ya, bukan karena males sekolah,” ujar Ferliana. Selama tinggal di gaming house, para anggota tim First Raiders memiliki jadwal dan pola hidup yang teratur. Kesehatan jasmani - rohani dan gizi para player di tim First Raiders dijaga sebaik mungkin.

Esports adalah industri yang tengah berkembang pesat saat ini dan cenderung diminati oleh kalangan anak-anak muda. Namun esports sendiri memiliki ‘pe-er’ penting, yaitu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya para orang tua yang masing menganggap bahwa bermain game itu adalah kegiatan yang membuang-buang waktu.

Melissa Kusuma selaku Head of Business Development PT Link Net Tbk pun menjelaskan bahwa First Media sebagai brand dan company ingin memberikan dan memancarkan positive image kepada general public yg kurang mengerti esports itu apa. Melissa menyampaikan “Sebenarnya kita sudah ada program untuk ke sana, mulai dari action dan planning yang disusun oleh First Media.”

First Media Ciptakan Wadah Inkubasi Esports Melalui First Raiders Esports id
Tim esports First Raiders Free Fire - Esports id

“Tahun lalu ada ajang pencarian bakat tim yang menang dikontrak dan ditempatkan di gaming house. Anak-anak itu (tim First Raiders) tidak hanya diajarkan untuk menang menang dan menang saja. Akan tetapi ada achievement lain yang juga bisa dikejar karena cakupan esports itu sangat luas,” jelas Melissa.

Tim First Raiders memang dituntut untuk memiliki teamwork yang baik. Selain skill dan teamwork, di gaming house para player First Raiders juga diarahkan untuk mengembangkan bakat. Mulai dari streamer ataupun shoutcaster semuanya kita arahkan dan kita training, karena masing-masing anak kan punya kemampuan yang berbeda-beda. Mungkin saat ini cakupan trainingnya belum bisa secara nationwide dan hanya fokus pada delapan anak ini. namun harapannya, kedelapan anak ini bisa menjadi wujud dan contoh dari visi misi First Media di esports.

Turnamen First Warriors Championship sudah mulai diselenggarakan sejak awal Juni hingga November mendatang. Turnamen ini akan hadir di 16 kota Indonesia, dari masing-masing wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Jawa dan juga Bali. Cabang esports yang akan digelar adalah turnamen game Mobile Legends dan game Free Fire. Tim esports First Raiders juga akan ikut serta dalam kompetisi ini dan bertanding dengan peserta lainnya. Sobat gamers yang ingin ikut serta dalam turnamen First Warriors Championship ini bisa mengakses informasi terbaru di website First Warriors.

'yos


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar