Esports Sebagai Ekstrakurikuler Sekolah? PBESI Ungkap Recana Tersebut

Anggota-PBESI

Pemerintah Indonesia terus mendukung penuh perkembangan industri esports di Indonesia dan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) memiliki rencana untuk membuat ekstrakurikuler esports masuk ke dalam kurikulum sekolah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ashadi Ang selaku Ketua Bidang Humas dan Komunikasi PBESI, dalam diskusi virtual "Membangun Jenjang Karir Atlet Esports & Prestasi Bangsa" pada Rabu, 24 November 2021 lalu.

Ashadi mengatakan, untuk mendukung rencana tersebut nantinya ekstrakurikuler akan ada dan dimulai sejak pendidikan di jenjang sekolah menengah pertama (SMP) serta jenjang sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA dan SMK).

"Kami ingin memberikan sebuah edukasi sejak dini ketika mereka di bangku SMP, SMA, SMK. Artinya, ketika kita bicara esports, ini ekosistemnya sebesar ini, peluangnya sebesar ini, serta pondasi-pondasi apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan supaya menjadi atlet sukses", kata Ashadi Ang.

"Selanjutnya, apabila mereka telah tamat dari SMK atau SMA, mereka dapat melanjutkan lagi akademi esports yang akan kami buka untuk umum", jelas Ashadi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, PBESI nanti akan bekerjasama dengan kementrian terkait.

"PBESI akan melakukan kerjasama dengan kementrian terkait, termasuk Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementrian Pemuda dan Olahraga", tambah Ashadi.

Ashadi belum mengungkapkan kapan ekstrakurikuler esports ini akan masuk ke jenjang pendidikan.

Selain itu, PBESI mengungkapkan akan membangun pusat pelatihan dan program pembinaan untuk para atlet esports dan juga calon atlet esports.

"Training Center ini berguna, calon atlet atau atlet-atlet esports kita dapat memiliki satu tempat untuk melakukan pelatihan, termasuk nanti pelatnas, pelatda, dan sebagainya", ungkap Ashadi.

Menurut Ashadi, program pembinaan atlet tersebut merupakan bagian dari rancangan besar program PBESI.

"Setelah akademi ini esports ini selesai, kami akan memberikan turnamen-turnamen agar mereka dapat mengikuti turnamen tersebut", tambah Ashadi.

Melalui Program ini, pemerintah terbukti memberikan dukungan penuh ke seluruh calon atlet maupun atlet-atlet esports agar memiliki tujuan yang jelas dalam karirnya.

Siapa di sini yang ingin menjadi atlet esports Indonesia? Mari kita tunggu bersama program besar PBESI ini sobat gamers!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar