Banyak Ilmu di Hari Kedua Baparekraf Game Prime 2020

BGP 2020

Ada banyak ilmu yang bisa kita dapat pada gelaran Baparekraf Game Prime 2020 yang sudah memasuki hari kedua ini. Pada hari kedua ini acara yang ditawarkan BGP 2020 ini adalah webinar dan masterclass.

Kedua acara ini dilaksanakan secara live pada waktu yang bersamaan dan disiarkan melalui kanal YouTube Asosiasi Game Indonesia. Pelaksanaan BGP 2020 hari kedua ini sudah jauh lebih baik dibandingkan hari sebelumnya dimana masih banyak kendala teknis yang dirasakan.

POSTER-17

Karena disiarkan secara bersamaan para penonton hanya bisa menonton salah satu diantara webinar ataupun masterclass. Tetapi tidak perlu khawatir karena penonton masih bisa memutar ulang kedua sesi acara ini bahkan setelah acara ini selesai.

Pada acara webinar sesi pertama membahas mengenai bagaimana mengembangkan karir di pengembangan game. Pembicara pada sesi ini yaitu Rianti Hidayat dan Anggia Lestari.

 Pada sesi ini mereka membagikan pengalaman mereka tentang karir sebagai pengembang game, dan peluang apa saja yang dapat dicoba.

Sesi selanjutnya yaitu mengenai pengetahuan tentang pasar game di dunia dan khususnya indonesia. Pada sesi ini founder  GGWP ID bapak Ricky Setiawan ditunjuk sebagai pembicara. Ricky Setiawan menjelaskan bagaimana pasar game di dunia terus berkembang.

MSWBNR-post

Di sesi ketiga kita diperlihatkan bagaimana proses dibalik layar pembuatan game AAA. Ken Lai yang merupakan CEO dari Brandonville Studio dipilih sebagai pembicara pada sesi ini. Pada sesi berikutnya  ada penjelasan mengenai peluang industri game ditengah pandemi.

Sebagai sesi penutup webinar dibahas mengenai cara melindungi intelektual properti. Mengingat masih kurangnya  kesadaran pengembang game indonesia terhadap intelektual properti, diharapkan materi ini bisa memberikan gambaran yang jelas untuk kedepannya.

Sementara itu di acara masterclass, sesi yang ditawarkan jauh lebih menarik. Hal ini dikarenakan pada masterclass ini pembicara melakukan praktek langsung dan para penonton dapat mencobanya langsung dirumah.

Pada sesi pertama penonton diajak untuk membuat game dari dasar. Dijelaskan pula atribut-atribut yang tersedia pada Unreal Engine, salah satunya rigid body. Rigid body merupakan atribut yang berisikan rumus atau hal yang berhubungan dengan fisika, seperti gravitasi dan lain-lain.

Sesi berikutnya kita diajarkan bagaimana cara mendesain sebuah karakter game yang menarik dari dasar. Semua yang dipraktekan tetap dapat diikuti meskipun penonton adalah pemula sekalipun.

Disesi penutup pembicara Chris Murphy dari Epic Games, mengajarkan bagaimana mempersingkat pembuatan game dengan Unreal Engine. Karena pada dasarnya Unreal Engine punya banyak atribut yang mampu dimanfaatkan oleh para pengembang untuk mempercepat pengembangan game mereka.

Diadakannya webinar dan masterclass ini menjadi fasilitas bagi siapa saja yang ingin mengembangkan diri di industri serte pengembangan game.

Bagaimana Sobat Gamers  sudah tau dasar-dasar pembuatan game bukan setelah menonton Baparekraf Game Prime 2020? Tetap ikuti terus berita mengenai Baparekraf Game Prime hanya di INDOESPORTS.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar