Artifact Dilaporkan Alami Penurunan Pemain Dalam Jumlah Besar

Artifact_1

Valve sepertinya sedang mendapatkan kesulitan besar dalam mengoperasikan game terbaru mereka, Artifact. Permainan strategi kartu yang mengambil Dota 2 sebagai temanya tersebut dilaporkan mengalami penurunan pemain dalam jumlah yang besar. Bahkan dilaporkan bahwa penurunan ini mencapai angka 95% hanya dalam waktu sebulan saja.

Menurut laporan yang ditunjukkan oleh Steam Charts, Artifact yang diluncurkan pada akhir November lalu ini kini hanya mempunyai sebanyak 2200 pemain yang bermain di waktu bersamaan. Padahal, sewaktu pertama dirilis, jumlah pemain di game ini sempat menyentuh angka lebih dari 60 ribu pemain.

Steam Charts

Untuk sebuah game berbayar, saat itu Artifact bisa dikatakan cukup sukses di hari pertama peluncurannya. Sayangnya, kesuksesan itu ternyata tidak bertahan lama.

Penurunan pemain yang besar ini sebenarnya sudah terasa di dua minggu pertama sejak Artifact dirilis. Saat itu, jumlah pemain di game ini berada di angka yang sangat rendah, yaitu sekitar 10 ribu pemain. Valve sendiri sempat menghadirkan beberapa update baru yang ternyata mampu mengembalikan sedikit kehilangan tersebut. Namun lagi-lagi usaha Valve tidak bertahan lama, jumlah pemain di Artifact kembali menurun drastis.

Ketika pertama kali diperkenalkan, Artifact diyakini akan mampu bersaing di pasar game berbasis kartu yang saat ini dikuasai oleh HearthStone. Game ini menyajikan permainan kartu dengan unsur kompetitif yang kental. Proses pengerjaan game ini melibatkan Richard Garfield, seorang desainer game yang sudah sangat berpengalaman di bidang pembuatan game kartu digital.

Tidak tahu seperti apa langkah baru yang akan diambil Valve untuk mencegah Artifact kembali kehilangan pemain. Namun yang pasti, sang developer harus melakukan sesuatu, jangan sampai game baru ini hilang bahkan sebelum mampu bersaing dengan yang lain.

 


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar