Free Fire Master League 2020

Apakah Seorang Gamer Harus Join Komunitas Esports?

Saat ini sobat gamers mungkin sedang bergabung dengan komunitas esports, suatu perkumpulan berisi orang-orang yang se-hobi dengan kalian. Namun, tak sedikit juga orang yang bertanya atau bahkan menyepelekan, untuk apa gamers bergabung dengan komunitas? Apa sih gunanya? Baiklah. Kali ini, mari kita bahas mengenai komunitas esports dari berbagai aspek.

Salah satu yang membuat esports Indonesia semakin berkembang adalah komunitas esports-nya yang terus bertumbuh. Bahkan bisa dikatakan bahwa komunitas adalah salah satu element terpenting di dalam ekosistem esports.

Komunitas tak hanya penting untuk kalangan gamers saja, namun pihak developer juga membutuhkan komunitas yang aktif karena suatu game bisa bertahan dengan adanya komunitas. Sebagus apapun suatu game, jika tidak memiliki komunitas ada pasti akan sulit bertahan.

Komunitas menjadi media bagi para developer game untuk menyentuh para player-nya, terutama untuk player berbakat. Tak jarang developer game dari luar negeri melangsungkan babak kualifikasi regional melalui perpanjangan tangan komunitas.

Apakah Seorang Gamer Harus Join Komunitas Esports?

Dari sisi pemainnya sendiri, esports gamers menjadikan komunitas sebagai tempat untuk belajar dan mengasah skill, serta mencari koneksi pertemanan. Pada dasarnya komunitas adalah sebuah wadah berkumpulnya beberapa orang yang memiliki interest atau ketertarikan yang sama. Perbedaan komunitas esports gaming dengan komunitas lainnya pun hanya terletak pada interest serta sudut pandangnya itu sendiri.

Komunitas gaming sama dengan komunitas lainnya, yaitu sebagai tempat pertukaran informasi dan berkomunikasi. Itulah yang menyebabkan sobat gamers harus bergabung dengan komunitas. Karena setiap orang yang bermain game, baik itu game casual maupun kompetitif pasti membutuhkan informasi. Mulai dari informasi update game, tips and trick, sharing info, hingga turnamen. Sebagai tambahan, komunitas pada umumnya memiliki ikatan yang solid. Banyak yang memanfaatkan wadah ini untuk mendapatkan rekan satu tim yang sesuai.

Bambang Tri Utomo selaku Chief of Communication Officer INDOESPORTS turut membenarkan betapa pentingnya seorang gamers bergabung dengan komunitas. “Komunitas itu penting karena disanalah kita saling berbagi bermacam-macam informasi. Apalagi jika ada gamers yang punya cita-cita ingin jadi pro player. Karena kalau tidak bergabung dengan komunitas, orang-orang akan kesulitan menjangkau gamers tersebut walau sekuat apapun dia. Padahal perputaran pro player esports setiap saat selalu ada.”

INDOESPORTS merupakan salah satu perusahaan yang aktif menggerakkan roda ekosistem esports di Indonesia. Perusahaan ini sudah men-support komunitas sejak tahun 2017 dari berbagai aspek, mulai dari membagi informasi, support gathering, hingga menyediakan wadah turnamen untuk berkompetisi.

Apakah Seorang Gamer Harus Join Komunitas Esports? Omen

Karena awalnya komunitas gamers suka dengan turnamen, maka dulunya INDOESPORTS lebih cenderung mengolah dan membagikan tentang informasi turnamen saja. Keadaan sedikit berbeda saat ini, karena INDOESPORTS sudah turut membagikan berita update terkini secara lebih lengkap tentang esports, atlet, maupun game itu sendiri.

Untuk kegiatan offline-nya sendiri INDOESPORTS juga turut mendukung kegiatan gathering. Gathering atau acara kumpul-kumpul komunitas yang pernah disupport oleh INDOESPORTS adalah match MYT atau Mix Your Team. Konsep Mix Your Team adalah kompetisi yang diadakan secara acak untuk solo gamers. Selain itu di Pasar IDEA beberapa waktu lalu juga INDOESPORTS pernah membuat area battlefield. Kunci dari kegiatan ini adalah untuk mengakomodir pertemuan komunitas game.

“Setiap komunitas punya kebutuhan yang berbeda-beda. Ada yang cukup dengan ngumpul, sharing info dan mabar, ada juga komunitas yang butuh kompetisi. Karena tidak semua game punya wadah kompetisi resmi. Dengan diadakannya turnamen, kita menjaga komunitas itu untuk tetap ada,” ujar Bambang Tri Utomo.

“Turnamen merupakan alat untuk maintenance komunitas. INDOESPORTS giat menyelenggarakan turnamen untuk komunitas-komunitas karena untuk turnamen besar pun harus ada pembibitan melalui turnamen-turnamen kecil,” lanjutnya.

Kalian player baru dan ingin berkembang? Kalian harus join komunitas karena mungkin saja kalian akan bertemu orang-orang atau tim yang memiliki tujuan sama di komunitas.

Apakah Seorang Gamer Harus Join Komunitas Esports? Community

Sebenarnya sobat gamers, join ke komunitas itu gampang kok. Ada beberapa orang yang bergabung dengan komunitas iCafe di daerah masing-masing. Ada juga yang memulai lewat media sosial, yaitu bergabung dengan grup. Karena tidak menutup kemungkinan jika grup tersebut akan mengadakan gathering. Melalui grup juga sobat gamers bisa berinteraksi dan sharing berbagai informasi.

Meski semakin berkembang namun masih banyak PR yang harus diselesaikan oleh pelaku-pelaku esports Indonesia. Salah satunya adalah mengedukasi masyarakat bahwa esports tak semata-mata hanya permainan yang tak berdampak positif.

“Salah satu visi misi kita adalah, menjadikan INDOESPORTS leading di ekosistem esports di Indonesia. INDOESPORTS ingin membantu peran pemerintah untuk mengedukasi bahwa gamers sudah menjadi profesi baru. Bukan lagi hal yang tidak serius, ngga semuanya negatif,” Bambang Tri Utomo menyampaikan.

Ekspektasi orang-orang kebanyakan bahwa seorang esports player adalah seorang anti sosial. Esports player bukanlah seorang gamer yang hanya duduk di depan komputer. “Gamers itu nerds? Engga. Esports player ngga nerds sama sekali. Seorang esports player akan sulit berkembang kalau dia tidak bersosial. Dia hanya akan jadi casual gamer doang. Justru esports player itu orang-orangnya bersosial dengan baik, gabung komunitas.

Apakah Seorang Gamer Harus Join Komunitas Esport

“Salah satu goal besar jangka panjang INDOESPORTS adalah untuk men-support komunitas sebanyak-banyaknya, terutama untuk game-game kompetitif. Namun tidak menutup kemungkinan juga kalau game casual akan di-support INDOESPORTS,”

Jika ditanyakan perihal support yang disiapkan, Bambang Tri Utomo membocorkan project Community Club yang sedang disiapkan oleh INDOESPORTS. Bagaimana program dan kelanjutan dari project ini, kita tunggu saja ya sobat gamers.

Jadi untuk kalian untuk para solo player, ini saatnya untuk gabung komunitas dan buka peluang lebih besar untuk jadi pro player.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar