15 Fakta Menarik Bigetron Esports, Organisasi Esports dengan Perkembangan Paling Pesat di Indonesia

btr_0

Bigetron eSport merupakan salah satu organisasi esports yang paling sukses di Indonesia. Kemampuan mereka dalam bertanding di turnamen esports tidak dapat dipandang sebelah mata. Hal ini dbuktikan lewat sederet prestasi yang sudah mereka dapatkan sejak terbentuk pada tahun 2017.

Memulai karirnya lewat League of Legends, sekarang Bigtron sudah mempunyai divisi yang tersebar di hampir semua game esports terkenal di dalam negeri. Mereka bahkan mengklaim diri sebagai organisasi esports dengan perkembangan paling pesat di Indonesia. Well, tentunya klaim ini didasari oleh alasan yang sangat mendukung.

Melalui artikel ini, INDOESPORTS akan memberikan 15 fakta menarik tentang Bigetron. Diharapkan setelah membacanya kalian bisa mengenal lebih dekat tim yang berlogo kepala robot ini. Langsung saja kita simak bersama di bawah ini.

1. Bigetron dibentuk pada tanggal 28 Mare 2017. Saat itu, mereka hanya mempunyai satu divisi saja, yaitu League of Legends.

2. Nama Bigetron merupakan gabungan dari nama dua tim League of Legends, yaitu Bige dan Ultron. Sekedar informasi, Bige merupakan tim yang dibentuk oleh Teemolamon bersaman teman-temannya. Kepanjangan Bige sendiri adalah "Bibir Iwet Gaming Esports". Tim ini pun akhirnya melebur jadi satu dengan Ultron, lalu jadilah Bigetron.

3. Beberapa pengurus Bigetron saat ini, termasuk sang pemilik organisasi, Edwin "Starlest" Chia, merupakan roster generasi pertama yang bermain di League of Legends.

4. Bigetron mengklaim diri mereka sebagai organisasi esports dengan perkembangan paling pesat di Indonesia. Klaim ini tentu didasari oleh alasan, dimana hanya dalam waktu yang sangat singkat Bigetron berhasil memperlebar sayapnya ke berbagai game.

5. Saat ini Bigetron hanya memiliki lima divisi, yaitu Arena of Valor, CSGO, PUBG M, Tekken, dan Mobile Legends. Sebelumnya mereka sempat hadir di beberapa game lain seperti League of Legends, Vainglory, Dota 2, Fortnite, dan Point Blank.

6. Logo Bigetron didesain oleh Pebryan "Gobang" Arisandy, atas permintaan langsung dari Tony selaku salah satu pemilik dan pendiri Bigetron. Fyi, Gobang merupakan satu dari sekian pemain yang hingga sekarang aktif mempromosikan League of Legends. Doi sering mengadakan turnamen gratis untuk komunitas.

6a. Mantan Head of Production Bigetron, Emily Marlys alias Koskha, sempat bergabung ke divisi League of Legends meskipun hanya sebagai pemain cadangan. Namun, dari sana dia pun dikenal sebagai pemain wanita pertama yang bergabung ke tim profesional League of Legends di Indonesia.

7. Bigetron mempunyai sister team bernama Belletron, tim yang dikhususkan untuk pemain wanita dari Bigetron.

8. Tim League of Legends Bigetron pernah menjadi juara pertama di League of Legends Garuda Seris atau LGS Spring Split 2018. Dari kemenangan ini, mereka mendapatkan hadiah sebesar 100 juta ditambah satu tiket untuk mewakili negara kita dalam ajang Garena Premier League, turnamen League of Legends berskala internasional.

9. Salah satu pemain dari divisi Arena of Valor, Minky, adalah pemain asli Vietnam yang dulunya didatangkan oleh Bigetron untuk bertanding di turnamen League of Legends. Sewaktu LGS ditiadakan, Minky pun dipindahkan ke divisinya yang sekarang.

10. Tahun 2017 lalu, Bigetron mengambil sebuah langkah berani, mereka mengakuisisi Archipelago, tim asal Indonesia yang bertanding di turnamen SMITE. Keputusan ini pun secara langsung menjadikan Bigetron sebagai satu-satunya tim dari Asia Tenggara yang ikut bertanding di SMITE.

11, Semenjak terbentuk pada tahun 2017, hingga sekarang Bigetron sudah menoreh banyak prestasi di dunia esports. Beberapa diantaranya adalah:

Juara 1 di LGS Spring 2018
Juara 1 di MLBB IGC 2018
Juara 1 di PUBGM PINC 2018
Juara 1 di Globe Conquerors Manila 2018 Kualifikasi Indonesia
Juarai 1 di AOV IGC 2018
Juara 1 di PUBGM IEC KRATINDAENG 2018
Juara 1 di ROS Indonesia Championship 2018
Juara 1 di AOV Game Prime Asia 2017
Juara 1 di PUBGM Ultimo Hombre 2018
Juara 1 di Vainglory Premier League Indonesia 2018
Juara 2 di CSGO Ultimo Hombre 2018
Juara 3 di AOV Star League Season 1
Juara 4 di Mobile Legends MPL Season 1

12. Bigetron adalah salah satu organisasi esports dalam negeri yang memiliki penjualan merchandise terbanyak. Kesuksesan mereka di esports membuat mereka dikenal oleh banyak orang dan tidak sedikit orang pun tertarik untuk mempunyai pernak-pernik buatan mereka.

13. Bigetron pernah menuai kontroversi lewat pernyataan mereka sendiri yang mengatakan bahwa mereka memotong gaji salah satu pemain mereka. Gerald Bellarmino alias Jeel, yang saat itu bermain untuk divisi Mobile Legends Bigetron diketahui mendapatkan sanksi dikarenakan aksi taunting yang dia lakukan sewaktu bertanding di Mobile Legends Gameprime 2018. Bigetron menilai apa yang dilakukan oleh Jeel saat itu sangatlah tidak etis, mereka pun memberikan pemain tersebut sanksi berupa pemotongan gaji. Pada akhirnya, Bigetron meminta maaf dan menghapus pernyataan mereka setelah dapatkan kritik dari banyak pengamat esports.

14. Selain Indonesia, Bigetron juga memiliki tim lain di Singapura. Tim ini tadinya bernama IDNS SG, mereka bertanding di turnamen-turnamen Mobile Legends.

15. Diperkirakan total pendapatan Bigetron selama bertanding di esports sudah mencapai lebih dari 1 miliar rupiah, dimana salah satu turnamen yang paling sering mereka juarai adalah PUBG Mobile.

Nah, di atas adalah 15 fakta menarik tentang Bigetron. Terlepas dari segala hal baik dan hal buruk yang pernah melibatkan mereka, Bigetron tidak dapat dipungkiri adalah salah satu organisasi esports terbaik yang pernah kita miliki. Semoga saja di tahun 2019 ini Bigetron bisa kembali mencetak prestasi baru dan berharap mereka bisa kembali untuk memperkenalkan divisi baru di game lain.

Dari semua fakta tentang Bigetron yang sudah INDOESPORTS sebutkan di atas, mana yang menurutmu paling menarik? Atau kamu juga punya fakta lain tentang mereka yang belum disebutkan di artikel ini? Seandainya ada, yuk sebutkan satu per satu.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar