10 Pro Player dengan Penghasilan Fantastis di Esports Global 2020

pro player penghasilan terbesar esports global kyle bugha

Perkembangan esports secara global begitu pesat seiring dengan tingginya minat penggemar. Bahkan di 2019, budget hadiah untuk 4.600 turnamen esports mencapai USD 215 juta. Jumlah ini telah meningkat berkali-lipat, sebab di 2012 Esports Earnings hanya mencatatkan total hadiah turnamen esports hanya mencapai USD 13,8 juta.

Dari nominal yang fantastis ini, tentunya pro player juga turut menuai penghasilan yang spektakuler berdasarkan tier-nya. Berikut ini adalah para pro player yang dari berbagai cabang esports memiliki penghasilan fantastis.

1. Lee ‘Flash’ Young Ho – USD 660 Ribu (Starcraft: Brood War)

10 Pro Player dengan Penghasilan Fantastis di Esports Global 2020 (4)
Lee 'Flash' Young Ho

Lee Young Ho a.k.a. Flash adalah pro player yang Starcraft: Brood War memiliki penghasilan sebesar USD 660 Ribu. Cabang game esports satu ini memang tak begitu populer di Indonesia. Tapi nyatanya, Starcraft: Brood War memiliki ekosistem esports terlama dan sudah ada sejak awal.

Game esports satu ini sangat populer di Korea. Namun level kompetisinya sangat sengit sehingga sangat jarang muncul pemain-pemain baru yang mampu mendominasi. Tapi Flash berbeda, dia adalah satu-satunya player Terran yang muncul sebagai pesaing kuat.

 

2. Tony ‘Lethul’ Campbell – USD 667 Ribu (Halo)

Halo 5: Guardians merupakan permainan FPS yang secara global sangat populer dan esportsnya cukup diminati. Bermain secara konsisten Tony Campbell alias Lethul adalah pro player Halo yang berhasil menuai kesuksesan. Pemasukannya dari cabang esports satu ini tak bisa dianggap remeh. Bahkan di 2016 Lethul berhasil membawa pulang USD 1 juta dari turnamen Halo World Championship.

 

3. Park ‘Loki’ Jeong Yeong – USD 704 Ribu (PUBG)

Park Jeong Yeong adalah pro player muda dari Korea Selatan yang menorehkan prestasi di dua tahun terakhir ini. Pemain dengan nama in game Loki ini berhasil membawa tim untuk mendominasi esports PUBG di berbagai kompetisi. Selalu menempati klasemen teratas, Loki jadi salah satu pemain profesional yang memiliki penghasilan termahal di dunia.

 

4. Ian ‘C6’ Porter – USD 845 Ribu (Call of Duty)

10 Pro Player dengan Penghasilan Fantastis di Esports Global 2020 (3)
Ian 'C6' Porter

Ian Porter, pro player Call of Duty asal Amerika Utara yang berhasil memenangkan tiga kejuaraan dunia. Di sepanjang kariernya, pemain dengan nama in game C6 ini berhasil menempati klasemen teratas di 37 turnamen major Call of Duty.

 

5. Lee ‘Rogue’ Byeong Yeol – USD 860 Ribu (Starcraft II)

Lee Byeong Yeol pernah mengganti nama in game nya dari Save menjadi Rogue. Pro player satu ini begitu disegani di esports Starcraft II sebagai pemain tersukses yang membawa pulang hadiah terbanyak di cabang game ini. 

Penghasilan Rogue bertambah berkali lipat sejak memenangkan kompetisi IEM Katowice tahun 2020. Memperoleh kemenangan secara beruntun membuat Lee Byeong Yeol jadi pro player Starcraft II terbaik di dunia.

6. Feg – USD 1 Juta (Shadowverse)

Permainan kartu strategi juga memiliki ekosistem esports yang sangat berkembang secara global. Tolak ukur ini mengacu pada kesuksesan pemainnya yang mampu memperoleh income tertinggi di kalangan pro player global. 

Feg, pro player Shadowverse menjadi pemain dengan penghasilan USD 1 Juta dari kompetisi yang diikutinya. Pemain satu ini muncul di kompetisi Shadowverse World Grand Prix 2018 untuk mewakili negara Jepang.

 

7. Lee ‘Faker’ Sang-hyeok – USD 1.3 Juta (League of Legends)

10 Pro Player dengan Penghasilan Fantastis di Esports Global 2020 (2)
Lee ‘Faker’ Sang-hyeok

Faker adalah pro player asal Korea Selatan yang memiliki banyak penggemar. Tak hanya dari kalangan komunitas gamers, Lee Sang-hyeok juga diidolakan oleh artis-artis ternama dari dunia entertainment Seoul.

Pro player satu ini menjadi pemain yang paling konsisten menjuarai kompetisi esports League of Legends. Faker sukses membawa tim T1 jadi juara di kompetisi paling bergengsi di esports League of Legends. Dijuluki sebagai pemain terbaik, tak heran jika Faker jadi salah satu pemain dengan penghasilan termahal di dunia esports secara global.

 

8. Andreas ‘Xyp9x’ Højsleth – USD 1.8 Juta (CS:GO)

Meski di Indonesia komunitasnya meredup, nyatanya game CS:GO memiliki peminat yang tinggi secara global. Xyp9x ini menjadi pro player dengan penghasilan tertinggi setelah berhasil membawa tim Astralis jadi juara di turnamen Major CS:GO 2019 besutan Valve. Kontribusinya bagi tim di berbagai kejuaraan berhasil membuat Xyp9x jadi pemain dengan penghasilan tertinggi di dunia.

 

9. Kyle ‘Bugha’ Giersdorf – USD 3.1 Juta (Fortnite)

Game battle royale yang rilis tahun 2018 ini langsung diminati oleh penggemar esports di seluruh dunia. Turnamen Fortnite pun digelar dengan prizepool yang fantastis. Esports Fortnite pasti mengenal Kyle Giersdorf a.k.a. Bugha yang mendominasi kompetisi Fortnite World Cup 2019. Penghasilan pro player satu ini jatuh di angka yang fantastis, yaitu USD 3,1 Juta atau setara dengan Rp 45 Triliun.

 

10.  Johan ‘N0tail’ Sundstein – USD 6.9 Juta (Dota 2)

10 Pro Player dengan Penghasilan Fantastis di Esports Global 2020 (1)
Johan ‘N0tail’ Sundstein

Pro player asal Denmark ini merupakan pemain yang memiliki penghasilan tertinggi di esports secara global. N0tail menuai kesuksesan besar setelah membawa OG jadi juara di turnamen Dota 2 paling bergengsi, The International di 2019.

Johan Sundstein membawa timnya menjadi tim Dota 2 terkuat selama dua tahun berturut-turut sejak di TI8 dan T19. N0tail memiliki reputasi yang sangat baik sebagai pro player Dota 2 bahkan sejak dirinya bermain dengan Team Secret. Menempati top tier pro player, tak heran jika Johan Sundstein menjadi pemain paling mahal di dunia.

. . .

Di Indonesia cabang esports game PC kurang banyak peminatnya. Sebaliknya, justru secara global para pro player dari game PC mendapatkan penghasilan yang fantastis, seperti Dota 2, CS:GO, League of Legends, dan sebagainya.

Temukan berita menarik lainnya mengenai game dan esports hanya di INDOESPORTS agar kalian tetap stay update!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar