Jangan Bingung! Ketahui 5 Perbedaan MDL dan MPL yang Paling Umum

Perbedaan MDL dan MPL

Mobile Legends Developmental League (MDL) dan Mobile Legends Premier League (MPL) adalah turnamen resmi dari Moonton untuk menciptakan ekosistem esports yang ideal. Kedua turnamen Mobile Legends ini sama-sama dicintai oleh penggemar esports Indonesia. Akan tetapi, masih banyak Sobat Gamers yang enggak bisa melihat perbedaan MDL dan MPL.

Sebenarnya, enggak sulit membedakan kedua event Mobile Legends ini. Perbedaannya pun bisa kalian temukan dengan jelas.

Biar lebih jelas, berikut ini akan kami jabarkan beberapa perbedaan MDL dan MPL yang paling mencolok. Simak ya!

1. Beda 'Kasta'

Perbedaan MDL dan MPL  logo

Perbedaan MDL dan MPL yang paling utama pertama terletak pada kelasnya. Mobile Legends Premier League (MPL) adalah turnamen kasta pertama yang diikuti oleh tim profesional. Tim dan pemain pro yang tampil di sini sudah punya nama dan dikenal oleh pencinta esports Indonesia.

Sedangkan, Mobile Legends Developmental League yang biasa kita sebut MDL adalah kasta kedua setelah turnamen utama. Dikategorikan sebagai kelas semi-pro, turnamen ini berisi pemain-pemain dan tim yang pengen naik kasta ke MPL.

Bukan berarti MDL enggak penting ya, Sobat Gamers! Meski kelasnya berbeda, popularitas dua turnamen Mobile Legends ini bisa dibilang bersaing. Enggak sedikit penggemar yang malah menantikan kompetisi MDL karena banyak wajah baru yang tampil di turnamen kasta kedua ini.

2. Jumlah Season MPL dan MDL

Satu lagi perbedaan MDL dan MPL yang paling kentara adalah jumlah musimnya. Biar lebih mudah dipahami, anggaplah jumlah season ini usia dari turnamennya, Sobat Gamers. Di awal 2021, turnamen MPL sudah memasuki Season 7, sedangkan MDL masih di Season 3.

Season MPL jauh lebih banyak karena turnamen ini sudah diselenggarakan sejak Januari 2018. Kemudian turnamen MDL baru diselenggarakan sejak Januari 2020.

3. Perbandingan Hadiah MDL dan MPL

Ini Perbedaan MDL dan MPL

Berhubung MPL adalah turnamen utamanya, wajar aja jika hadiahnya lebih besar dari MDL. Tapi, kalian tahu enggak, bahwa sebenarnya perbedaannya itu jauh banget. Siap-siap terkejut ya!

Penyelenggara menyediakan hadiah sebesar 20 ribu USD untuk turnamen MDL. Jika dikonversikan ke rupiah, jumlah ini setara dengan Rp 300 juta. Kemudian, turnamen MPL menyediakan prizepool sebesar 300 ribu USD atau sama dengan Rp 4,5 miliar. Fantastis!

4. Tim Peserta MDL dan MPL

Hingga saat ini, jumlah tim peserta jadi perbedaan MDL dan MPL yang paling kelihatan. Jumlah peserta di turnamen kelas dua lebih banyak daripada turnamen utamanya. Di MDL MDL Season 3, ada 14 tim peserta sementara MPL Season 7 cuma punya delapan tim.

Meski begitu, tak menutup kemungkinan kalau suatu saat nanti perbedaan jumlah peserta ini bisa berubah ya, Sobat Gamers. Tak dimungkiri, popularitas tim juga jadi faktor pembeda. Walau jumlah pesertanya lebih sedikit, tim MPL jauh lebih dikenal dibanding peserta MDL.

Kalangan awam yang tak begitu mengikuti perkembangan esports pun lebih familier mendengar nama EVOS atau RRQ dibandingkan tim yang baru ikutan MDL.

5. Perbedaan Sistem MDL dan MPL

Perbedaan MDL dan MPL peserta dan tim

Sistem turnamen dan peraturan dua turnamen Mobile Legends ini sebenarnya enggak jauh berbeda. Jika kalian enggak teliti, mungkin Sobat Gamers juga bakal luput dari perbedaan MDL dan MPL satu ini. Sistem liga Regular Season MDL terdiri dari enam minggu, sedangkan MPL punya delapan minggu Regular Season.

Selain itu, ada satu lagi perbedaan MDL dan MPL yang sudah jadi rahasia umum di komunitas Mobile Legends. Yaitu, perubahan peraturan dan sistem baru akan diuji coba ke MDL terlebih dahulu. Kalau sukses, barulah diterapkan ke MPL.

Misalnya saja sistem pick and ban enam Hero Mobile Legends yang lebih dulu diterapkan pada turnamen MDL. Karena sukses dan terbukti lebih menantang, sistem ini diterapkan juga ke turnamen utamanya.

. . . 

Meskipun berbeda, pada akhirnya dua turnamen ini saling berkesinambungan. Setiap tim dan pemain yang ingin bertanding di MPL harus training di MDL terlebih dahulu.

Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan kalian ya, Sobat Gamers! Emang enggak bisa dibedain karena dua turnamen Mobile Legends ini saling melengkapi. Tapi jika harus memilih, Sobat Gamers lebih memilih turnamen yang mana? Tinggalkan komentar kalian di kolom bawah, ya!

Temukan juga berita menarik lainnya mengenai game dan esports MDL maupun MPL cuma di website INDOESPORTS biar kalian enggak ketinggalan informasi terbaru.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar