Penggunaan Controller di Esports Mobile Legends: Bang Bang, Boleh Atau Tidak?

Penggunaan Controller di Esports Mobile Legends: Bang Bang, Boleh Atau Tidak?

Dalam eSports, game control merupakan topik yang seru. Hal ini terutama karena perkembangan game dan teknologi semakin meningkat. Kita ambil contoh saja di eSports fighting game. Di dunia eSports ini, player boleh memilih control yang paling nyaman untuk digunakan. Mulai dari Pad Controler dari Xbox dan PS4, Fight Stick, Keyboard dan bahkan control unik seperti Steering Wheel.

Topic tentang controller ini juga menjadi diskusi di eSports Mobile Legends: Bang Bang. Untuk sekarang, standard control tournament adalah standar smartphone tanpa controller apapun. Hal ini membuat banyak player merasa tidak nyaman. Kebanyakan player Mobile Legends: Bang Bang yang serius menggunakan peripheral controller untuk smartphonenya. Controller ini dapat membantu performa permainan. Tapi saat dihadapkan pada tournament serius, mereka harus melepas controller tersebut dan merasa dilemahkan.

 

Alasan Penetapan Controller

GameSir

Pada event tournament, untuk membuat adil, semua player pro diharuskan menggunakan control touchscreen. Alasan penetapan ini adalah dasar desain dari Mobile Legends: Bang Bang memang dibuat untuk dikendalikan dengan touchscreen. Jika player dibebaskan menggunakan controller lain, akan ada perbedaan performa yang muncul. Para organisir tournament tidak ingin ada rasa kecewa atau perasaan negatif saat player satu menuduh player lain memiliki keunggulan lebih karena controllernya.

Rasa kecewa dan negatif ini tentunya membuat turnamen menjadi toxic. Kamu tentu saja tahu bahwa event kompetitif yang toxic biasanya menunjukan atmosfir game tidak nyaman. Jika game sudah tidak nyaman, banyak player akan pergi.

 

Argumen Untuk Menggunakan Controller

GameSir

Di sisi lain, banyak orang menganggap penggunaan controller adalah sesuatu yang harus. Jika mereka dipisahkan dengan controllernya mereka tidak bisa bermain secara maksimal. Saat atlet tidak dapat melakukan apa yang harus dilakukan dengan baik, mereka tentu merasa dicurangi. Di eSports MOBA lain, penggunaan keyboard yang cocok dengan player selalu diperbolehkan. Player hanya perlu menyerahkan controllernya pada juri untuk diperiksa. Jika juri menilai hal tersebut lulus cek, pemain pro dapat menggunakannya di event.

Setiap pemain pro memiliki cara bermainnya sendiri. Ada pemain pro Mobile Legends: Bang Bang yang mengaku nyaman dengan touchscreen, tapi bagi pemain pro lain, mereka harus menggunakan controller untuk dapat bermain maksimal. Dalam argument ini, player yang nyaman bermain di touchscreen tentu diuntungkan.

Hal lain yang bisa dijadikan argumen adalah kondisi fisik. Contoh saja ada pemain yang tangannya mudah berkeringat saat bermain. Jika ia memaksakan bermain dengan touch screen, sensitivity controller-nya akan terganggu saat main. Jika hal ini terjadi, apakah pemain tersebut tidak bisa jadi pemain pro?

Membatasi pemain yang bisa main hanya dengan aturan controller ini dirasa sangat merugikan bagi perkembangan eSports Mobile Legends: Bang Bang. Memang sudah ada beberapa tournament mengizinkan playernya membawa controller sendiri, walaupun begitu hal ini masih sedikit dan di event yang kecil. Tapi bagaimanapun keputusan masih ada di penyelenggara tournament.

Bagaimana menurut kalian? Apakah penggunaan controller harusnya diperbolehkan atau para pemain pro harus dapat beradaptasi dengan aturan yang diberikan? Kita tunggu saja perkembangan soal ini kedepannya.

 


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar