tips mlbb mobile legends guide early game

Mobile Legends Guide 2020, Hal yang Pantang Dilakukan di Early Game

Melengkapi seri Mobile Legends Guide 2020, berikut ini adalah petunjuk mengenai awal permainan dan hal-hal yang pantang dilakukan di early game. Early game artinya momen permulaan sejak game dimulai. Durasinya hanya berkisar dua menit di awal pertandingan. Momen ini sangatlah penting dan menjadi faktor penentu kemenangan tim.

Prinsip dalam permainan game MOBA adalah kalian harus mengembangkan hero yang kalian gunakan secepat mungkin agar bisa mendominasi pertandingan. Semakin kuat Hero dalam tim, semakin besar peluang untuk menang.

Agar Hero bisa berkembang dan menjadi kuat, Sobat Gamers harus mengumpulkan exp dan gold sebanyak mungkin untuk segera melengkapi item. Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan gold dan exp dengan cepat. Perhatikan petunjuk Farming Guide jika kalian ingin mempelajari dasar dan titik-titik strategi farming.

Paling penting, kalian harus bertindak sesuai dengan role dan Hero Mobile Legends yang kalian gunakan. Perhatikan timing dan bangun kerja sama bersama rekan setim. Jangan sampai kalian melakukan kesalahan-kesalahan seperti di bawah ini ya!

 

1.     Terbunuh

tips mlbb mobile legends guide kill

Salah satu kerugian yang paling fatal di early game adalah mati terbunuh. Meski durasi untuk hidup kembali di early game jauh lebih cepat dibanding saat puncak pertandingan, tetap saja hal ini sangat merugikan.

Jika terbunuh oleh musuh, turret, atau monster, Sobat Gamers akan kehilangan detik-detik berharga. Perkembangan Hero kalian akan berhenti, sedangkan pemain lainnya sudah mencapai level berikutnya.

Jadi, Sobat Gamers harus menghindari kematian di early game. Usahakan untuk menghindari pertarungan yang tidak setimpal. Juga, jangan terlalu bernafsu untuk membunuh lawan. Jika terjebak, bisa saja kalian yang akan mati terbunuh. Perhatikan timing dan posisi kalian, ya!

 

2.     AFK

tips mlbb mobile legends guide afk

Bukan hanya fatal, AFK di tengah pertandingan sangatlah pantang dilakukan. Hilangnya satu pemain sangat berpengaruh besar pada tim. Mental tim akan sangat terganggu jika ada orang yang AFK.

AFK adalah singkatan dari away from keyboard. Kondisi ini menunjukkan situasi ketika pemain tiba-tiba meninggalkan permainan (disconnected). Jika AFK, Sobat Gamers akan tertinggal jauh dari pemain-pemain lainnya. Waktu berharga yang digunakan untuk mengumpulkan exp dan gold lewat begitu saja.

Kalian juga akan mendapatkan sanksi dari Moonton, loh, sebab AFK adalah salah satu perilaku pemain yang dikecam. Itulah sebabnya Sobat Gamers harus mengecek kestabilan internet terlebih dahulu sebelum mulai bertanding.

Jangan memaksakan diri bermain di kala jaringan internet sedang buruk. Kalian tak hanya merugikan orang lain, tapi juga diri sendiri.

 

3.     Rebutan Farming

tips mlbb mobile legends guide farming

Farming sangat disarankan untuk early game karena bisa menambahkan exp dan gold. Ini bisa dilakukan sendiri ataupun bersama teman satu tim, namun jangan sampai sembrono.

Ada banyak metode, monster, serta area farming yang sebaiknya kalian pahami. Beberapa monster sering kali dijadikan objek perebutan. Misalnya, farming buff bisa saja memicu perdebatan dalam tim, terutama jika Sobat Gamers pemain solo yang bermain secara acak.

Minimalisasi konflik dengan rekan satu tim dan pahamilah kebutuhan masing-masing. Sobat Gamers juga tidak dilarang untuk melakukan farming di area musuh. Namun, kalian harus tetap berhati-hati. Jika terbunuh, kalian akan sangat dirugikan.

 

4.     War di Early Game

tips mlbb mobile legends guide ganking

War di early game sesungguhnya tidak disarankan, terutama jika kalian ada di posisi tak seimbang. Lain cerita jika musuh sedang terpojok dan sangat memungkinkan untuk ‘diciduk’.

Pada awal pertandingan, Hero belum dibekali dengan item dan skill yang mumpuni. Jadi, usahakan kalian tidak memulai perang di awal pertandingan. Kalau terbunuh di awal, kalian akan tertinggal cepat dari lawan.

Jika pihak lawan memulai war, usahakan tim kalian tidak terpancing dan mundur teratur. Jaga jarak sambil perhatikan sekitar. Sobat Gamers harus selalu memperhatikan map untuk melihat rekan tim kalian yang sedang membutuhkan bantuan.

 

5.     Terlalu Banyak Recall

tips mlbb mobile legends guide recall

Recall dilakukan agar Hero kembali ke base untuk mengisi HP dan mana. Tak masalah jika Sobat Gamers melakukannya sesekali. Namun, sebaiknya kalian tidak pulang ke kandang terlalu sering di early game.

Waktu yang dipakai untuk mengaktifkan fitur Recall dan perjalanan kembali menuju offlane tidaklah singkat. Jangan sampai kalian menghabiskan waktu di jalan sementara pemain lain sudah naik level.

Memang, ada beberapa Hero yang sangat boros mana meski HP-nya cenderung lebih stabil. Jadi, jika menggunakan Hero tipe seperti itu, kalian harus mengukur-ukur penggunaan skill.

 

Cara Mengatasi Kesalahan Fatal di Early Game Mobile Legends

tips mlbb mobile legends guide war

Menghindari musuh yang sama memang sulit, apalagi jika kalian bertemu di jalur yang sama. Ada saatnya Sobat Gamers bertemu dengan lawan yang memang kuat. Nah, supaya momen early game kalian tidak terbuang sia-sia, coba lakukan ini:

  1. Jika kalian sudah telanjur terbunuh oleh musuh, sebisa mungkin hindari pertarungan. Musuh yang membunuh kalian akan naik level lebih cepat dan damage-nya akan lebih sakit.
  2. Masih terbunuh oleh musuh yang sama? Ajaklah satu rekan tim untuk mendampingi (support) kalian. Kalau kalian tetap ingin bermain solo, mintalah rekan satu tim kalian untuk bertukar lane.
  3. Tidak ada ampun bagi pemain yang AFK. Jika kalian telanjur bermain dengan internet yang tak stabil, segera cari alternatif secepat mungkin untuk login kembali ke dalam permainan.
  4. Agar tidak berebutan buff, kalian dan anggota tim harus saling sepakat. Harus ada yang mau mengalah sebab kerja sama tim sangat dituntut dalam permainan game MOBA.
  5. Minimalisasi recall sebisa mungkin. Gunakan item yang mampu meregenerasi mana (mana regen) dengan cepat agar Hero yang kalian gunakan bisa melakukan rotasi dengan bebas.

 

Nah, Sobat Gamers, kesalahan apa yang paling sering kalian lakukan di early game saat bermain Mobile Legends? Semoga tips di atas bisa membantu kalian untuk menjadi pemain yang lebih jago, ya.

Ikuti terus tips dan informasi menarik mengenai Mobile Legends hanya di INDOESPORTS, ya. Kalau kalian butuh tips Mobile Legends lainnya, silakan tulis di kolom komentar!


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Mau diskusi lebih lanjut mengenai game MLBB? Ayo gabung dengan Komunitas MLBB dengan cara join di group facebook MOBILE LEGENDS ID.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar