Mobile Legends di SEA Games 2019: Berikutnya, Asian Games 2022?

moblie_legend_seagames

Indoesports.com 22 Feb 2019 - Anda barangkali sudah mendengar kabar bahwa Mobile Legends telah resmi jadi salah satu cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada gelaran SEA Games 2019 nanti. Total, terdapat enam judul gim esports yang akan dipertandingkan di dalam kompetisi olahraga terbesar Asia Tenggara, mulai dari mobile, konsol, dan PC.

Walaupun telah resmi jadi salah satu gim yang bakal dipertandingkan, masih belum ada informasi lanjutan soal persiapan Mobile Legends dari Moonton di SEA Games 2019 nanti. Meski demikian, pihak Moonton lewat Esports Manager-nya, Lius Andre, mengungkapkan bahwa akan ada kejutan yang muncul dan telah dipersiapkan oleh mereka. Yang jelas, pihak Moonton sangat antusias karena telah dipercaya oleh penyelenggara SEA Games.

Kepopuleran Mobile Legends tak pelak menjadi salah satu alasan utama mengapa gim ini jadi salah satu yang dipertandingkan pada ajang SEA Games 2019 nanti. Di beberapa negara Asia Tenggara, gim ini menjadi nomor satu, termasuk Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Myanmar.

Dengan diresmikannya gim mobile ini sebagai salah satu cabor yang dipertandingkan di SEA Games 2019, pihak Moonton pun semakin optimis bahwa kemungkinan bagi Mobile Legends untuk dipertandingkan di kompetisi olahraga yang lebih tinggi makin lebar. Bahkan, bisa jadi sampai di tingkat dunia.

Sebagai tambahan informasi, esports sekarang masuk ke dalam kategori dari daftar acara olahraga SEA Games yang diusulkan oleh PHISGOC, atau Komite Penyelenggara SEA Games Filipina. Sebagai cabor baru, esports sekarang bersanding dengan cabor lain yang sudah resmi dinyatakan akan dipertandingkan lebih dulu, seperti floorball, jiu-jitsu, arnis, lawn bowling atau petanque, kickboxing, netball, sambo atau vovinam, underwater hockey, obstacle course, serta wakeboarding.

Mobile Legends di Asian Games 2022, Gosip atau Fakta?

Setelah resmi dinyatakan sebagai salah satu cabor yang dipertandingkan pada SEA Games 2019 nanti, kabar terkini yang beredar adalah bahwa Mobile Legends akan dipertandingkan pula pada ajang Asian Games 2022 yang akan dilaksanakan di Hangzhou, Tingkok nanti. Nah, apakah kabar tersebut benar alias fakta, atau masih sekadar isapan jempol belaka? Kabar ini makin santer tersiar, apalagi setelah gim ini disebut-sebut akan menjalani pertandingan eksibisi pada gelaran Olimpiade Paris 2024 nanti.

Eddy Lim, yang menjabat sebagai Ketua Umum IeSPA (Indonesia esport Association, langsung menepis kabar tersebut. Menurut penuturannya, hal tersebut masih belum pasti lantaran waktu penyelenggaraan yang masih lama. Di samping itu, Eddy Lim juga berargumen bahwa keputusan tersebut sepenuhnya bergantung pada bagaimana Mobile Legends berkembang, dan pastinya dari pihak penyelenggara. Terlebih, pembahasan perihal cabor untuk gelaran Asian Games 2022 memang belum dimulai. Jadi, jangankan esports, karena cabang yang lain bahkan belum ditentukan.

Eddy pun menjelaskan bahwa pihaknya masih belum mengetahui seperti apa peluang Mobile Legends untuk berlaga di ajang pertandingan olahraga antarnegara di Asia tersebut nanti. Menurutnya, kepastiannya baru bisa diketahui setahun sebelum Asian Games dilaksanakan. Jadi, kepastiannya baru bisa diketahui tahun 2021 nanti. Di samping itu, masil belum diketahui juga apakah cabor esports, kalaupun memang akan dipertandingkan di Asian Games 2022 nanti, akan mendapat medali atau sekadar pertandingan eksibisi.

Seperti Apa Kans Tim Mobile Legends Indonesia di SEA Games 2019?

Nah, kembali lagi ke ajang SEA Games 2019 yang sudah pasti dan sudah di depan mata, seperti apa peluang time sports Mobile Legends Indonesia untuk menyabet medali – terutama emas – nantinya? Tentunya, masyarakat Indonesia yang menggilai gim ini punya optimism tinggi perihal perkara tersebut. Akan tetapi, lain halnya dengan Yudi Kurniawan, gamer profesional dengan ID: XcNKurN. Justru ia memprediksi bahwa Tim Merah Putih tidak akan mendapatkan medali emas di Manila nanti.

Hal tersebut didasarkan pada berbagai pertimbangan penting, termasuk berbagai persoalan yang perlu dibenahi agar tim Indonesia dapat berkembang dan berbenah jadi yang terbaik nantinya. Ia pun memprediksi bahwa Filipina akan jadi salah satu unggulan utama, terutama karena penyelenggaraan turnamen esports di sana yang jauh lebih rapid an terorganisasi. Sementara itu, ia menjelaskan bahwa kecenderungan para pemain Indonesia untuk berpindah-pindah tim menjadi titik lemahnya, sehingga pemain pun kurang fokus.

Kalau menurut Anda sendiri, bagaimana peluang Tim Merah Putih dalam pertandingan Mobile Legends di SEA Games 2019 nantinya?


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar