Masalah Koneksi Berulang, MPL Season 6 Revisi Aturan Pause

Masalah Koneksi Berulang, MPL Season 6 Revisi Aturan Pause (1)

Sejak pertandingan minggu ketiga MPL Season 6 berlangsung, peserta kerap kali mengalami kendala teknis. Hal ini menuai protes dari berbagai pihak, terutama dari penggemar tim esports Mobile Legends yang bertanding. Akhirnya, Moonton resmi mengubah aturan pause untuk kompetisi Mobile Legends Professional League Season 6.

 

Awal Mula Adanya Aturan Pause di MPL

Masalah Koneksi Berulang, MPL Season 6 Revisi Aturan Pause 1

Sejak terjadi pandemi di akhir 2019, MPL menyelenggarakan turnamen dengan sistem online. Pada saat itu, turnamen Mobile Legends yang paling ditunggu-tunggu pun terancam ditiadakan. 

Karena tingginya antusiasme penggemar esports Mobile Legends, Moonton pun memberikan solusi untuk mengadakan turnamen MPL secara online. Dengan kondisi, para pemain atau tim bisa bertanding dari tempat masing-masing.

Kebijakan turnamen online ini pun diterapkan sejak di MPL Season 5. Sistem turnamen online ini juga memberlakukan peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh tim. Termasuk kebijakan maksimal pause, pihak penyelenggara menetapkan peraturan pause 5 menit sejak di MPL musim ini.

MPL Season 5 berjalan tanpa ada kendala teknis di dalam game. Namun, tampaknya jalannya pertandingan MPL Season 6 tak semulus kompetisi di musim sebelumnya. Ada banyak tim yang mengalami gangguan yang berdampak fatal pada hasil pertandingan.

 

Ngelag, MPL Season 6 Diprotes

Masalah Koneksi Berulang, MPL Season 6 Revisi Aturan Pause 2

Gangguan teknis ini membuat penggemar protes, apalagi jika tim jagoannya kalah. Misalnya seperti tim EVOS Legends yang AFK dan terpaksa kalah dari ONIC Esports di pertandingan minggu ketiga. Masalahnya, gangguan teknis seperti ini tak bisa diatasi hanya dalam waktu lima menit, seturut dengan peraturan yang ditetapkan oleh Moonton.

Ternyata EVOS Legends bukanlah satu-satunya tim yang jadi korban. Sebab di hari berikutnya, tim Alter Ego juga mengalami kendala serupa. Dua pemain dari tim esports satu ini tak bisa masuk ke dalam permainan. Padahal saat itu pertandingan sedang berlangsung.

Karena waktu pause hanya diperbolehkan hanya lima menit, maka pertandingan terpaksa dilanjutkan. Tim Alter Ego mengaku bahwa saat bertanding melawan EVOS Legends hanya tiga pemain saja yang bisa bermain.

Para penggemar esports Mobile Legends tanah air mulai menduga-duga penyebab lagging ini. Asumsi sementara, masalah teknis ini terjadi karena gangguan internet. Rasanya sulit dipercaya jika di tengah turnamen kendala teknis sesepele jaringan internet bisa terjadi. Namun ada juga yang berpendapat bahwa masalah ini terjadi sejak game Mobile Legends menerima update terbaru.

 

Jadi Sorotan, Akhirnya MPL Revisi Aturan Pause 5 Menit

Masalah Koneksi Berulang, MPL Season 6 Revisi Aturan Pause

Penyebab tim-tim yang lag di saat MPL Season 6 belum diketahui dengan jelas, apakah karena permasalah jaringan internet atau karena server down. Yang pasti, suasana kompetisi di MPL Season 6 jadi sedikit kacau karena komunitas penggemar esports Mobile Legends saling tuding-menuding.

Satu sisi penonton menginginkan pertandingan yang adil. Namun di sisi lain, ada pula penggemar tak sabar dan menyalahkan tim yang AFK karena tak mempersiapkan jaringan internet yang layak menjelang turnamen. Ada juga yang menyalahkan penyelenggara karena tak mengadakan turnamen secara offline. Padahal, Moonton juga tak ingin mengambil risiko karena menyangkut kehidupan dan kesehatan banyak orang.

Menanggapi hal tersebut, akhirnya penyelenggara MPL Season 6 memutuskan untuk mengkaji ulang aturan permainan tentang durasi pause. Aturan baru ini sudah mulai diterapkan sejak minggu keempat hari kedua MPL Season 6.

Dari aturan yang diubah oleh penyelenggara MPL Season 6, pause bisa segera dilakukan saat diminta oleh tim, jika tidak ada team fight. Maksimal jeda yang diberikan adalah selama 15 menit. Lain halnya jika kendala berasal dari penyelenggara, durasi pause bisa dilakukan untuk waktu yang lebih lama.

Secara umum, hanya aturan inilah yang menerima perubahan paling menonjol. Peraturan pause ini memang harus diberlakukan demi kelangsungan jalannya pertandingan.

 

Perlu Sobat Gamers ketahui bahwa selama turnamen dilangsungkan secara online, semua pihak memiliki keterbatasan. Misalnya saja, pihak penyelenggara MPL Season 6 mengakui bahwa mereka tak bisa memeriksa koneksi dan perangkat yang mungkin menjadi sumber masalah. Namun demikian, pihak MPL berjanji akan terus mengusahakan yang terbaik demi berjalannya turnamen Mobile Legends terbesar di Indonesia ini.

Apakah MPL Season 6 minggu ini masih akan dibumbui dengan kendala-kendala teknis yang menyebabkan tertundanya pertandingan? Apakah penyelenggara maupun tim bisa bekerja sama untuk menyelesaikan masalah ini?

Atau jangan-jangan, benar jika permasalahan ini berkaitan dengan update sistem yang dilakukan oleh Moonton pada game Mobile Legends? Kita nantikan saja kelanjutannya di MPL Season 6 minggu berikutnya.

Pastikan kalian tidak ketinggalan berita terbaru mengenai game, esports Mobile Legends, dan pastinya turnamen MPL Season 6 hanya di INDOESPORTS.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar