Penjelasan Lengkap Kasus Hilangnya 22 Miliar Milik EVOS Winda Earl di Maybank

Penjelasan Lengkap Kasus Hilangnya 22 Miliar Milik EVOS Earl, Maybank, dan Hotman Paris (2)

Kasus Maybank dan hilangnya uang Winda Lunardi atau yang Sobat Gamers kenal sebagai EVOS Earl masih belum menemui ujungnya. Sebenarnya kasus ini bukan di ranah esports lagi, Sobat Gamers.

Melihat nama salah satu pro player ladies Mobile Legends di headline berita nasional tentunya bikin penggemar bertanya-tanya. Apalagi kasus ini melibatkan Maybank dan makin heboh gara-gara Hotman Paris pengacara kondang di Indonesia juga turun tangan.

Haduh, penggemar esports yang biasa baca berita kompetisi dan drama rotasi tim emang agak sulit baca hal-hal berbau hukum dan politik. Tapi banyak yang penasaran juga, apalagi fans EVOS Earl memang loyal jadi pengen tahu.

Awalnya gimana sih, sebenarnya? Gimana keberlanjutan kasus tabungan Rp 22 miliar milik EVOS Earl yang raib? Buat kalian yang penasaran, simak ya!

Bukan Drama, Uang 22 Miliar EVOS Earl Raib!

Penjelasan Lengkap Kasus Hilangnya 22 Miliar Milik EVOS Earl, Maybank, dan Hotman Paris (1)
Drama Hilangnya Uang 22 Miliar EVOS Earl 

Tak dimungkiri, beberapa dari kalian mungkin menganggap masalah ini sebagai angin lalu. Apalagi belakangan ini, esports Indonesia dengan segala dramanya sering kali melibatkan tim esports maupun pemainnya. Namun kali ini, kelihatannya kasus EVOS Earl bukan drama, Sobat Gamers.

Kasus raibnya uang Rp 22 miliar yang ditabung oleh Winda sejak 2015 di Maybank Cipulir jadi topik pembicaraan di tanah air. Penggemar esports Indonesia pastinya kaget, dong. Pertama karena nama EVOS Earl, kedua karena nominal rupiah yang hilang.

Dari pemberitaan Detik Finance, pihak Maybank Indonesia menolak untuk mengganti kehilangan tersebut karena merasa tidak terlibat. Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria justru meminta pihak berwajib menginvestigasi lebih lanjut. Enggak tanggung, Hotman Paris dijadikan pengacara untuk kasus ini.

Sampai di sini, apa Sobat Gamers paham? Atau bingung, "Lah kok, Maybank-nya juga ngelaporin sih?"

Memang, Maybank tersorot negatif karena tertuduh menghilangkan uang milik nasabah. Jumlahnya gede pula! Tapi saat ditelusuri, pihak kepolisian menetapkan Kepala Cabang Maybank Cipulir tersangka atas kasus ini.

Maybank Cipulir adalah tempat Winda membuka dan menginvestasi tabungan. Menurut keterangan dari Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono, tersangka telah menguras uang milik Winda dan diputarkan untuk mendapatkan keuntungan.

Sekilas melihat kasus ini, Sobat Gamers pasti langsung menyimpulkan bahwa sebenarnya Maybank Indonesia maupun EVOS Earl adalah korban. Winda yang ingin tabungannya dikembalikan, pihak Maybank Indonesia yang menuntut kebenaran karena tidak ingin reputasinya tercoreng.

Keputusan yang diambil oleh Winda maupun pihak Maybank sebenarnya sudah tepat, yaitu menyerahkan kasus ini ke pihak Kepolisian dan Pengadilan Negeri. Siapapun yang bersalah nantinya harus bertanggung jawab.

Jika terbukti bersalah, maka pihak Maybank lepas tangan, karena tersangkalah yang harus bertanggung jawab. Kok agak nyesek, ya? Duh, semoga saja pro player kita ini enggak merugi ya, Sobat Gamers.

Investasi Berujung Buntung

22 Miliar Milik EVOS Earl Raib di Maybank
Jadi, ke mana uang EVOS Earl yang hilang?

Kasus ini sebenarnya enggak terjadi dalam satu malam, Sobat Gamers. Runtutan kejadiannya berawal dari 2015 ketika Winda membuka tabungan di Maybank Cipulir. EVOS Earl mengaku bahwa ayahnya mengirimkan dana sebesar Rp 10 miliar ke rekeningnya.

"Tahun 2015, Papa saya kirimkan dana total 10 miliar rupiah. Kita setiap bulan dapat rekening koran, jadi kita merasa tabungan kita memang masuk ke Bank Maybank ini." terang EVOS Earl dilansir dari Kompas.

Kata Winda, pihak Maybank memang menepati janji. Misalnya, memberikan bunga tepat waktu sesuai perjanjian. Itulah sebabnya Winda percaya dan terus menabung di bank ini. Bahkan, ibunya pun dibuatkan rekening juga di Maybank Cipulir ini.

Sobat Gamers pasti tahu, selain jadi pro player EVOS Earl juga aktif melakukan siaran. Aliran dana ke rekeningnya pasti enggak sedikit juga, kan.

Sayangnya, awal 2020 Winda mau narik tabungannya. Eh, malah saldo enggak cukup. Enggak cuma itu, waktu dicek, teller bank bilang bahwa saldo rekening Winda cuma Rp 600 ribu!

Nah, nyesek enggak tuh?

Padahal jika ditotal nih, Winda mengaku harusnya tabungan mencapai Rp 22 miliar. Kasus kehilangan ini pun dilaporkan ke pihak kepolisian dan berlanjut ke pengadilan.

Keanehan Kasus Menurut Hotman Paris

EVOS Earl WInda, tank andal tim ladies
Ada kejanggalan dari pihak EVOS Earl?

Tulisan berita dari Kompas, kuasa hukum Maybank, Hotman Paris memaparkan beberapa kejanggalan pada kasus tabungan EVOS Earl ini, Sobat Gamers. Pertama, pengacara kondang ini mengatakan bahwa buku tabungan dan ATM enggak dipegang nasabah, tapi justru si Kepala Cabang yang jadi tersangka.

Emang sih, udah bukan tabungan dari 2015. Tapi, kalian ngerasa aneh enggak sih, Sobat Gamers? Apalagi nominal yang disimpan di rekening enggak dikit!

Hotman Paris justru mencurigai karena selama ini tidak ada komplain dari pihak Winda. Apalagi setelah ditelusuri lagi, ayah Winda juga terlibat atas perputaran uang di rekeningnya itu. Soalnya, ada juga dana yang mengalir ke rekening ayahnya.

Fakta ini muncul ketika Head of Financial Crime Compliance and National Anti-Fraud Maybank Indonesia, Nehemia Andiko memaparkan analisanya. Sejumlah dana masuk ke rekening sang ayah, Herman Lunardi.

Ketiga, bunga tabungan yang dijanjikan oleh Maybank memang masuk ke rekeningnya. Tapi bunga enggak dikirim dari pihak Maybank Indonesia, melainkan dari rekening pribadi tersangka. Ini aja udah enggak sesuai prosedur, Sobat Gamers. Makanya, Hotman Paris ngerasa kasus hilangnya uang EVOS Earl ini janggal banget.

Apakah karena Kepala Cabang dan keluarga Winda sebenarnya udah kenal dekat, makanya percaya-percaya aja? Hmm… belum ada penjelasan lebih lanjut, sih. Tapi, mau tak mau pasti penggemar berasumsi demikian.

Apakah Uang 22M Milik EVOS Winda Earl Dikembalikan?

EVOS Earl, Maybank berterima kasih dan mohon doa dari penggemar esports Indonesia
Mari kita doakan kasus ini segera berakhir ya, Sobat Gamers! 

Inilah pertanyaan yang paling banyak dipikirkan penggemar. Apalagi keanehan yang dipaparkan oleh Hotman Paris pasti bikin Sobat Gamers mikir-mikir lagi. EVOS Earl menegaskan bahwa jenis tabungan yang ditawarkan sejak awal adalah tabungan rekening koran.

Itulah sebabnya dia tak memegang buku tabungan dan ATM. Sebagai gantinya, Winda mendapat laporan tiap bulannya. Menurutnya ini tidak aneh karena sama saja seperti tabungan rekeningnya di bank lain.

Kuasa hukum Maybank Indonesia tidak ingin menuduh adanya keterlibatan pemilik rekening. Tapi Hotman Paris juga mengatakan bahwa pihak Maybank enggak bisa langsung mengganti Rp 22 miliar begitu saja tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Hingga saat ini kasus kehilangan EVOS Earl masih diselidiki.

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan juga menjamin tabungan Rp 22 miliar milik Winda bakal dikembalikan jika dirinya terbukti tidak bersalah dan memang ada kesalahan pada sistem keamanan Maybank Indonesia. Kita belum tahu gimana kelanjutannya nih, Sobat Gamers. Nunggu aja, gimana hukum di Indonesia bekerja.

Kuasa hukum Maybank juga tampaknya cukup agresif-santuy menanggapi kasus ini. Setelah menantang pihak Winda berdebat secara terbuka di TV Nasional, Hotman Paris juga menawarkan undangan ngobrol santuy sambil ngopi di kafe.

Mau enggak mau, kasus ini juga bikin para pelaku dan penggemar esports ikut berkomentar. Banyak yang berpihak pada EVOS Earl sebagai pihak yang dirugikan dari kejadian ini. Salah satunya adalah komentar pedas dari Yurino ‘Donkey’.

“Intinya mau berbunga enggak berbunga emang ada niat penipuan dari oknum. Jadi yang namanya penipuan pasti banyak kejanggalan. Tapi bank sebagai wadah bisa melindungi dana nasabah dengan otorisasi.” Komentar dari Donkey di kolom postingan Hotman Paris ini mendapat interaksi yang sangat banyak.

Selain itu, banyak penggemar penggemar esports Indonesia yang memberikan komentar atas masalah ini. memang bukan kabar esports lagi nih, Sobat Gamers. Tapi banyak yang bersimpati dan mendukung EVOS Earl.

  • “Ngajak debat biar bisa counter attack suw… Mending langsung pengadilan sama penyidik aja yang ngurus, debat menggiring opini masyarakat, yang salah bisa jadi benar.” - @fadil_fajriy
  • “Maybank sih, diuji kepercayaan publiknya. Kalau Maybank mau ngakuin kesalahannya dan ganti rugi, paling Maybank rugi sebentar tapi bakal normal lagi. Tetapi kalau Maybank masih ngotot, ya sudah game over.” - @chris.ima007
  • “Kasian Earl-nya, intinya uangnya mana kan, malah diputar-putar.” - @anggri997a
  • “Bang Hotman mah cari sensasi aja, ngapain coba minta live di TV Nasional. Yang enggak-enggak aja,” - @alvinjovanda
  • “Jangan mau sih, kalau diajak debat. Bisa kena penggiringan opini. Selesaikan aja di pengadilan.” - @dodyzaka21
  • “Susah lawan hyper Hotman.” - @spark.ee

Kenapa diajak debat di TV Nasional ya? Apa jangan-jangan nih, Hotman Paris pengen cek ombak massa esports segede apa? Eh...

Semoga kasus pro player ladies ini bisa segera diselesaikan dengan adil ya, Sobat Gamers. Kalau kalian pengen tahu ada kabar dan isu apa lagi tentang esports Indonesia, ikuti terus website INDOESPORTS.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar