Biar Makin Asyik, Begini Cara Main Mobile Legends di Android TV Box

Cara Main Mobile Legends Bang Bang Apk di Android TV Box

Bermain Mobile Legends: Bang Bang apk di layar TV memberikan pengalaman unik yang tak biasa. Tampilan gameplay jadi lebih luas sehingga Sobat Gamers bisa melihat segala arah dengan leluasa. Untuk mengontrolnya, kalian juga bisa menggunakan gamepad PS atau keyboard dan mouse.

Mungkin Sobat Gamers pernah melakukan mirroring Android ke TV melalui Chromecast atau Miracast? Nah, pada tutorial kali ini, kalian akan mencoba hal baru menggunakan Android TV Box. Ini memungkinkan kontrol yang lebih mudah karena tidak perlu menjalankan game MLBB dari HP kalian.

Bermain Mobile Legends Bang Bang di TV

Cara Main Mobile Legends Apk di Android TV Box

Ini mirip seperti bermain menggunakan emulator Mobile Legends PC. Hanya saja, emulator tersebut berbentuk STB Android yang berfungsi mengubah TV biasa menjadi Smart TV. 

Nah, sebelum ke tahap cara pemasangannya, pastikan kalian sudah memiliki apa saja yang dibutuhkan, yaitu:

  • TV dengan port HDMI,
  • set Android TV Box lengkap, 
  • gamepad PlayStation dan konverter,
  • keyboard USB (opsional),
  • mouse USB,
  • koneksi internet minimal 10 MBps.

Apabila tidak tersedia port HDMI di TV, pastikan TV Box yang kalian beli support kabel RCA.

Selanjutnya, simak tata cara pemasangan Mobile Legends Bang Bang Apk di Android TV Box di bawah ini.

Cara Pasang Mobile Legends di TV Box

Cara Main MLBB Apk di Android TV Box

Enggak semua Android TV Box punya akses ke Google Play Store untuk memasang aplikasi. Jadi, gunakan sumber pihak ketiga alternatif untuk download MLBB 2.0 apk seperti ApkPure atau Aptoide TV. 

Aplikasi lain yang juga perlu dipasang adalah Octopus. Nantinya, gamepad atau keyboard kalian akan diatur oleh aplikasi ini. Octopus menawarkan beberapa pengaturan tombol otomatis untuk game populer seperti MLBB. 

Adapun untuk memainkan Mobile Legends Bang Bang di Android TV, caranya sebagai berikut.

  • pasang mouse USB dan gamepad (menggunakan konverter) atau keyboard,
  • jalankan aplikasi Octopus di TV Box kalian,
  • jika gamepad, mouse, dan keyboard terhubung, akan muncul pemberitahuan di bagian atas,
  • pilih ikon game Mobile Legends dari Octopus,
  • buka game dan tunggu sampai berjalan otomatis.

Di dalam game, kalian bisa melihat petunjuk tombol gamepad untuk memainkan Mobile Legends. Supaya lebih mudah, sebaiknya gunakan mouse saat melakukan pengaturan di lobby. Gamepad lebih cocok digunakan ketika Sobat Gamers memasuki pertandingan.

Supaya nyaman, kalian juga bisa mengatur ulang tata letak tombol Octopus secara manual.

Masalah yang Sering Terjadi

Mobile Legends Bang Bang Android TV Box

Referensi ini tentu bukan cara resmi memainkan Mobile Legends, sama seperti ketika kalian memainkannya di PC. Wajar kalau beberapa orang mungkin mengalami masalah sehingga game tidak bisa dimainkan di TV.

Beberapa masalah yang sering terjadi terkait tutorial ini di antaranya:

1. Game Ngelag Parah

Biasanya ini terjadi pada TV Box yang spesifikasinya rendah dan memang tidak cocok untuk aktivitas gaming. Solusinya adalah pilih Android TV Box dengan minimal RAM 2 GB.

Selain itu, pastikan Sobat Gamers memiliki koneksi internet cukup kencang dan stabil di rumah dengan kecepatan minimal 10 Mbps.

2. Gamepad Tidak Terhubung

Seperti dikatakan tadi, ada beberapa merek gamepad memang tidak dapat dibaca oleh TV Box tertentu. Itulah alasannya mengapa kalian disarankan memakai stik PS dengan konverter atau gunakan keyboard.

Beberapa Android TV Box keluaran lama juga belum didukung fitur Bluetooth. Jadi, jika ingin menggunakan gamepad wireless, jangan lupa pasang Bluetooth dongle dulu di TV Box.

3. Tombol Tidak Bekerja

Artinya, penyesuaian tombol (key mapping) harus dilakukan secara manual melalui aplikasi Octopus. Tekan ikon di sudut kiri layar saat game dibuka untuk mengubah tata letak dan fungsi tombol.

. . .

Sobat Gamers pasti penasaran apakah cara ini juga cocok dengan cara download Mobile Legends mod apk. Namun, karena mod apk umumnya dibuat untuk mobile, bisa jadi malah akan terjadi error saat dijalankan di TV Box. Sebaiknya, pilih apk asli meski didapat dari sumber pihak ketiga.

Meski begitu, peluang keberhasilan memainkan Mobile Legends Bang Bang apk di Android TV Box enggak selalu 100 persen karena perangkat kalian mungkin enggak kompatibel.

Cuma ya, enggak ada salahnya mencoba. Soalnya, ini akan jadi alternatif yang menyenangkan untuk mengisi waktu kosong di rumah.

Ikuti INDOESPORTS untuk gaming tips Mobile Legends lainnya biar main makin asyik!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar