Bagaimana Sebuah Game Mobile Bisa Menjadi Esports?

Bagaimana Sebuah Game Mobile Bisa Menjadi Esports?

Di era teknologi dan mobile sekarang ini, semakin banyak orang menjadi gamer tapi melalui smartphone-nya. Di platform mobile sekarang ini memang sudah lebih banyak game berkualitas. Bahkan beberapa game sangat menarik untuk dimainkan sampai beberapa port ke konsol dan PC muncul.

Hal yang menarik untuk dibahas sekarang adalah memasukan game eSports ke ranah mobile gaming. Game eSports biasanya terlalu serius untuk pasar game mobile yang mementingkan casual. Persepsi pasar mobile hanya untuk casual sebenarnya sudah mulai bergeser. Banyak orang menyukai game mobile bukan karena game tersebut casual, tapi karena tidak banyak game yang menyediakan pengalaman kompetitif serius.

Bukti bahwa para gamer mobile bisa menerima game eSports, kita bisa lihat game kompetitif seperti Mobile Legends: Bang Bang. Game ini dibangun sebagai MOBA kompetitif yang dapat dimainkan di mana saja. Sekarang bisa kita lihat hasilnya, Mobile Legends: Bang Bang tergolong game terbesar di lingkup mobile. Bagaimana game ini mencapai hal ini? Mari kita lihat beberapa faktor yang mempengaruhinya.

 

1 Menyenangkan Untuk Dimainkan

Kaja

Faktor yang sangat penting dan tidak dipisahkan dari game adalah kemampuannya untuk menghibur. Dalam hal game eSports, game harus mampu memberi tantangan bagi player-nya dan saat si player memenangkan tantangan tersebut ia akan diisi dengan rasa bangga, senang dan puas. Jika game gagal memberikan rasa menghibur ini, kepopuleran game bisa merosot.

Game yang tidak populer tidak memiliki potensi untuk menjadi eSports. Tanpa adanya audience dan player, tidak akan mungkin ada sponsor yang mau berinvestasi di event ataupun tournament. Tapi di sisi lain, game yang berupa kompetitif tapi bukan eSports, bisa menjadi game eSports hanya karena popularitasnya.

 

2 Memang Didesain Sebagai Game Kompetitif

Gatotkaca

Game yang bisa menjadi eSports adalah game yang kompetitif. Game tersebut harus membenturkan kemampuan satu player dengan player lainnya. Dalam Mobile Legends: Bang Bang, hal yang dibenturkan adalah kemampuan tim dan bukan kemampuan individu. Hal ini tentunya lebih kompleks, tapi selama developer mendesain hal ini dengan baik, game mobile-pun bisa berkembang jadi eSports yang besar.

 

3 Dukungan Untuk Sisi eSports

Alpha

Pihak Moonton tahu bahwa gamenya tidak akan mencapai kepopuleran seperti sekarang sebagai eSports tanpa adanya tekanan untuk mendorong sisi eSports. Sejak awal game diluncurkan Moonton sudah mengumumkan bahwa game ini akan dilengkapi dengan banyak turnamen dan kompetisi. Event eSports ini tentu disertai dengan reward yang menarik. Hal ini penting untuk menarik para player pro yang ingin bertanding, memenangkan hadiah dan mendapatkan prestise menjadi terkenal. Jumlah hadiah yang besar juga jadi salah satu pendukung game ini masih menjadi eSports besar walau dalam platform mobile.

Bagaimana? Apakah kamu sekarang mengerti bagaimana game mobile bisa sukses menjadi game eSports besar? Mobile Legends: Bang Bang adalah salah satu game eSports mobile yang sukses, mudah-mudahan makin banyak game yang mengikuti legacy ini.

Berikan pendapatmu.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar