Bagaimana Mobile Legends: Bang Bang Menjadi eSports?

Bagaimana Mobile Legends: Bang Bang Menjadi eSports?

Pada saat perkembangan trend mobile game, tidak ada yang menyangka bahwa platform yang dikatakan untuk game casual ini dapat menampung eSports. Sebetulnya game di mobile platform sudah cukup banyak yang berupa game kompetitif tapi tidak ada yang melihat potensialnya sebagai eSports. Sampai akhirnya datanglah Mobile Legends: Bang Bang yang pada awal kemunculannya sudah ditujukan sebagai game eSports untuk mobile.

 

Faktor Pendukung Kemunculan eSports di Mobile

Moonton

Tidak ada yang tahu bagaimana pihak Moonton memutuskan untuk membuat game eSports dari awal, tapi beberapa diskusi dan rumor banyak membahas hal ini. Hal yang paling banyak dibahas adalah potensi eSport di mobile platform. Pada awalnya game yang populer di area ini hanyalah puzzle dan gacha game tapi seiring perkembangan waktu, RPG, strategy, dan action masuk ke area ini. Perkembangan ini memunculkan ruang untuk konten PVP.

Hal yang paling mengguncang mobile game di area kompetitif adalah Hearthstone. Game yang berupa digital card game ini mampu membawa game besar buatan Blizzard ke pasar mobile. Sebagai game buatan Blizzard, tentu game ini memiliki sisi eSports. Karena gamenya sama antara yang di PC dan di mobile, banyak orang bisa bertanding dan mengadakan turnamen antar platform.

Kompetisi mobile ini akhirnya makin bekembang dan disusul oleh banyak game lain. Karena Hearthstone membuktikan adanya pasar untuk game dengan kompetisi serius, banyak developer memutar otak untuk memanfaatkannya dengan lebih baik. Nah di sisi lain perkembangan teknologi membuat game di mobile bisa makin kompleks dan advance. Adanya faktor keinginan pasar dan teknologi membuat Moonton mengambil kesempatan.

 

Mengambil Kesempatan

Moonton

Di area mobile, game seperti MOBA belum banyak populer. Moonton dengan memanfaatkan tema dan grafis yang familiar dengan game MOBA di PC menarik banyak player. Control yang mudah juga membuat skill para pilot hero lebih mudah di translasi. Banyak orang awalnya skeptis bahwa MOBA bisa dimainkan dengan touch screen, tapi ternyata hal ini masih memungkinkan.

Akhirnya dengan bentuk simple control MOBA ini, Moonton menawarkan ke pasar bahwa game ini akan memiliki sisi eSport. Para pemain kompetitif tentunya tertarik dengan hal ini. Walaupun tidak begitu populer di area barat (Eropa dan North Amerika) eSports Mobile Legends: Bang Bang cukup subur di kalangan Asia.

Pasar Tiongkok, Korea, Jepang dan ASEAN adalah pasar yang paling sukses menyerap Mobile Legends: Bang Bang. Sekarang masih banyak pertandingan eSports Mobile Legends: Bang Bang yang diadakan di banyak tempat. Walaupun event tidak sebesar DoTA 2 TI ataupun League of Legends World Championship, event eSports game ini masih cukup signifikan. Semua event kecil ini juga memiliki hadiah uang dan didukung oleh pihak Moonton.

Jika kamu tertarik mengikuti event eSports Mobile Legends: Bang Bang, cari tempat pertandingan di area sekitarmu dengan melihatnya di sini. Mudah-mudahan info ini dapat mendukung impianmu jadi atlet eSport Mobile Legends: Bang Bang yang sukses! Good Luck!

 


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar