Seremoni Kick Off Piala Presiden Esports 2020

Rangkaian Kick Off Piala Presiden 2020 Resmi Dimulai


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Kick Off Piala Presiden 2020 telah resmi dimulai pada hari Minggu, tanggal 13 Oktober 2019 lalu. Ini merupakan kali keduanya Piala Presiden diselenggarakan sejak debutnya. Jika di tayang perdana Piala Presiden Esports hanya diikuti oleh atlet-atlet esports Indonesia, kali ini turnamen diikuti oleh atlet esports dari berbagai negara di ASEAN seperti: Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina dan Kamboja. Peresmian ini turut membuka babak kualifikasi, tak hanya di ranah nasional namun juga di negara-negara regional ASEAN.

Menerima banyak respon positif dan antusiasme dari para sobat gamers, turnamen yang konon dinobatkan sebagai turnamen esports terbesar di Indonesia ini kembali diselenggarakan dengan skala yang lebih besar. Upacara peresmian berlokasi di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Acara ini yang diselenggarakan bersamaan dengan Grand Final Turnamen Free Fire Indonesia Masters Season 2 turut dihadiri oleh berbagai tokoh penting di dunia pemerintahan dan di dunia esports.

Para atlet esports bertanding di Grand Final Free Fire Indonesia Masters Season 2Piala Presiden 2020

Piala Presiden 2020 adalah acara yang didukung penuh oleh pemerintah. Dukungan langsung didapatkan dari Kantor Staf Presiden (KSP) Kementrian Pemuda dan Olahraga, Badan Ekonomi Kreatif dan Kementrian Komunikasi dan Informatika. Hal ini menunjukkan support nyata dari pemerintahan terhadap perkembangan esports Indonesia.

Jendral TNI (Purn) Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan pun menyatakan antusiasmenya terhadap perkembangan esports di tanah air. Beliau menyatakan bahwa keikutsertaan tim-tim dari berbagai negara di ASEAN ini menunjukkan optimisme akan besarnya potensi atlet esports Indonesia yang pasti mampu bersaing hingga ke tingkatan internasional.

Press Conference Kick Off Piala Presiden Esports 2020Piala Presiden 2020
 

Game yang akan dipertandingkan di Piala Presiden 2020 adalah Free Fire, eFootball PES 2020 dan yang terakhir adalah satu game Mobile Premier League nasional yang masih dikurasi oleh Dewan Kurasi Game Nasional. Saat ini sudah ada 5 game nasional yang lolos tahap kurasi pertama, yaitu: Battle Of Satria Dewa, eSports Manager, Lokapala, Pirate Mobile War, Ultra Space Battle Brawl.

Kualifikasi penilaian kelayakan game yang akan dinilai oleh para kurator game adalah: game harus dikembangkan oleh developer Indonesia. Game harus orisinil hingga keseluruhan elemen game yang digarap oleh lokal. Kemudian game harus memenuhi unsur game esports yang kompetitif, serta bisa dimainkan (playable).

Jika lolos tahap kurasi kedua maka salah satu dari lima game tersebut akan ikut dipertandingkan di Piala Presiden 2020. Tujuan utama game nasional ikut dipertandingkan adalah untuk memicu pertumbuhan industri game asli Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksana PPE 2020 Giring GaneshaPiala Presiden 2020

Respon masyarakat terhadap esports ini turut memicu para sponsor untuk mendukung industri ini. Giring Ganesha sebagai kedua FEI (Federasi Esports Indonesia) sekaligus sebagai Ketua Pelaksana Piala Presiden 2020 berharap agar Indonesia dapat unjuk gigi di ranah internasional melalui esports. Tentunya ini bisa dicapai dengan dukungan terhadap perkembangan esports dan atlet esports Indonesia dari berbagai pihak.

Memang tidak dipungkiri sobat gamers, esports merupakan salah satu bidang yang paling banyak diminati dan menjadi industri yang paling cepat berkembang di beberapa tahun terakhir. Setiap saat dari berbagai turnamen selalu bermunculan bibit-bibit unggul atlet esports muda Indonesia. Nah sobat gamers, apa tertarik menjadi atlet esports? Ayo kita tunjukkan dukungan terhadap tim-tim yang akan berkompetisi di Piala Presiden 2020 ini.


Mau diskusi lebih lanjut mengenai game Free Fire? Ayo gabung dengan Komunitas Free Fire dengan cara join di group facebook FREE FIRE ID.


Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar