Grand Final Free Fire Master League 2020 stage

Virus Corona Kacaukan Jadwal Turnamen Esports Major


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Virus Corona yang muncul di tahun 2020 akan menjadi salah satu peristiwa yang bersejarah di dunia esports karena mengacaukan banyak jadwal turnamen esports. Dampaknya bahkan sangat terasa di industri esports Indonesia yang memiliki agenda besar di tahun ini. Tak hanya satu, namun banyak turnamen major yang harus dijadwalkan ulang bahkan terpaksa dibatalkan untuk mencegah penyebaran virus.

Esports memang industri yang banyak bergerak di bidang teknologi dan digital. Selama beberapa tahun terakhir esports Indonesia menerima treatment yang hampir serupa dengan olahraga-olahraga tradisional.

Grand Final Dunia Games League stage
Grand Final Dunia Games League stage

Menghadirkan penonton atau supporter di arena pertandingan dinilai mampu menambah nilai, baik itu dari segi game, penyelenggara, pemain, bahkan bagi penontonnya sendiri. Penggemar esports kian bertambah, bakat-bakat dari anak muda pun bermunculan.

Setelah berkembang pesat sejak tiga tahun terakhir, kemunculan virus corona memberikan banyak dampak yang sangat besar bagi industri esports Indonesia. Tak hanya turnamen-turnamen minor, wabah ini bahkan memberikan kendala pada turnamen major dari beberapa judul game mobile maupun game PC.

Berikut ini adalah beberapa dampak yang ditimbulkan oleh virus corona terhadap beberapa turnamen major di Indonesia, bahkan di dunia.

Relokasi Pertandingan

HearthStone Master Tour Indonesia 2020

Blizzard AKG Games telah menyiapkan event Hearthstone Master Tour Indonesia yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pemain Hearthstone dunia, khususnya pemain yang ada di Indonesia. Berbulan-bulan mematangkan persiapan untuk menyambut para pemain terbaik dari seluruh dunia.

Namun sangat disayangkan, pertengahan Februari lalu Blizzard akhirnya mengambil keputusan yang cukup berat dengan merelokasi gelaran Hearthstone Master Tour Indonesia yang awalnya akan dilaksanakan di Mulia Resort, Bali. Hearthstone Master Tour akhirnya akan dilaksanakan sesuai jadwal, yaitu 20-22 Maret 2020 di NGE Studio, Los Angeles.

Karena relokasi yang sangat mendadak ini, Blizzard Entertainment memberikan kompensasi kepada para peserta yang lolos kualifikasi dan sudah memesan tiket menuju Bali. Rasanya keputusan Blizzard sudah tepat karena segera memikirkan untuk memindahkan lokasi pertandingan, karena tepat di awal bulan Maret wabah virus corona di Indonesia semakin menjadi-jadi.

Turnamen Beralih Ke Live stream

CODM Major Series Garena Announcement

Sobat gamers pasti tidak lupa dengan grand final Free Fire Indonesia Master atau FFIM 2020 dan juga COD Mobile Major Series Season 2 yang akhirnya beralih ke siaran live streaming.

Jika melihat ke agenda awal, FFIM 2020 seharusnya digelar di Tennis Indoor Senayan dan Call of Duty Mobile Major Series seharusnya diramaikan oleh penonton di Mall Taman Anggrek. Pertandingan tetap dilaksanakan, para pemain pun tetap hadir di venue untuk bertanding. Dengan penjagaan dan pengawasan ketat, turnamen tetap dilaksanakan namun hanya dihadiri oleh orang-orang yang berkepentingan saja.

Namun persiapan penyelenggara selama berbulan-bulan tak dapat dihadiri oleh penonton yang diharapkan bisa meramaikan event. Penonton dan para supporter yang sudah terlebih dulu antusias juga cukup berpuas diri dengan menyaksikan performa tim jagoannya melalui siaran live stream.

Menunggu Konfirmasi PMPL ID 2020 dan MPL ID Season 5

Turnamen Esports Paling Dinantikan, MPL  Season 5 Akan Segera Dimulai!

Kebijakan pemerintah yang memberlakukan ‘work from home’ karena adanya COVID-19 atau virus corona turut berdampak pada kualifikasi untuk turnamen major dari dua gim popular: PUBG Mobile dan Mobile Legends Bang Bang. Kualifikasi yang awalnya terbuka untuk umum pun saat ini digelar secara tertutup.

Dua turnamen ini begitu dinanti oleh para penonton karena di momen inilah mereka bisa bertemu dan mendukung tim favoritnya secara langsung. Sejak adanya pemberlakuaan ‘work from home’ kualifikasi untuk PMPL ID 2020 dan MPL ID Season 5 hanya bisa disaksikan melalui live streaming. Tampaknya semua pihak harus bersabar dan bersama-sama mendoakan agar wabah virus ini bisa segera ditanggulangi. 

Beberapa Turnamen Dibatalkan

OGA Dota PIT Minor
Hotspawn

Turnamen major terpaksa dibatalkan akibat maraknya kasus virus corona. Sebagai contoh, Valve yang memutuskan untuk membatalakan OGA Dota PIT Minor dan EPICENTER Major. Pembatalan ini menyebabkan kekosongan turnamen Dota 2 hingga akhir tahun 2020.

Dampak yang lebih buruk dari kekosongan turnamen Dota 2 adalah, hal ini bisa menjadi seleksi alam bagi para pemain atau bahkan tim yang tidak stabil. Pembatalan turnamen mungkin tak memberikan dampak yang cukup besar bagi para player yang digaji oleh klub. Namun bagi tim-tim yang sedang bertahan dan tak stabil, peniadaan turnamen akan berdampak pada pemasukan dan juga sponsor. Tidak ada turnamen major maka tidak ada pula kualifikasi.

Reschedule

Turnamen ONE Esports Jakarta Invitational Dijadwal Ulang

Event Dota 2 ONE Esports Jakarta Invitational harus diundur hingga akhir tahun 2020 nanti karena adanya COVID-19. Penundaan turnamen Dota 2 satu ini dipicu setelah ESL mengumumkan pembatalan Los Angeles Major DPC.

Kualifikasi untuk regional Southest Asia Dota 2 ONE Esports Jakarta Invitational sudah dilakukan sejak tanggal 15 Februari – 22 Maret 2020. Awalnya, kualifikasi ini akan digelar secara offline dan terbuka untuk umum. Namun sekarang event pertandingan kualifikasi Asia Tenggara pun harus dilaksanakan secara tertutup untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

ONE Esports Jakarta Invitational ini adalah event Dota 2 kedua yang dibatalkan dan diundur pelaksanaannya oleh Valve. Menurut konfirmasi terakhir di website resminya, ONE Esports Jakarta Invitational akan kembali dilaksanakan pada tanggal 23-29 November 2020.

Turnamen Charity

WeSave Charity Play WePlay 1
WePlay!

Penyebaran COVID-19 atau virus Corona memberi pukulan hebat pada dunia esports Dota 2. Valve terpaksa membatalkan dan meng-schedule ulang turnamen-turnamen majornya hingga terjadi kekosongan turnamen yang cukup membuat organisasi kecil terseok-seok.

Namun WePlay! berpikir dan bertindak lain dengan menggelar turnamen charity berbasis online yang didedikasikan untuk mendukung penelitian COVID-19. Turnamen bertajuk: WeSave! Charity Play akan berlangsung mulai tanggal 20-26 Maret 2020 dengan melibatkan 24 tim dari 6 regional.

Masing-masing regional seperti: Eropa, CIS, Tiongkok, Asia Tenggara, Amerika Utara,dan Amerika Selatan akan mengirim masing-masing 4 tim. Turnamen akan disiarkan secara live stream dan penonton pun bisa ikut berdonasi. Hadiah dan keuntungan dari turnamen akan WeSave! Charity Play disumbangkan untuk penelitian COVID-19.

Sejauh ini, sudah ada beberapa nama tim yang dikonfirmasikan akan ikut berpartisipasi. Diantaranya: Invictus Gaming, EHOME, Geek Fam, BOOM Esports, TNC Predator, HellRaisers, Virtus.pro, Team Liquid, Team Nigma, Team Secret, No Ping Esports, Thunder Predator, Beastcoast, Business Associates, OG, Natus Vincere, FURIA Esports, CR4ZY, Cloud9, Vici Gaming, PSG.LGD, dan Evil Geniuses

ONIC Olympus Juarai Grand Final Free Fire Master League 2020 all finalis

Dunia sedang menerima guncangan yang cukup hebat sejak adanya COVID-19. Tak hanya esports, namun semua industri juga sedang mengalami hal yang sulit karena wabah ini. Meski tidak mengumumkan secara resmi, beberapa penyelenggara dan pengembang game juga ikut mengalami kerugian akibat turnamen-turnamen major yang tidak berjalan sesuai dengan rencana.

Namun demi mengutamakan keselamatan semua orang, tampaknya turnamen-turnamen esports Indonesia akan absen beberapa minggu ke depan. Terutama karena beberapa game sudah mengumumkan jadwal reschedule dan juga pelaksanaan live streamingnya. Semoga wabah ini tidak lagi menyebar dan segera bisa ditanggulangi. Jangan lupa jaga kesehatan kalian agar kita bisa bertemu di turnamen selanjutnya.

 

‘yos


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar