Telia dan Veikkausliiga Finlandia Gelar Liga Esports Baru Esports Insider

Telia dan Veikkausliiga Finlandia Gelar Liga Esports Baru

Veikkausliiga menjadi liga sepak bola resmi terbaru yang memutuskan untuk menggelar liga esports. Turnamen divisi teratas Liga Finlandia ini digelar bersama dengan operator telekomunikasi, Telia. Ini sekaligus menjadi upaya lainnya dari Telia untuk menunjukkan eksistensi mereka di industri esports.

Liga ini nantinya akan bertajuk EFutisliiga, yang mulai bergulir pada musim gugur mendatang. Pertandingan disiarkan secara mingguan di saluran televisi berbayar MTV3 milik Telia. Sebelumnya, MTV3 sendiri sudah memegang hak siar untuk kompetisi Liga Champions UEFA, Liga Europa dan LaLiga.

Liga ini nantinya dioperasikan langsung oleh Telia Esports Series dan disponsori oleh PlayStation. Turnamen diikuti oleh 12 klub yang bermain di Veikkausliiga. Adapun setiap klub di liga esports EFutisliiga ini hanya diwakili oleh satu e-atlet.

Telia sendiri sebenarnya sudah cukup akrab dengan industri esports, terutama keterlibatan mereka dalam League of Legends. Mereka punya peran penting melalui kemitraan eksklusif dengan DreamHack di Eropa Utara pada April lalu. Adapun turnamen yang dimaksud adalah NLC, hasil kerja sama DreamHack dan Riot.

Telia dan Veikkausliiga Finlandia Gelar Liga Esports Baru Telia Esports Series
liga esports Telia Esports Series Finland

NLC akan didukung oleh ekosistem kompetitif baru di Telia Esports Series. Mereka telah berkembang pesat dari Finlandia ke negara-negara Eropa utara lainnya. Sementara kemitraan lain yang lebih dulu dimulai pada bulan Maret mencakup rangkaian turnamen di ESL Pro Tour.

Terkait dengan kerja sama ini, Direktur Pengembangan Komersial Veikkausliiga membahasnya dalam rilis. Ia mengaku pihak Veikkausliiga sudah cukup lama mengamati esports. Menurutnya, ini adalah waktu yang tepat untuk tidak hanya sekadar menjadi pengamat lagi.

“Selama pandemi ini kami telah belajar bahwa liga olahraga seperti kami ternyata masih belum bisa menjamin nasibnya di masa depan. Selalu ada ruang untuk berinovasi,” ujar Ville-Mikko Korkka dikutip dari Esports Insider.

“Kami sendiri sudah mengikuti perkembangan esports di seluruh dunia, tetapi sekarang tidak sebagai pengamat lagi. Kami sangat antusias untuk memulai hal yang baru ini,” tambahnya.

E-atlet yang dikirimkan oleh klub-klub Liga Finlandia itu nantinya adalah para pemain profesional mereka sendiri. Pertandingan dilakukan secara online dari tempat masing-masing. Sayangnya, sejauh ini pihak Telia maupun Veikkausliiga belum mengonfirmasi tanggal dan format pelaksanaan.

Telia dan Veikkausliiga Finlandia Gelar Liga Esports Baru Mermal
liga esports Telia Esports Series Finland - Mermal

“Musim semi ini telah membuat orang-orang di seluruh dunia melihat bagaimana potensialnya esports. Kami merasa bangga dengan kolaborasi pertama untuk jenis ini di wilayah Nordics. EFutisliiga adalah contoh yang baik bagaimana olahraga tradisional dan esports bisa berjalan beriringan,” kata Niklas Segercrants dari Telia Finland.

“Semoga dengan apa yang kami contohkan ini kami dapat mendorong liga-liga utama lainnya untuk memasuki esports.”

Saat ini sebagian besar liga olahraga dunia sudah kembali bergulir dengan syarat menjalankan protokol kesehatan. Banyak orang yang mulai beranjak dari turnamen-turnamen esports online, tetapi justru Veikkausliiga memilih melawan arus. Mereka akan memulai liga esports pertama untuk melihat seberapa besar minat penggemar.


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar