Sony Miliki Saham Minoritas Epic Games Senilai $250 Juta Esports Observer

Sony Miliki Saham Minoritas Epic Games Senilai $250 Juta

Saham minoritas Epic Games diakuisisi oleh Sony Corporation setelah perusahaan Jepang itu berinvestasi sebesar $250 juta. Adapun investasi strategis pada pengembang game Fortnite dilakukan melalui anak perusahaan Sony. Tujuan utama mereka adalah memperluas kolaborasi di seluruh aset hiburan Sony.

Sony menginginkan kerja sama dengan Epic Games ini mencakup seluruh platform hiburan sosial dan ekosistem digital. Hal itu mengacu pada pernyataan Epic, yang menilai bahwa Fortnite kini telah menjadi lebih dari sekadar permainan. Fortnite menjadi platform multimedia sosial baru bagi para pemainnya.

Investasi ini akan tunduk pada berbagai kondisi dan persetujuan yang telah disepakati untuk memperkuat hubungan kedua perusahaan. Hal itulah yang memungkinkan perluasan kolaborasi mencakup teknologi, hiburan dan layanan online. Mereka ingin semua penggemar bisa terhubung dengan lebih baik satu sama lain.

“Epic Games memiliki teknologi yang kuat seperti di bidang grafis. Dengan mesin Unreal Engine dan beberapa inovasi lainnya, mereka sekarang berada di garis terdepan. Tidak ada contoh yang lebih baik selain pengalaman hiburan yang baru seperti Fortnite,” ujar CEO Sony Kenichiro Yoshida dikutip dari rilis resminya.

Sony Miliki Saham Minoritas Epic Games Senilai $250 Juta The Verge
 Sumber: The Verge

“Investasi kami ini akan digunakan untuk menjajaki potensi kolaborasi lebih lanjut bersama Epic. Kami akan menyenangkan konsumen dan industri pada umumnya. Bukan hanya dari lingkup game, melainkan lintas lanskap hiburan digital yang telah berkembang pesat,” lanjutnya.

Dijelaskan oleh CEO Epic Tim Sweeney, ekosistem digital yang dimaksud nantinya bisa digunakan oleh konsumen dan pembuat konten. Mereka akan berbagi pengalaman untuk membuat fitur sosial 3D real-time. Dalam hal ini mengarah pada permainan, film dan musik.

“Sony dan Epic sama-sama berada di persimpangan antara teknologi dan kreativitas. Kami pun ingin membagikan pengalaman 3D real-time yang nantinya diarahkan pada titik kesetaraan game, film dan musik. Kami akan bersama-sama membangun ekosistem digital yang lebih terbuka untuk semua pengguna,” ujar Tim Sweeney.

Akuisisi saham minor Epic ini mengikuti pengumuman terbaru Sony yang baru saja mengubah nama perusahaan mereka. Sony Corporation akan menggunakan nama Sony Group Corporation mulai 1 April 2021 mendatang.

Sony Miliki Saham Minoritas Epic Games Senilai $250 Juta Wccftech
Sumber: Wccftech

Perubahan tersebut, juga termasuk perombakan struktur di badan Sony. Perusahaan baru-baru ini mengatakan bahwa bisnis utama Sony Group akan memiliki struktur eksekutifnya sendiri.

Pada bulan Juni lalu, Epic dilaporkan meraih putaran pendanaan hingga $750 juta. Investasi itu dipimpin oleh para investor lama seperti KKR & Co. dan investor baru T. Rowe Price Group dan Baillie Gifford. Sayangnya Sony tidak termasuk dalam investor Epic pada babak pendanaan tersebut.

Sony terlebih dahulu menginvestasikan dana strategis sebesar $400 juta untuk platform hiburan digital Tiongkok, Bilibili. Mereka kini memiliki 4,98 persen Bilibili dengan jumlah 17 juta saham dari keseluruhan. Selain sebagai platform digital, Bilibili sendiri juga memiliki dua organisasi esports di kompetisi Overwatch dan League of Legends.

Menarik untuk melihat kolaborasi antara Epic Games dan Sony seperti yang telah mereka gambarkan dalam rencananya.


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar