Singapore Premier League Luncurkan Kompetisi Esports eSPL Esports Insider

Singapore Premier League Luncurkan Kompetisi Esports eSPL

Liga sepak bola profesional Singapore, Singapore Premier League, mulai menjajal ranah esports. Baru-baru ini mereka meluncurkan kompetisi esports yang mempertandingkan tim-tim Singapura secara virtual. Kompetisi bertajuk eSPL ini akan menjadi turnamen video game sepak bola resmi dari otoritas liga.

Adapun turnamen eSPL digagas oleh Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) dan beberapa sponsor. Musim perdana eSPL digelar bersama mitra-mitra ternama seperti Redd+E Sports, Zenway Productions dan The Gym. Pesertanya sendiri adalah tim sepak bola asal Singapura yang berkompetisi di SPL.

Total hanya ada delapan tim yang saat ini bersaing di ajang Singapore Premier League. Di luar tim sepak bolanya, setiap tim masing-masing akan diwakili oleh dua atlet esports mereka. Untuk permainan yang dipertandingkan nantinya adalah eFootball Pro Evolution Soccer 2020.

Pihak pengelola liga berharap mode kompetisi virtual ini dapat menampilkan SPL dari sisi lain yang unik. Apalagi saat bertanding nanti, setiap pemain di permainan juga mengenakan jersey tim yang telah disesuaikan. Dilansir dari Esports Insider, Direktur Komersial dan Pemasaran FAS Jonathan Wong memberikan komentar.

Singapore Premier League Luncurkan Kompetisi Esports eSPL Yahoo News Singapore
Singapore Premier League - Sumber: Yahoo News Singapore

“Pandemi COVID-19 telah membatasi kami untuk menggelar musim ke-26. Oleh karena itu, ini adalah waktu yang tepat untuk memperkenalkan eSPL kepada para penggemar. Kompetisi ini memungkinkan mereka menonton aksi para pemain SPL sambil menunggu liga bergulir kembali,” ujar Jonathan Wong.

“Kami telah melakukan upaya besar untuk melokalisasi tampilan tim. Dengan begitu, para penggemar SPL bisa merasakan perasaan yang lebih kuat saat menonton tim favorit mereka.”

Kepada Sports Business, Wong menambahkan bahwa adalah upaya untuk menerjemahkan kecintaan para penggemar muda. Perkenalan eSPL ini diharapkan bisa menginspirasi generasi muda yang memiliki minat sepak bola dan esports.

Pertandingan penyisihan grup telah dimulai sejak 11 Juli lalu, yang akan dilanjutkan dengan babak playoff. Setelah penyisihan grup selesai, kompetisi akan dilanjutkan kembali pada 18-19 Juli mendatang. Menariknya, eSPL juga mencakup turnamen untuk tim wanita dan pertandingan selebriti.

Adapun hak siar seluruh pertandingan eSPL ini dipegang oleh beberapa platform lokal. Selain di halaman Facebook resmi SPL, penggemar juga dapat menonton eSPL di Singtel TV, meWATCH, dan StarHub TV.

Singapore Premier League Luncurkan Kompetisi Esports eSPL The Straits Times
Kompetisi Esports eSPL - Sumber: The Straits Times

“Kami selalu mencari ide untuk menambahkan nilai kepada komunitas olahraga di Singapura, terutama selama pandemi COVID-19. Bersama FAS, kami berinisiatif membawa SPL lebih dekat dengan para penggemar melalui esports,” kata co-founder Redd+E Yip Ren Kai dalam rilisnya.

“Dengan kemampuan mereplikasi pakaian tim SPL di permainan PES, para pemain bisa mewakili tim mereka masing-masing. Kami harap hal itu juga bisa membuat penggemar semakin dekat dengan klub dan bisa menarik penggemar baru.”

Apa yang dilakukan Singapore Premier League ini sebenarnya sudah mulai dilakukan banyak asosiasi sepak bola. Bagaimanapun, ini tetap menjadi langkah cerdas untuk menumbuhkan minat penggemar olahraga dan esports. Tidak menutup kemungkinan ke depannya SPL akan menggelar lebih banyak turnamen virtual.

Saksikan berbagai berita esports terbaru hanya di website INDOESPORTS!


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar