Seberapa Berpengaruh Kepopuleran TikTok di Industri Esports?

Seberapa Berpengaruh Kepopuleran TikTok di Industri Esports? Esports Observer

Bagi industri esports, media sosial adalah alat untuk menggaet para penggemar baru. Selama ini, Twitter, Instagram dan YouTube telah menjadi platform paling lazim bagi penggemar esports untuk mengikuti tim favorit mereka. Tetapi, belakangan telah muncul fenomena baru bernama TikTok.

Aplikasi ini sebenarnya sudah ada cukup lama dan sempat menjadi tren di beberapa negara. Namun, akhirnya perusahaan asal Tiongkok tersebut memberanikan diri untuk terjun ke dunia esports. Sekarang hampir setiap hari muncul video viral dari platform tersebut, tidak terkecuali konten-konten gaming.

Singkatnya, TikTok adalah media sosial berbasis video dengan durasi mulai dari 3-60 detik. Berbeda dengan media sosial lainnya, di sini kecerdasan buatan menjadi elemen penting aplikasi. Tidak heran kalau TikTok pun mulai menjadi pilihan hiburan populer, apalagi di tengah masa pandemi seperti sekarang.

Seberapa Berpengaruh Kepopuleran TikTok di Industri Esports? Esports id
 Esports id

Meski demikian, para influencer game memang belum serta merta menemukan konten yang pas untuk diunggah ke TikTok. Sebagian besar dari mereka belum memiliki sampai 1 juta pengikut. Tetapi, TikTok sudah mulai ‘meracuni’ dan menggandeng sejumlah organisasi di industri esports.

Sebut saja seperti Team SoloMid, G2 Esports, 100 Thieves, Cloud9, hingga FaZe Clan sekarang memiliki akun TikTok. Tetapi ada pula beberapa personal yang ternyata cukup populer di TikTok dengan jutaan pengikut. Di antaranya adalah Tyler “Ninja” Blevins dan FaZe Rug, dengan masing-masing 2,5 juta pengikut.

Perusahaan Tiongkok juga sempat bermitra dengan Riot Games pada 2019 lalu di ajang LoL World Championship. Para penggemar didorong untuk membuat konten kreatif di TikTok menggunakan trek musik Riot yang berjudul “GIANTS”.

Alay Joglekar dari Riot Games, mengatakan kepada The Esports Observer bahwa kemitraan dengan TikTok ini terbilang sukses. Hadirnya influencer TikTok di salah satu acara League of Legends tahun lalu itu telah menghadirkan pertumbuhan penonton yang luar biasa.

“Kemitraan ini sangat kolaboratif dan menjadi pengalaman luar biasa bagi Riot. Ini karena kami ingin terus tumbuh di semua platform yang sedang populer di kalangan pemain. Dari pengalaman pertama itu, kami berencana bermitra lagi dengan TikTok untuk memberikan pengalaman baru kepada penggemar,” kata Joglekar.

Seberapa Berpengaruh Kepopuleran TikTok di Industri Esports? Daily Social
Daily Social

Bulan April TikTok dan ESL juga sempat mengampanyekan sebuah proyek gaming lainnya. Ini adalah debut ESL bekerja sama dengan TikTok untuk menyiarkan sebuah program. ESL menayangkan ulasan pertandingan CS: GO dan program esports secara umum di salurannya.

Dampaknya cukup besar, karena saluran ESL mendapat 2,3 juta penayangan video hanya dalam empat hari. ESL mengatakan bahwa penontonnya didominasi oleh demografi pengguna TikTok, yang mana adalah Generasi Z (1990-2010).

Masalahnya, seberapa baik efek dari konten TikTok untuk industri esports masih belum jelas. Lagi pula, The Esports Observer juga mencatat bahwa konten TikTok yang populer cenderung tidak mengarah ke budaya gaming. Masih belum diketahui apakah TikTok akan memberi dampak besar di esports dan gaming.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar