Program Razer Streamer Ciptakan Influencers Sendiri

house razer

Program Razer Streamer ternyata memiliki strategi khusus untuk menggaet influencer baru. Mereka tidak merekrut streamer ternama, misalnya seperti Tyler ‘Ninja’ Blevins. Melainkan mencoba mengeksplor sebuah konsep yang berpeluang memunculkan talenta baru melalui nano-influencers.

Alih-alih bermitra dengan gamer yang telah mapan, program Razer ini memang menargetkan orang-orang yang baru memulai. Streamer ini dibagi menjadi tiga tingkatan berdasarkan jumlah pengikutnya, mulai dari 50 pengikut hingga 1.000+. Tingkat terendah sudah terintegrasi dengan situs streaming Pipeline.

Streamer dapat memperoleh hadiah dari Razer berupa produk hingga komisi untuk penjualan sebuah produk. Pada dasarnya ini secara otomatis akan menjadikan para streamer itu menjadi personal brand Razer.

Program Razer Streamer kemudian mencoba mengambil ide lebih jauh lagi dengan nano-influencer. Sebagai informasi saja, ini adalah tipe influencer dengan cakupan terkecil yaitu kurang dari 1.000 pengikut. Akan tetapi, mereka dianggap memiliki hubungan yang lebih intim dengan para audiensinya.

Trillerbillboard.com

Dengan kata lain, misal hanya memiliki 50 pengikut pun Razer tetap akan mendapat ‘keuntungan’ interaksi yang nyata. Pasalnya, audiensi nano-influencer ini kebanyakan berasal dari orang-orang yang memang dikenal di dunia nyata. Bahkan menurut CEO Triller, Mike Luke, nano-influencer lebih ‘otentik’.

Mungkin ini terlihat aneh, ketika sebuah merek besar bermitra dengan orang yang audiensnya jauh lebih kecil dari mereka. Facebook Razer sendiri telah memiliki lebih dari 9 juta penggemar. Tetapi Razer berpikir untuk jangka panjang, seperti yang dikatakan oleh Jeevan Aurol.

“Tujuannya tentu saja bukan hanya mendaftarkan sekelompok orang yang kemudian pergi enam bulan kemudian,” kata Aurol.

Senior Manager of Global Product Marketing Razer itu berpikir dampak jangka panjang dari nano-influencer. Ia memperkirakan, pada akhirnya Razer memiliki ratusan hingga ribuan streamer yang sangat dikenal dari kolam mereka.

Razer dan Pipeline memang sedang berupaya untuk memunculkan talenta streamer masa depan. Maka tak ada salahnya membangun hubungan dengan para gamer ini sejak awal.

be razer streamerRazer

Misalnya seperti yang dialami oleh CEO Pipeline sendiri, Stephen ‘Snoopeh’ Ellis. Sejak awal kariernya dalam Esports, ia memang telah menumbuhkan ketertarikan pada produk-produk Razer.

“Saya masih menggunakan pengaturan Razer yang sama seperti pada 2011,” kata Ellis dikutip dari The Esports Observer.

“Bisa saya bilang bahwa kesetiaan saya ini adalah karena mereka sangat mendukung Esports. Pada masa saya, turnamen Blackwidow adalah perubah permainan. Dulu saya tidak suka harus bepergian membawa keyboard besar.” Ellis kemudian mendirikan Pipeline pada April 2019 lalu.

Nantinya, para streamer yang masuk dalam program Razer berpeluang mendapatkan hadiah bulanan. Mereka harus menyelesaikan daftar tugas bernama ‘Quest Razer'. Selain itu, nantinya Razer juga akan memilih beberapa orang untuk dimunculkan dalam Twitch resmi mereka.

razer support streamerRazer

Daripada bergantung pada pengikut media sosial seorang influencer, Razer memilih untuk melakukannya sendiri.

“Twitch dan Mixer pasti memiliki mitra sendiri dan perusahaan perangkat lunak atau game lain sebagai promotor aktif mereka,” ujar Aurol. “Tetapi saya yakin kami adalah salah satu yang pertama melakukan hubungan mitra produsen.”

Hal yang dilakukan Razer ini memang terbilang unik. Salah satu alasannya adalah mereka tak mau terlibat dalam permasalahan boikot merek yang biasa terjadi. Dengan tidak mensponsori secara teknis para anggota Razer Streamer ini, masalah tersebut pun dapat diminimalkan.

Program Razer Streamer akan memanfaatkan metrik media sosial untuk melacak keterlibatan. Aurol mengklaim bahwa mereka memiliki tools untuk melacak ketika produk Razer disebutkan di media sosial. Di satu sisi, Razer juga mendorong para streamer agar menggunakan tools yang disediakan Pipeline.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Artikel Terkait
Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar