PlayVS Gandeng Epic Games untuk Turnamen Esports Sekolah

PlayVS Gandeng Epic Games untuk Turnamen Esports Sekolah


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


PlayVS mengumumkan perluasan turnamen esports tingkat sekolah dengan menambahkan Fortnite. Sebelum bermitra dengan Epic Games untuk Fortnite, PlayVS sudah menawarkan kompetisi Rocket League untuk sekolah menengah. Namun kali ini, mereka akan memperluas platform ke tingkat perguruan tinggi.

Ini adalah kali pertama kompetisi Fortnite tersedia di platform PlayVS untuk tingkat sekolah menengah. Fortnite sendiri sudah memiliki format kompetisi tingkat perguruan tinggi yang akan mencakup kejuaraan nasional setiap akhir musim. Tentu ini menjadi kabar baik bagi para siswa sekolah menengah yang menggemari Fortnite.

PlayVS dikenal sebagai penyedia platform turnamen esports populer tingkat sekolah menengah di Amerika Serikat. Perusahaan Los Angeles itu sebelumnya menangani turnamen sekolah menengah untuk Rocket League. Kerja sama dengan Epic Games ini pun menandai turnamen pertama mereka di tingkat perguruan tinggi.

Turnamen di tingkat perguruan tinggi sendiri terinspirasi dari kesuksesan turnamen sekolah menengah yang mereka jalankan. Fortnite pun akan menjadi game pertama yang diuji coba dalam permainan kompetitif di tingkat tersebut.

PlayVS Gandeng Epic Games untuk Turnamen Esports Sekolah Venture Beat
Venture Beat

 

Nantinya sekolah-sekolah dapat mendaftarkan timnya untuk bersaing di kompetisi Fortnite secara gratis. Dengan kompetisi ini, PlayVS mengatakan mereka tidak hanya fokus pada tingkat keahlian pemain. Akan tetapi, fokusnya adalah menumbuhkan lingkungan yang menyenangkan terhadap permainan Fortnite itu sendiri.

Phillip Schultz, pelatih esports di East Coweta High School, Georgia, sangat mendukung program PlayVS.  Schultz mengatakan bahwa penambahan Fortnite bisa menjadi mendorong para pelatih untuk mengembangkan esports tingkat sekolah.

Dia pun berharap ada lonjakan jumlah siswa yang berminat untuk ikut serta karena Fortnite termasuk jenis game populer.

“Menambahkan permainan yang sudah terbukti sukses ke jajaran ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi para pelatih. Terutama mereka yang sedang berusaha mengembangkan program di sekolah mereka,” kata Schultz.

“Saya sepenuhnya berharap dengan penambahan permainan yang begitu terkenal ini bisa menambah minat siswa.”

Langkah PlayVS membuat turnamen dan liga esports di tingkat sekolah selama ini mendapat dukungan dari banyak pihak. Seperti menciptakan dengan Federasi Nasional Sekolah Tinggi (NFHS). Serta bermitra dengan Federasi Interscholastic California (CIFSS) untuk memfasilitasi kompetisi esports.

Sejak didirikan pada Januari 2018 lalu, PlayVS telah mengumpulkan dana lebih dari $96 juta.

Fortnite Foss Bytes
Foss Bytes

 

Lebih lanjut, PlayVS menjelaskan bagaimana cara kerja dari turnamen Fortnite mereka ini. Sekolah menengah atas akan menghadiri konferensi regional berdasarkan lokasi geografis mereka. Sementara struktur konferensi untuk perguruan tinggi akan bervariasi, dengan rincian lebih lanjut yang belum dijelaskan.

Satu tim dari setiap sekolah atau perguruan tinggi terdiri dari dua pemain. Menariknya, satu sekolah diperbolehkan mendaftarkan lebih dari satu tim tanpa batasan. Pada akhir musim, tim-tim terbaik akan maju ke babak playoff dengan pertandingan kejuaraan nasional yang berlangsung pada bulan Mei 2020.

Selain itu, setiap minggu ada tiga tim dengan skor tertinggi dari setiap konferensi yang berhak mendapatkan tempat otomatis di babak playoff. Para peserta dapat mengikuti turnamen tanpa membayar biaya pendaftaran seperti sebelumnya. Hal ini dimungkinkan oleh kemitraan antara PlayVS dengan Epic Games.

Sekolah menengah memiliki tenggat waktu hingga 17 Februari untuk mendaftarkan timnya dengan latihan pra-musim mulai minggu itu juga. Musim resmi dimulai pada 24 Februari dan berjalan selama delapan minggu.

Sedangkan untuk tingkat perguruan tinggi dan universitas batas waktu pendaftaran hingga 24 Februari. Kemudian dilanjutkan dengan pra-musim pada minggu itu juga dan musim resmi dimulai pada 2 Maret. Menarik untuk menantikan konsep turnamen esports antar sekolah PlayVS ini diikuti di negara-negara lain.


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar