Platform Discord Terima $100 Juta untuk Dorong Pertumbuhan Merah Putih

Platform Discord Terima $100 Juta untuk Dorong Pertumbuhan

Platform Discord baru-baru ini mengumumkan hasil investasi yang berhasil terkumpul sebesar $100 juta sepanjang bulan Juni. Pada Selasa (30/6/2020), mereka mengunggah sebuah tulisan di blog mengenai rencana pengembangan perusahaan. Beberapa pendanaan yang sebelumnya tidak diumumkan juga turut dibahas di sana.

Discord adalah sarana perpesanan dan VoIP gratis yang pada saat ini memiliki 100 juta lebih pengguna aktif bulanan. Pada akhir 2018 lalu, Discord juga sempat mendapatkan kucuran dana segar dari investor Danny Rimer dan Indeks Ventures. Keduanya terlibat dalam putaran investasi Discord yang bernilai $150 juta.

Forbes menunjukkan fakta bahwa nilai platform Discord pada pertengahan 2020 ini telah mengalami peningkatan signifikan. Saat investasi di akhir 2018, Discord memiliki nilai $2,05 miliar, namun kini nilainya bertambah hingga $3,5 miliar. Adapun investasi kali ini akan digunakan untuk mempercepat pembangunan aplikasi Discord.

Selain berfokus pada fitur di aplikasi, Discord juga akan lebih memperhatikan komunitas dan pertumbuhan perusahaannya. Pasalnya salah satu sumber pendapatan terbesar Discord adalah dari layanan berlangganan Nitro. Fasilitas yang diberikan adalah pengguna dapat menyesuaikan profil dan grup mereka di aplikasi.

Selama ini Discord sangat identik dengan aktivitas gaming, namun perlahan-lahan mereka akan mulai melepas stigma tersebut. Sebab tujuan lain perusahaan dalam upaya pengembangan mereka adalah menjadikan Discord lebih bermanfaat. Ke depannya, aplikasi ini akan menjadi lebih umum dari sekadar untuk gaming.

Sejak pertama diluncurkan pada 2015, Discord memang sangat memperhatikan pelayanan kepada pemirsanya. Sebab, CEO Jason Citron, pernah mengatakan pada 2018 lalu bahwa desain Discord memang terinspirasi dari para pemirsa game. Itulah alasan mengapa banyak fitur di aplikasi ini yang terkesan sangat kental dengan game.

“Dari apa yang kami dengar, kami tahu bahwa Anda ingin Discord menjadi lebih ramah, inklusif dan dapat dipercaya. Dengan begitu, akan ada lebih banyak komunitas yang bisa membuat markas di sini,” tulis Citron dikutip dari PC Games Insider.

Platform Discord Terima $100 Juta untuk Dorong Pertumbuhan Esports Observer
Platform Discord - Esports Observer

Kebanyakan masyarakat di luar komunitas game memang telah menaruh pandangan yang salah terhadap Discord. Mereka menganggap bahwa ini hanya berguna untuk bermain game. Padahal, secara harfiah Discord dibuat untuk semua orang dan siapa saja yang ingin mengobrol satu sama lain.

“Mungkin Anda telah menggunakan Discord selain untuk bermain game, tetapi pencitraan merek kami tidak mengikuti. Cara kami berbicara juga seolah memberikan sinyal yang salah kepada publik. Ini membuat lebih sulit membawa komunitas yang lebih luas ke Discord,” tambah Citron.

“Kali ini kami mengundang publik untuk melihat apa yang telah kami kerjakan. Semuanya dirancang untuk memudahkan Anda dan komunitas untuk membuat rumah baru di Discord. Ini adalah sebuah permulaan.”

Ini adalah upaya perubahan baru yang tengah menjadi fokus utama platform Discord. Mereka tidak lagi hanya akan identik dengan game, melainkan terbuka untuk komunitas yang lebih luas.


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Sukai Berita Ini

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar