Perusahaan Game Terkaya di Dunia, Apa Saja Ya?

perusahaan game terkaya di dunia

Hingga saat ini, industri game menjadi sektor teknologi yang paling laku di seluruh dunia. Ini terlihat dari banyaknya game yang bermunculan, baik untuk platform PC, konsol, maupun game mobile. Makanya, enggak usah heran kalau perusahaan game terkaya semakin berada di puncak keemasan.

Sebenarnya, ada banyak perusahaan terbesar di dunia yang bergerak di industri game. Tapi, pasti masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Sebagai penggemar game sejati, pastinya kalian penasaran dong, apa saja perusahaan game di dunia yang sukses di bidangnya?

Yuk, simak daftar perusahaan game terkaya berikut ini!

Activision Blizzard

perusahaan game terkaya di dunia activision blizzard

Perusahaan game yang satu ini berbasis di California dan telah berdiri sejak 2008 silam. Meski usianya masih seumur jagung, Activision Blizzard sukses menjadi salah satu perusahaan game terbesar di seluruh dunia.

Dilansir Games.grid.id, pada Juli-September 2020 lalu, Activision Blizzard telah meraup keuntungan sekitar Rp 17,6 miliar. Artinya, keuntungannya naik sebesar 69 persen dibanding periode 2019. Jika seluruh bisnisnya digabungkan, total pendapatan yang diraup adalah 1,95 miliar dollar AS.

Salah satu game besutan Activision Blizzard, yaitu Call of Duty, telah menghasilkan keuntungan yang tinggi. Beberapa game milik Activision yang paling populer adalah StarCraft, Hearthstone, Guitar Hero, Candy Crush, dan Tony Hawk’s.

Bandai Namco

perusahaan game terkaya di dunia bandai namco

Perusahaan game terbesar di dunia yang satu ini, Bandai Namco, merupakan hasil merger dari perusahaan Namco dan mainan robot Bandai. Nah, ada beberapa game terkenal yang diproduksi oleh Bandai Namco. Di antaranya adalah Dragon Ball, Tekken, dan Pac-Man.

Enggak hanya untuk platform PC dan konsol. Bandai Namco merilis beberapa game untuk pengguna perangkat mobile. Franchise ternama seperti One Piece, Digimon, Naruto, bahkan seri RPG Tales hadir untuk iOS dan Android. 

Mengutip dari Warta Ekonomi, keuntungan yang berhasil diraup Bandai Namco adalah sekitar 4,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp65 triliun.

Electronic Arts

perusahaan game terkaya di dunia electronic arts ea

Electronic Arts atau EA didirikan di Amerika Serikat pada 1982. EA sendiri telah memproduksi berbagai game yang populer hingga saat ini, yaitu FIFA, The Sims, Need for Speed, NFL, hingga Battlefield.

Menurut laporan The Esports Observer, EA memperoleh pendapatan sekitar Rp 83 triliun pada fiskal 2020 atau naik 12 persen dari pemasukan 2019. Selama 2020, EA memperoleh pendapatan bersih sekitar Rp 45,5 triliun dengan keuntungan sekitar Rp 6,3 triliun.

Microsoft Studios

perusahaan game terkaya di dunia microsoft xbox

Microsoft juga termasuk perusahaan game paling kaya di dunia. Meski terkenal dengan sistem operasi Windows-nya, perusahaan milik Bill Gates ini ternyata unjuk gigi di industri game.

Langkah pertama yang Microsoft lakukan adalah meluncurkan konsol Xbox pada 2001 silam. Lalu, Microsoft juga membuat beberapa game, seperti Minecraft, Age of Empire, Halo, hingga Gears of War. Keuntungan mereka mencapai sekitar Rp110 triliun pada 2018.

Nintendo

perusahaan game terkaya di dunia nintendo

Nintendo didirikan pada 1889 oleh Fusajiro Yamauchi. Sebelum beralih untuk fokus di sektor game, Nintendo membuat permainan kartu di negaranya, Jepang.

Pada 1974, akhirnya Nintendo terjun ke industri video game dan meluncurkan konsol Nintendo Entertainment System (NES). Terdapat tokoh kartun buatan Nintendo yang paling dikenal dunia, yakni Mario Bross. 

Selama 2020, penjualan Nintendo di kuartal keempat telah meningkat sekitar 200 persen. Menurut laporan yang dipublikasikan oleh Nintendo, keuntungan tersebut mengalami kenaikan sekitar 427 persen pada kuartal pertama 2020.

Pada April hingga September 2020, keuntungannya meningkat sekitar 80 persen. Keuntungan itu berasal dari penjualan 12,5 juta konsol Switch. Seperti yang dilansir Kompas.com, penjualan perusahaan naik sekitar 73 persen atau Rp105 miliar. 

Sony Computer Entertainment

perusahaan game terkaya di dunia sony playstation

Sony Computer Entertainment menjadi perusahaan game terbesar di dunia berkat konsol buatannya, yaitu PlayStation. Saat ini, PlayStation masih memimpin pasar konsol game di dunia. 

Selain itu, Sony juga membuat berbagai game eksklusif PlayStation. Misalnya saja Gran Turismo, The Last of Us, hingga Horizon Zero Dawn.

Dilansir Kompas.com, perusahaan game asal Jepang ini meraup keuntungan dari penjualan konsolnya sejak social distancing diterapkan. Berdasarkan laporan dari Sony pada 2020 lalu, ada peningkatan sekitar 83 persen yang berasal dari pendapatan video game.

Pada persentase tersebut, Sony meraup pendapatan sebesar 3,72 miliar dollar AS atau Rp 55 triliun. Namun, angka tersebut hanya berasal dari penjualan game digital. Dalam kurun waktu di atas, Sony Computer Entertainment sudah menjual sekitar 112 juta PlayStation 4.

Berdasarkan hasil penelitian SuperData, penghasilan dari video game di seluruh platform selama Maret 2020 mencapai Rp154 triliun.

Tencent

perusahaan game terkaya di dunia tencent pubg

Selanjutnya, ada Tencent yang juga menjadi perusahaan game paling kaya di dunia yang sudah berdiri sejak 1998 silam di Tiongkok. Seperti yang diketahui, Tiongkok memang merupakan salah satu negara dengan banyaknya perusahaan besar.

Tencent dikenal dengan salah satu game buatannya yang sangat mendunia, yaitu PUBG. Belakangan ini, perusahaan game mobile terkaya tersebut juga terjun ke industri film untuk mendirikan sebuah rumah produksi. 

Menurut laporan dari Sensor Tower, PUBG Mobile masuk tiga besar dengan pendapatan paling tinggi di seluruh dunia pada Desember 2020 lalu. Game besutan Tencent tersebut berhasil mencatatkan keuntungan sekitar Rp 2,7 triliun atau naik sebesar 7,5 persen dari 2019. Wow, luar biasa ya pendapatan PUBG Mobile!

. . .

Deretan perusahaan game terkaya tersebut telah banyak berkontribusi di sektor teknologi dunia. Dengan meningkatnya pasar game mobile, hal itu akan membuat persaingan di antara mereka menjadi lebih ketat lagi!

Bagaimana tanggapan kalian mengenai perusahaan game terkaya di dunia? Kasih tahu di kolom komentar ya. Ikuti juga informasi lainnya seputar video game dan esports hanya di INDOESPORTS!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar