Pendapatan PUBG Mobile, Free Fire, & Mobile Legends, Mana yang Paling Kaya?

Pendapatan PUBG Mobile Legends Free Fire

Buat para pencinta game mobile di era sekarang, kalian pasti sudah sangat familier dengan PUBG Mobile, Free Fire, dan juga Mobile Legends. Ketiganya merupakan game mobile multiplayer yang sangat populer dan kompetitif. Lalu, manakah di antara ketiganya yang punya pendapatan tertinggi?

Baik PUBG Mobile, Free Fire, maupun Mobile Legends punya basis penggemar yang luar biasa besarnya. Free Fire dan Mobile Legends punya basis penggemar yang sangat besar di Indonesia, Asia Tenggara, serta Amerika Selatan untuk Free Fire

Pendapatan Mobile Legends
Pendapatan Mobile Legends (MLBB)

Sementara itu, PUBG Mobile punya popularitas yang lebih merata saat ini. Meskipun terkesan lebih segmented dibandingkan dua game lainnya, game ini punya basis penggemar yang lebih luas. Bahkan, setiap benua sudah memiliki turnamen regionalnya masing-masing, kecuali Afrika.

Pasti Sobat Gamers bertanya-tanya berapa pendapatan ketiga game populer ini. Pendapatan ketiganya pasti sangat menarik untuk dibahas karena adanya perbedaan target pasar dari PUBG Mobile, Free Fire, dan Mobile Legends. Yuk, mari kita bahas!

Pendapatan Mobile Legends ($ 291 Juta)

Mobile Legends menjadi game MOBA yang sangat populer untuk perangkat mobile. Walaupun di awal peluncurannya tahun 2006 silam sempat dihujani banyak kritikan, hingga saat ini Mobile Legends mampu membuktikan bahwa mereka masih jadi game MOBA terpopuler, khususnya di kawasan ASEAN.

Tahun 2020 kemarin, Mobile Legends punya catatan 75 juta pemain aktif. Dengan jumlah pengguna aktif sebesar itu, game besutan Moonton ini mampu menghasilkan pendapatan sebesar $ 291 juta atau sekitar Rp 4 triliun. Gila enggak tuh? Kalau buat makan di warteg, bisa bertahan berapa generasi duitnya, Sob?

Pendapatan Free Fire ($ 716,2 juta)

Pendapatan Free Fire
Pendapatan Free Fire

Berbeda dengan game MOBA analog di atas, Free Fire justru masuk ke pasar yang lebih 'nyaman'. Dari awal rilis, game battle royale ini seakan tanpa pesaing. Beberapa bulan kemudian setelah namanya mulai dikenal, muncul beberapa pesaing baru, seperti PUBG Mobile dan Rules of Survival

Berkat tangan dingin Garena, akhirnya Free Fire mampu bertahan, bahkan jadi game kompetitif dengan jumlah pemain aktif terbanyak. Free Fire punya pemain aktif lebih dari 100 juta pemain.

Jelas merupakan suatu angka yang cukup mengejutkan. Sebagai game dengan pemain aktif terbanyak, pendapatan dari Free Fire pun ikut terkatrol naik. Total pendapatan Free Fire di 2020 sebesar %716 juta atau sekitar Rp 10 triliun, sebuah angka yang sangat fantastis!

Nah, bagaimana dengan PUBG Mobile?

Pendapatan PUBG Mobile ($ 2,6 miliar)

Terakhir adalah PUBG Mobile. Bisa dibilang, game ini adalah anak bontot dari trio game populer dalam daftar kali ini. Dirilis tahun 2018, saat ini PUBG Mobile sudah mempunyai 50 juta pemain aktif. Bukan sebuah angka yang mengejutkan, Sob!

Eits, santai dulu! Untuk masalah pengguna aktif, PUBG Mobile boleh kalah jika dibandingkan dengan ML dan FF. Tapi, coba kita lihat pendapatan dari game besutan Tencent ini. Berikut data berdasarkan riset dari Sensor Tower!

Pendapatan PUBG
Pendapatan PUBG Mobile

PUBG Mobile di tahun 2020 sukses membukukan pendapatan sebesar $ 2,6 miliar atau jika dirupiahkan itu sekitar Rp 36 triliun. Pendapatannya dua kali lipat lebih daripada Free Fire, Sob. Pantas saja jika gelaran PMGC yang merupakan turnamen tertinggi PUBG Mobile digelar dengan begitu megah!

. . .

Itu dia pendapatan dari ketiga game mobile terfavorit di Indonesia. Sekarang kalian udah tau dong pendapatan siapa yang lebih besar di antara PUBG Mobile, Mobile Legends, dan Free Fire.

Pantau terus berita selanjutnya seputar game mobile hanya di INDOESPORTS!


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar