Pemain Esports Pro ‘Blitzchung’ Ditangguhkan Blizzard

pemain esport pro polygon.com

Pengembang video game AS, Blizzard Entertainment, menangguhkan pemain esport pro asal Hong Kong, Blitzchung. Menurut situs Sport Business, peman bernama asli Chung Ng Wai itu harus menjalani masa penangguhan selama 12 bulan. Hal itu membuat uang hadiahnya dari kompetisi Hearthstone Grandmasters masih ditahan.

Masalah dipicu ketika Blitzchung mengatakan kalimat tentang revolusi Hong Kong selama melakukan livestream. Ng juga mengenakan kacamata dan pakaian yang biasa dikenakan para demonstran pro-demokrasi di Hong Kong.

Pemain esports pro Hong Kong ini memang memiliki cukup banyak pengikut dari Cina daratan dan Asia. Khawatir akan muncul dampak lebih jauh lagi, Blizzard pun langsung menangguhkan Ng.

pro player esports fm4.orf.atfm4.orf.at

Blizzard mengatakan dalam sebuah pernyataan pada pekan lalu bahwa Ng telah melanggar aturan. Ini merujuk larangan terlibat dalam tindakan apa pun yang dapat merusak image Blizzard.

Perusahaan juga memutuskan kerja sama dengan dua host acara livestream yang mewawancarai Ng. Dalam siaran pers Blizzard mengatakan: “Kami ingin menekankan kembali turnamen dan perilaku pemain dalam komunitas e-sports Hearthstone.”

“Kami menghargai hak seseorang untuk mengungkapkan pendapat. Tetapi para pemain dan peserta lain yang berpartisipasi dalam kompetisi esports kami harus mematuhi aturan.”

Setelah beberapa hari tidak menjawab pertanyaan publik, Blizzard pun akhirnya merespons atas sikap yang mereka tunjukkan. Tanggapan tersebut bahkan datang langsung melalui surat terbuka dari presiden Blizzard, J. Allen Brack. Di dalam surat tersebut, disebutkan dia akan mengurangi hukuman untuk ketiganya.

pemain esport pro blizzard-chiefBlizzard

Brack mengumumkan bahwa Blitzchung sekarang dapat mempertahankan gelar juaranya pada turnamen yang diadakan Blizzard. Penangguhannya juga dikurangi menjadi hanya enam bulan. Sementara kedua host sekarang juga ditangguhkan selama enam bulan.

Tetapi Brack menjelaskan bahwa Blitzchung memang melanggar aturannya.

“Setiap suara itu penting, dan kami sangat mendorong komunitas kami untuk membagikan sudut pandang mereka. Namun, tidak di siaran resmi tentang turnamen. Kami ingin menjaga saluran resmi tetap fokus pada permainan,” tulis Brack.

Selain itu, presiden perusahaan juga membantah tuduhan bahwa Blizzard berpihak pada Cina. Awalnya banyak yang menganggap hukuman ini adalah cara mereka menenangkan Cina. Pasalnya, negara ini telah menjadi bagian yang cukup berpengaruh dalam hal pendapatan perusahaan.

“Pandangan yang diungkapkan oleh Blitzchung BUKAN merupakan faktor dalam keputusan yang kami buat. Saya ingin menjelaskan bahwa hubungan kami dengan Cina tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan kami.”

pemain esport pro bleedingcool.combleedingcool.com

Tanggapan Blizzard tersebut membutuhkan waktu berhari-hari. Sementara Blizzard mengurangi hukuman, pernyataan itu bukanlah merupakan permintaan maaf kepada yang bersangkutan.

Mereka seolah menekankan bahwa turnamen seharusnya tidak menjadi tempat untuk wacana politik. Adapun apa yang terkait dengan isu politik, itu tergantung pada kebijaksanaan Blizzard. Tetapi Brack mengatakan bahwa Blizzard dapat menangani situasi ini dengan lebih baik.

“Selama beberapa hari terakhir, banyak pemain dan penggemar esports menyatakan keprihatinannya. Kami memiliki kesempatan untuk berhenti, mendengarkan dan merenungkan apa yang bisa kami lakukan lebih baik. Kalau dipikir-pikir, proses kami tidak memadai, dan kami bereaksi terlalu cepat,” ungkap Brack.

Selama Blizzard memilih diam sepanjang hampir seminggu ini, hampir semua orang bereaksi, termasuk pers. Blizzard sendiri mengadakan acara tahunan BlizzCon pada tanggal 1 November di Anaheim, California.

“Ketika saya mengetahui tentang putusan tersebut, saya menghubungi Blizzard dan memberi tahu mereka. Saya tidak akan merasa nyaman lagi di final Grandmaster di BlizzCon.

“Saya tidak tersenyum di kamera kecuali jika ada perubahan, dan saya akan terlibat dalam Grandmaster ke depannya,” tulis seorang komentator pemain esports pro, Brian Kibler dalam sebuah posting di Medium.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar