Peduli Mental Health, Tim Cloud9 Gandeng Kaiser Permanente Esports Insider

Peduli Mental Health, Tim Cloud9 Gandeng Kaiser Permanente


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Tim Cloud9 mengampanyekan pentingnya mental health dengan menggandeng mitra Kaiser Permanente. Mereka bertujuan meningkatkan kesadaran komunitas game di Amerika Serikat terhadap mental health. Di sisi lain, ini adalah upaya untuk mengubah stigma masyarakat terhadap game dan esports.

Tim yang berbasis di Los Angeles, itu saat ini berkompetisi di judul Fortnite dan League of Legends. Sebelumnya Cloud9 juga telah bermitra dengan Presence of Mind, penyedia layanan kesehatan dan asuransi. Hal tersebut menunjukkan keseriusan mereka dalam mengampanyekan mental health.

Menurut sebuah rilis, inisiatif Cloud9 ini bertujuan merangkul semua kalangan lewat game untuk berbicara lebih dalam. Mereka nantinya akan dilibatkan dalam sebuah percakapan yang membahas mental health dan kesejahteraan. Ini merupakan upaya Kaiser untuk membangun masyarakat dengan fondasi mental yang kuat.

Peduli Mental Health, Tim Cloud9 Gandeng Kaiser Permanente Venture Beat
Venture Beat

Khususnya di kalangan gamer, mental health memang telah lama menjadi masalah utama. Dalam kolaborasi ini, semua ahli kesehatan mental dari Kaiser akan terlibat bersama pemain, pelatih dan staf Cloud9. Don Mordecai dari Kaiser Permanente melihat hal ini sebagai sesuatu amat dibutuhkan di tengah pandemi.

“Tujuan kami adalah berkontribusi pada gerakan kesehatan masyarakat dalam esports dengan melibatkan semua kalangan. Mulai dari remaja, dewasa dan pemain-pemain lain dalam sebuah percakapan tentang mental health. Ini sangat dibutuhkan, lebih-lebih dalam periode krisis di masa pandemi.

Komunitas esports, dengan Cloud9 menjadi yang terdepan, harus saling mendukung satu sama lain. Mereka harus menjaga mental health masing-masing sambil juga mendukung kesejahteraan mereka untuk sekarang dan masa depan,” ujar Don Mordecai dikutip dari Esports Insider.

Kaiser Permanente menggambarkan bahwa konsultasi mental health memang telah meningkat drastis di masa pandemi. Dilansir dari Venture Beat, The Public Good Projects menunjukkan persentase peningkatan yang signifikan. Angka tersebut hampir menyentuh 49 persen sejak Januari 2020.

Mereka pun menilai bahwa game dan esports bisa menjadi alat yang efektif untuk membuat masyarakat tetap bisa terhubung. Kolaborasi Cloud9 dan Kaiser akan dimulai bulan Mei ini bersama tim LoL.

Peduli Mental Health, Tim Cloud9 Gandeng Kaiser Permanente
Liquipedia

Sementara itu CEO Cloud9 juga mengatakan inisiatif organisasinya ini bisa dijadikan contoh untuk organisasi lain. “Kemitraan dengan Kaiser memungkinkan kami untuk menyoroti pentingnya mental health,” ujarnya.

“Game adalah cara yang sangat efektif bagi banyak orang. Kami ingin para penggemar tetap terhubung dengan kondisi fisik dan mental yang sehat.”

Ahli kesehatan dari Kaiser nantinya akan terlebih dahulu menjalani sesi untuk para pemain dan staf di Cloud9. Dalam sesi tersebut, Kaiser menyediakan alat agar mereka bisa berbicara secara terbuka dan jujur.

Kampanye mental health dari tim Cloud9 dan mitranya, Kaiser Permanente ini adalah suatu upaya positif. Tentu saja diharapkan keduanya dapat berkolaborasi untuk memberikan dampak terhadap komunitas game. Apalagi mengingat Kaiser telah melayani 12,2 juta pasien dari seluruh Amerika Serikat.


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar