Olahraga Tradisional Andalkan Ajang Esports di Masa Krisis

Olahraga Tradisional Andalkan Ajang Esports di Masa Krisis


Halo, sobat gamer! Jangan lupa cek Youtube Channel INDOESPORTS ya. Ada video live stream turnamen esports setiap minggunya, dan informasi lain seputar esports. Ayo subscribe, like dan comment sekarang juga!


Ajang esports telah menjadi solusi bagi beberapa olahraga tradisional yang terpaksa harus dihentikan. Di tengah penyebaran wabah COVID-19 (corona virus), memang sangat tidak memungkinkan menggelar sebuah pertandingan olahraga. Terlepas dari pembatalan berbagai kompetisi, olahraga pun mulai beralih ke dunia virtual.

Olahraga tradisional seringkali menjadi pengalih perhatian ketika terjadi permasalahan sosial di luar sama. Namun semua mendapat pukulan keras ketika wabah COVID-19 menghentikan hampir seluruh aktivitas kompetisi olahraga. Esports pun menjadi oasis untuk dahaga para penggemar olahraga tradisional di seluruh dunia.

Ajang esports sendiri memang telah mengalami pertumbuhan pesat selama beberapa tahun terakhir. Dalam situasi krisis seperti sekarang, esports membuka pintu untuk tim-tim olahraga dan para pemain profesional. Sebab, platform digital menjadi satu-satunya pilihan untuk tetap aktif menyediakan konten kepada penggemar.

Tentu saja, esports sendiri juga menerima dampak besar atas wabah virus ini. Ada banyak turnamen dan acara yang dibatalkan atau ditunda, tetapi olahraga elektronik punya satu kelebihan. Industri esports masih bisa berjalan dengan melangsungkan ajang kompetisi secara online.

Olahraga Tradisional Andalkan Ajang Esports di Masa Krisis EsportsInsider
EsportsInsider

Para peserta tidak perlu berkumpul dalam satu tempat dan pemirsa bisa menonton dari di rumah dengan cara streaming. Berbagai badan olahraga dunia telah menangkap fenomena ini dan beralih ke esports untuk sementara waktu. Contohnya adalah ketika balap Formula 1 mengumumkan Virtual Grand Prix Series.

Pengumuman serupa juga dilakukan oleh NASCAR dan Supercars Championship. Semua pembalap asli nantinya akan saling berhadapan secara online menggunakan simulator balap. Tetapi balap bukanlah satu-satunya olahraga tradisional yang menyelenggarakan acara esports di tengah krisis.

Di sisi lain, NBA Phoenix Suns mengumumkan lewat Twitter bahwa mereka akan memainkan sisa musim di NBA 2K20. Penggemar dapat menyaksikan seluruh pertandingan seru para pemain jagoan mereka dalam bentuk virtual di Twitch. Beberapa saluran TV pun berencana untuk menyiarkan turnamen virtual tersebut.

Sementara di olahraga sepak bola, sejumlah 128 tim FIFA berencana menggelar turnamen amal. Langkah ini terinspirasi dari kampanye yang disebarkan oleh manajer sosial media Leyton Orient. Pertanyaannya, apa yang diperoleh tim, pemain, penyiar, dan operator turnamen lewat acara esports?

Olahraga Tradisional Andalkan Ajang Esports di Masa Krisis Esports Insider
 Esports Insider

Pertama dan yang terpenting, ini adalah cara olahraga tradisional untuk tetap menjaga keterlibatan penggemar. Sampai kondisi di dunia pulih, mereka akan mengisi kekosongan dengan kompetisi ringan. Tentu saja, permainan online juga dapat digunakan sebagai metode pemasaran oleh pihak-pihak terkait.

Tim dan pemain dapat menjangkau lebih banyak pemirsa dan bahkan mungkin menarik lebih banyak penggemar baru. Selain itu, streaming juga bisa menjadi cara bagi klub dan liga untuk tetap memajang sponsor mereka. Sebab, jika tidak dilakukan, ini berpotensi menimbulkan kekacauan dengan merek yang bermitra.

Lagi pula, baik di jersey asli atau versi digital, logo sponsor tetap terpampang di atasnya, bukan? Jadi banyak manfaat bagi olahraga tradisional beralih ke ajang esports di tengah situasi krisis seperti ini. Mudah-mudahan, industri olahraga juga akan belajar bahwa esports juga menjadi sesuatu yang berharga di masa sekarang.


Ayo gabung dengan Komunitas Dota 2 dengan cara join di group facebook DOTA 2 ID.


Tags:

Share post:

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar