MSI Segera Putus Kemitraan dengan Organisasi Esports Method

MSI Segera Putus Kemitraan dengan Organisasi Esports Method MSI Segera Putus Kemitraan dengan Organisasi Esports Method Esports Observer

Sebuah kabar mengejutkan datang dari organisasi esports Method, yang kabarnya bermasalah dengan produsen PC MSI. Salah satu mitra resmi Method itu baru saja mengeluarkan pernyataan resmi untuk segera memutus kerja sama mereka. Dalam rilisnya, MSI menyatakan bahwa proses tersebut akan segera rampung.

Pengumuman MSI ini dibuat tak lama setelah merek lainnya, CORSAIR, juga mengakhiri kerja sama dengan Method. Hal ini sebenarnya sudah dapat diprediksi akibat kejadian-kejadian yang akhirnya diungkap oleh publik. Menurut laporan, salah satu personal di organisasi terlibat dalam kejadian yang dituduhkan publik.

Secara teknis, kejadian yang dimaksud telah lewat beberapa bulan, namun semakin santer dibicarakan seminggu belakangan. Secara khusus, masalah ini mengerucut pada satu nama yaitu seorang streamer permainan World of Warcraft bernama Josh. Dia diduga melakukan serangan seksual kepada anak di bawah umur.

MSI Segera Putus Kemitraan dengan Organisasi Esports Method The Gamer
The Gamer

Di kubu organisasi esports Method sendiri, sebenarnya masalah ini sudah dibicarakan sejak beberapa bulan lalu. Mereka memang menerima banyak laporan namun tidak ditindaklanjuti. CEO Scott McMillan mengaku telah menerima email anonim terkait kasus tersebut terhitung sejak Januari 2019.

Baru pada pertengahan 2019 akhirnya organisasi menyadari bahwa laporan tersebut benar adanya. Polisi melakukan penyelidikan terhadap Josh, di satu sisi bisnis Method masih berjalan sebagaimana mestinya. Meski masalah ini sudah tenggelam sejak berbulan-bulan lalu, namun ada kasus pelecehan seksual lain yang menjadi trigger.

Sejak akhir pekan lalu, kasus pelecehan seksual dari seorang caster seolah menjadi trigger terungkapnya kasus-kasus lama. Sejumlah personal dari industri ini pun kembali disorot, termasuk nama Josh. Usut punya usut, yang bersangkutan kabarnya telah dikeluarkan dari organisasi sejak 24 Juni lalu.

Pada hari yang sama, co-CEO Method, Sacha Steffens juga tengah menunggu penyelidikan dari pihak ketiga. Steffens kabarnya sedang menjalani cuti administratif dan belum dibayar sambil menunggu penyelidikan tersebut.

Pihak sponsor Method tentunya tidak tinggal diam, termasuk MSI. Mereka langsung mengeluarkan pernyataan tegas melalui media resmi mereka. “Kami memang sangat menikmati kemitraan dengan Method selama beberapa tahun terakhir. Namun, kami tidak bisa lagi melanjutkan kemitraan ini,” tulis MSI dalam pernyataannya.

MSI Segera Putus Kemitraan dengan Organisasi Esports Method
The Gamer

Tentang kasus Josh, sebenarnya dia telah memberikan bukti kepada Method bahwa penyelidikannya telah berakhir sejak April 2020. Tidak ada tindakan yang dijatuhkan kepadanya sehingga Method mengesampingkan masalah tersebut. Bahkan organisasi kembali mempekerjakan dan mengembalikan akun Twitch Josh.

Sayangnya hal itu justru menjadi blunder bagi pihak Method, yang kini telah menghadapi serangan dari publik. Mereka diketahui telah membubarkan sebagian tim esports dan dilanda masalah pemutusan kemitraan seperti disebutkan di atas. Hilangnya mitra besar tentu akan menjadi hal yang amat merugikan bagi mereka.

Meski belum resmi, sudah bisa dipastikan bahwa kerja sama MSI dengan organisasi esports Method akan segera berakhir. Bukan tidak mungkin, beberapa waktu ke depan organisasi bakal ditinggalkan oleh mitra-mitra lainnya.


Tags:

Apa menurut kamu Artikel ini keren?

Share artikel ini ke teman-teman kamu juga ;)

Beri Komentar
Silahkan melakukan login terlebih dahulu

0 Komentar